Minggu, 20 November 2016

Jodoh, antara Takdir dan Usaha

πŸ“š *NOTULENSI KAJIAN ONLINE*
🏑 Group Ta'lim_K327
πŸ“† Sabtu, 19 Nov '16
⏰ 19.30 WIB

πŸŽ™ : *Ukhcan Amel*
✍🏻 : *Ukhcan Zistah*

🌴🍁🌴🍁🌴🍁🌴🍁🌴🍁🌴

πŸ‘³πŸ» *_Abah Kaspin :_*
πŸ“š *```"Jodoh, antara Takdir dan Ikhtiar"```*

➖➖ *MATERI KAJIAN* ➖➖

🍘 Dipilih - dipilih!! Jodohmu mana!! Jodohmu mana!!
Yang ini manis!! Yang itu Sholehah!! Yang sana pinter!! Yang situ idaman banget!!

🍘 Duhh.... pasti enak kalo jodoh tinggal kita tunjuk, seperti milih sesuatu yang kita inginkan, pastilah kita dapat. TAPI SAYANGNYA "JODOH adalah MISTERI."

🍘 Tapi secara pribadi saya lebih suka menyebut,"JODOH adalah antara TAKDIR dan USAHA (IKTIAR)".

🍘 Sudah menjadi sunatullah bahwa Allah menciptakan semua makhluknya berpasang-pasangan dan semua manusia pasti ada jodohnya. Sebagaimana ayat Al-Qur'an yang biasa menghiasi kartu undangan pernikahan. Berikut ini firman-Nya

🍘 “Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram bersamanya, dan dijadikanNya diantara kamu rasa kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian terdapat tanda-tanda (kekuasaanNya) bagi kaum yang berfikir”. (QS. Ar-Ruum:30).

🍘 Dari ayat diatas, mengartikan bahwa jodoh sudah menjadi ketentuan ALLAH SWT. Dan bukan hanya jodoh saja, tapi dalam berbagai perkara Allah telah menentukannya.  Dalam sebuah hadits riwayat Bukhari Muslim dari Ibnu Mas’ud r.a., dikabarkan bahwa Rasulullah saw. bersabda:

🍘 Sesungguhnya proses penciptaan setiap orang dari kalian berada di perut ibunya selama 40 hari berupa segumpal air mani. Selanjutnya ia berubah menjadi segumpal darah dalam masa yang sama. Kemudian ia berubah menjadi segumpal daging dalam masa yang sama. Lalu Allah mengutus seorang malaikat untuk meniupkan ruh kepadanya disamping diperintahkan untuk menuliskan empat perkara, yakni [1] rizkinya, [2] ajalnya, [3] perilakunya, dan [4] bahagia-celakanya.

🍘 Suatu INFORMASI PENTING yang perlu pembaca ketahui, takdir itu ada dua yaitu takdir mutlak dan takdir iktiar. Takdir mutlak adalah takdir sudah menjadi ketentuan Allah, kita sebagai manusia hanya bisa menerimanya. sedangkan takdir ikhtiar yaitu takdir yang memang bisa diperoleh dengan jalan ikhtiar atau usaha yang sungguh-sungguh. (di kutip dari http://forum.arrahmah.com/showthread.php?tid=2183 oleh Ustz. Herlini Amran, MA)

🍘 Dalam urusan manusia itu sendiri, baik jodoh maupun rezeki lebih mengarah ke takdir iktiar. Hal tersebut diperjelas dalam firman-NYA:

🍘 “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan [yang ditakdirkan pada] suatu kaum sebelum mereka [berusaha] mengubah keadaan [yang ditakdirkan pada] diri mereka sendiri.” (QS ar-Ra’du [13]: 11)

🍘 Apakah jodoh itu baik apa tidak?? semua bergantung pada iktiar kita.

🍘 Kita selayaknya mengukur diri kita, jika kita ingin mendapatkan pasangan hidup yg terbaik yg dipilihkan oleh Allah kita juga harus introspeksi dan terus memperbaiki diri. Terus menambah Iman & Taqwa kita agar insyaAllah sesuai dengan jodoh yg Allah kehendaki. Melalui NIAT ibadah dalam sebuah pernikahan, jodoh seperti apapun yg dipilih Allah untuk kita niscaya akan sakinah, mawaddah dan wa rahmah. Allah berfirman:

🍘 "Laki-laki yang baik adalah untuk perempuan yang baik, perempuan yang baik adalah untuk laki-laki yang baik (pula)" (QS AnNur; 26)

🍘 Kembali ke masalah JODOH, buat orang jomblo kayak gua maka masalah yang muncul adalah bagaimana mencari seorang jodoh yang baik?? bagaimana kriterianya?? tentunya Rasulullah adalah sebagai panutan kita  untuk mencari kriteria itu. Rasulullah bersabda dalam haditsnya;

🍘 "Seorang perempuan biasanya dinikahi karena empat perkara: Harta, nasab (keturunan), kecantikan dan agamanya. Maka utamakan memilih perempuan karena agamanya, kamu akan merugi bila tidak memilihnya." (HR Bukhari)

🍘 Dari Hadist diatas, mencari jodoh yang seiman adalah harga mutlak.

🍘 Sementara itu, secara sifat yang nantinya bisa kita amati atau nilai, seorang ustadz berkata," bahwasanya  kriteria minimal yg perlu kita perhatikan saat memilih calon jodoh kita adalah bahwa dia harus memiliki 3M. Yg dimaksud 3M tsb adalah; Memaklumi, Memaafkan, dan Memotivasi. Jika hal2 ini sudah terpenuhi, insya Allah kehidupan rumah tangga akan langgeng.

🍘 Nah lho!!! trus gimana cara kita menyikapi Jodoh yang ditentukan Allah, apakah kita harus menunggu saja?? karena kita berpikir jodoh itu sudah di tentukan. Atau kita harus mengejarnya??

🍘 Apakah Jodoh Dikejar? atau Ditunggu?

🍘 Jodoh itu tidak di kejar karena mengejar memberikan konotasi kata yang negatif sehingga cenderung membabi buta. Semua orang di pacari, dengan alasan mencari jodoh. No....No... and No... itu bukan sifatku!!

 πŸ˜ Jodoh itu di tunggu!! Eeemm.... saya rasa tidak!! karena jodoh harus di iktiarkan secara islami tentunya. Dalam arti carilah jodoh dengan tata cara islami. Berikut ini adalah tata cara mencari jodoh secara islami (sebagian saya kutip dari Ustadzah Hj. Zahrina Nurbaiti, MM dalam websitenya http://baitijannati.wordpress.com/2009/05/06/indahnya-taaruf-secara-islami/) :

🍘 1.Melakukan Istikharoh dengan sekhusyu'-khusyu'nya

 πŸ˜ Jodoh tentunya adalah orang2 yang berada dalam lingkungan kita. Baik orang yang kita kenal secara langsung atau orang yang kita kenal dari perantara orang lain. Sholat istikharoh adalah sebuah sarana iktiar yang Rasullulah berikan pada umatnya. Rasulullah saw. pun telah mengajarkan doa istikharah (menurut hadits Bukhari, Ahmad, dll), yang isinya mengandung permohonan mengubah takdir-Nya:

🍘 “Ya Allah, sekiranya Engkau tahu bahwa urusan ini lebih baik untuk diriku, agamaku, dan kehidupanku, serta [lebih baik pula] akibatnya [di dunia dan akhirat], maka TAKDIRKANLAH dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini. … dan TAKDIRKANLAH kebaikan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya.“

🍘 Dalam melakukan istikharoh ini, jangan ada kecenderungan dulu pada calon yang diberikan kepada kita. Tapi ikhlaskanlah semua hasilnya pada Allah SWT. Luruskan niat kita, bahwa kita menikah memang ingin benar-benar membentuk rumah tangga yang sakinah mawaddah warohmah. Seseorang biasanya mendapatkan sesuatu sesuai dengan apa yang diniatkannya.

🍘 2. Mengatur Jadwal Pertemuan (dalam islam lebih dikenal ta'aruf)

🍘 Setelah anda melakukan istikharoh dan adanya kemantapan hati, maka aturlah jadwal untuk berta'aruf (berkenalan). Berta'aruf disini tentunya anda menemui orang yang mantap dalam hati anda dengan menemuinya secara terang2an di depan kedua orang tuanya. Perkenalkan diri anda di depan keluarganya, jelaskan maksud dan tujuan anda.

🍘 3.Gali pertanyaan sedalam-dalamnya

🍘 setelah bertemu, hendaknya didampingi muhrimnya. maka gali lah pertanyaan sedalam-dalamnya, ya bisa mulai dari data pribadi, keluarga, hobi, penyakit yang diderita, visi dan misi tentang rumah tangga. Biasanya pada tahap ini, baik ikhwan maupun akhwat agak malu-malu dan grogi, maklum tidak mengenal sebelumnya. Tapi dengan berjalannya waktu, semua akan menjadi cair. Peran pembimbing juga sangat dibutuhkan untuk mencairkan suasana. Jadi tidak terlihat kaku dan terlalu serius. Dibutuhkan jiwa humoris, santai namun tetap serius.

🍘 4. Menentukan waktu ta’aruf dengan keluarga masing2

🍘 Jika sudah merasa cocok dalam visi-misi tentang rumah tangga maka kedua insan ini boleh melanjutkan ke tingkat lebih lanjut yaitu saling mengenal satu sama lain. Tentunya dengan batasan tidak boleh berpergian tanpa ada muhrimnya (buat yang cewek).

🍘 5. Menentukan Waktu Khitbah (peminangan)

🍘 Setelah terjadinya silaturahim kedua belah pihak, dan sudah ada kecocokan visi dan misi dari cowok dan cewek juga dengan keluarga besarnya, maka jangalah berlama-lama. Segeralah tentukan kapan waktu untuk mengkhitbah cewek. Jarak waktu antara ta’aruf dengan khitbah, sebaiknya tidak terlalu lama, karena takut menimbulkan fitnah.

🍘 Perlu diketahui Tidak perlu Menandai Khithbah Dengan Tukar Cincin

🍘 Aktivitas tukar cincin adalah saling memberikan cincin (untuk dipakai) antara calon suami dan calon istri sebagai pertanda adanya ikatan pertunangan di antara mereka. Aktivitas ini biasanya dianggap lumrah oleh sebagian besar masyarakat.

🍘 Menurut Muhammad Thalib (2002:48) bertukar cincin bukan merupakan cara islam melainkan cara bangsa Roma (eropa) yang mendapat pengesahan dari gereja. Jadi, saling tukar cincin pada mulanya bukan merupakan cara umat kristiani pula, melainkan warisan kebudayaan bangsa Romawi. Berkaitan dengan hal ini, maka Rasulullah Saw melarang kaum muslimin untuk meniru-niru kebiasaan kaum kafir. Ia bersabda:
Siapa saja yang menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk golongan mereka (HR. Abu Dawud)

🍘 Perlu diketahui Khitbah Bukanlah Setengah Pernikahan

🍘 Menurut MR Kurnia (2005:25) khitbah bukanlah pernikahan, sehingga akad khitbah bukanlah akad pernikahan. Khithbah sebenarnya hanya merupakan janji kedua pihak untuk menikah pada waktu yang disepakati. Dengan demikian setelah akad khithbah dilangsungkan, maka status bagi keduanya adalah tetap orang asing (bukan mahram) antara satu dengan lainnya.

🍘 Kendati demikian, dalam menjalankan proses khitbah diantara keduanya boleh saling melakukan kebaikan seperti saling memberikan hadiah, menanyakan kepribadian masing-masing (karakter, kesukaan), cara pandang, sikap, dsb. Hal ini karena, khithbah memang merupakan sarana untuk dapat saling mengenal lebih jauh satu sama lain dengan cara yang ma’ruf.

🍘 6.Tentukan waktu dan tempat pernikahan

🍘 Islam telah menganjurkan dan bahkan memerintahkan kaum muslimin untuk melangsungkan pernikahan (An-Nabhaniy, 2001:146). Berkaitan dengan anjuran untuk menikah,Allah Swt, berfirman :
(Nikahilah oleh kalian perempuan-perempuan yang kalian sukai (QS.An-Nisa [4]:3)

🍘 Ibnu Mas’ud menuturkan bahwa Rasulullah Saw telah mengingatkan:
‘Wahai para pemuda, siapa saja diantara kalian yang telah sanggup memikul beban. Hendaklah ia segera menikah, karena hal itu dapat menundukan pandangan dan menjaga kehormatan. Sebaliknya siapa saja yang belum mampu, hendaklah ia shaum (sabar) karena hal itu dapat menjadi perisai’.

🍘 Kalo sudah di khitbah lebih cepat menikah lebih baik agar tidak menimbulkan fitnah. kalo belum mampu secara materi, Gak perlu di rame juga gak pa2!! (dalam arti resepsi pernikahan menyusul juga gak pa2!!) Yang penting sudah halal secara Agama dan hukum serta tidak menimbulkan fitnah di lingkungan sekitar.

🍘 Semoga apa yang saya berikan ini bermanfaat bagi pembaca sekalian. Saya sadar masih banyak kekurangan dalam penulisan ini. Jika ada ketidak benaran dalam penulisan ini, mohon saran dan kritiknya. Dan buat para pembaca, AKU TIDAKLAH se-SHOLEH yg kalian pikirkan, semuanya adalah proses dimana di masa lalu ku, aku telah banyak kesalahan dalam mencari seorang jodoh. Apa yang aku tulis ini adalah hasil renungan atas kesalahanku, agar kedepannya aku tidak terjatuh lagi dalam hal yang sama ketika mencari jodoh.

🍘 MINTA DO'Anya juga buat para pembaca supaya aku menemukan tulang rusukku yang telah hilang. Dan keluarga yang aku bina nanti di ridho-i Allah SWT. amiiin.

🍘 Dan bagi sahabat-sahabatku yang belum menikah, teriring doa yang tulus dari hatiku, semoga Allah SWT memberikan jodoh yang terbaik untuk semua baik di dunia maupun di akhirat..Aamiin ya Robbal ’alamiin.


🌴🍁🌴🍁🌴🍁🌴🍁🌴🍁🌴

➖➖ *TANYA JAWAB* ➖➖

1⃣ *KARIMA*
Assalamu'alaikum ustadz, izin bertanya ya.

Aku karima, πŸ™‹πŸ»
Ustadz, bagaimana kalau hasil shalat istikharah dalam memilih jodoh ternyata berbeda dengan pertimbangan logika? Jadi pilih yang mana ya ustadz?

Syukron ustadz.

🍁 *Jawaban :*
Pilih hasil istikhoroh ya Karima yg baik

🌴 Ustadz , mau nanya lagi
πŸ€“
Jodoh itu sebaiknya ditunggu atau dicari/diusahakan ustadz?

🍁 *Jawaban :*
dicari dg ikhtiar lewat teman, saudara atau guru, atau orang tua. tentukan kriteria yg baik agamanya.

🌴 Biasanya akhwat, kalo bicara sama ikhwan yg disuka nada suaranya beda ustadz, cara ngehindarinnya gimana ustadz?

🍁 *Jawaban :*
suaranya begetar
dada berdegup
kening berkeringat
nafas ngos ngosan....

tarik nafas yg dalam...tahan sebentar...lepaskan lewat mulut...istighfar

kendalikan hati dan fikiran

Semoga membantu

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

2⃣ *ASIH*
Afwan ustadz
Bagaimana tips nya agar istiqarah fokus saat taaruf & kurang tenang juga menunggu jawaban taaruf😏😏

🍁 *Jawaban :*
Asih yg baik...kalau grogi sih wajar, kalau ga wajar itu Grogol

🌴 πŸ™‹πŸΌ tanya lagi ustadz
Kalau belum istiqoroh kita dah yakin n manteb ma pasangan taaruf apa kah itu bisikan syaitan atau memang jawaban dari doa kita

🍁 *Jawaban :*
kalau orangnya baik insyaAllah itu adalah jawaban doa.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

3⃣ *FADILAH*
Kebanyakan orang yg saya lihat mereka pada pacaran. Terus saya bilang kenapa pacaran dia jawab katanya mau cari jodoh kalau nggak kaya gitu nanti nggak dapat jodoh gitu katanya.
Apakah pacaran itu termasuk mencari jodoh?
Terimakasih😊

🍁 *Jawaban :*
fadilah yg baik pacaran itu maksiat bukan cara mencari jodoh.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

4⃣ *ZISTAH*
Abah...Bener enggak,
#ternyata katanya istikhoroh itu jalani dulu...baru berserah diri dlm istikhorohnya?

#Maksudnya gmn ya bah...pake permisalan gitu bah...biar jelas

#istikharoh itu dilakukan sampai kapan?? Pilihan hanya satu, tapi ngrasa nyaman...tapi belum di khitbah juga..πŸ™ˆ

🍁 *Jawaban :*
Perempuan itu dipilih walaupun boleh memilih, istikharah itu ya terserah yg mau istikhoroh, mau 3 x, 5x, 7x tergantung maunya. Tanda itu datang ketika hati mantap setelah istikharah dg salah satu pilihan. Nah, istikhoroh itu bukan karena kamu naksir, tapi karena ada yg datang kepada ortumu untuk taaruf.

🌴 Yang diistikharahin sm yang dateng kerumah beda gitu??

🍁 *Jawaban :*
Ya gapapa, kalau yg dateng berarti yg serius, kalau kamu suka ya terima aja bismillah insyaAllah barokah.

🌴 Berarti ini takdir??

🍁 *Jawaban :*
ya takdir ketemu, karena kalau belum nikah belum tentu takdir jodoh.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

5⃣ *Aisyah*
~Ustadz, kalo mau nikah blm d bolehin gmna?
~ ustadz, ada cara spesifik gk buat tahu jdoh kita yg mana? 😁
~ Ustadz, kiat2 sabar sebagai jomblowers πŸ™πŸ»

🍁 *Jawaban :*
Aisyah yg baik
1. Bicarakan yg baik dg ortu, jangan jadi pufisa (pundung Fisabilillah)

2. Tidak ada. Kalau dah nikah barulah kamu tau kalau itu jodoh kamu

3. Jomblo itu takdir, kalau single itu pilihan. Jadi jangan katakan jomblo tapi single...aku masih sendiri...

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

6⃣ *WAHYU ANDRIANI*
Pufisa itu apa??
Trus bedanya jomblo sama single apa??

🍁 *Jawaban :*
pufisa = mufisa (mutung Fisabilillah) atau ngambekan, merajok.

Jomblo itu sampe akhir hayat tak ada jodoh.

Single itu kondisi hari ini.

Ituh!

Hati hati menggunaan istilah buat diri

🌴 Berarti kalo belum nemu jodohnya disebut single gitu bah??πŸ€”

🍁 *Jawaban :*
Iya. Single bukan jomblo

🌴 Kalo lagi proses perbaikan itu kan banyak godaannya bah,, gmna tuh caranya biar prosesnya tuh sukses gitu buat perbaikannya

🍁 *Jawaban :*
terus berdoa dan berusaha

🌴 Kalo dah berdoa dan berusaha tapi gak istiqomah.. tiba2 di tengah jalan salah jalur gmna bah??

🍁 *Jawaban :*
Ya istighfar, taubat, kembali lagi. Terus demikian hingga husnul khotimah
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

7⃣ *YATI*
Yati nanya ustadzπŸ™‹πŸ»
melaksanakan istikhorah Itu harus cari dulu jodohx tadz?? Trus harus 2 ikhwan apa 1?? Karena kan istikharoh Itu kan tuk menentukan pilihan. Mohon pnjelasanx ustaz😊😊

🍁 *Jawaban :*
bukan harus 2 ikhwan pilihan, tapi antara menerima atau menolak...itu yg diistikharah kan

🌴 Klo akhwat yg naksir seorang ikhwan, apa boleh diistikharoin tadz

🍁 *Jawaban :*
 Tidak. Karena belum tentu ia datang melamar.

🌴 Abah kan ada dalil mengatakan bahwa akhwat yg baik tuk ikhwan yg baik. Begitupun sebalikx. Trus setelah menikah akhwatx solehah dan si ikhwan punya sifat dan kegiatan buruk yg dibenci Allah. Itu gimana abah??

🍁 *Jawaban :*
Ya begitu, mau gimana lagi.
Orang itu sifatnya bisa berubah makanya beruntung lah yg istiqomah.
Kalau berubah begitu maka rubah lagi menjadi baik. Itu adalah dakwah. Hidup ini ujian dan never flat.

Semoga kita semua istiqomah dalam ketaatan

🌴 πŸ™‹πŸ»πŸ™‹ yaTi

Abah gimana hukumx jika ada org tua yg resah gelisah karna anakx blom nikah, lantas org tua tsb pergi ke org pintar2 tuk dimintakan air dgn tujuan segera mndapat jodoh?

🍁 *Jawaban :*
Haram. Ga boleh ke dukun, paranormal, orang pintar.
Jodoh mutlak di Tangan Allah. Mintalah kepada Allah. Hati hati banyak dukun cabul bin ngibul suka ngebul palenye gundul hobinye srantal sruntul.

🌴 πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Abah kata ma2 si org pintar2 Itu bacax pke ayat Alqur'an. Beliau seorang yg khusyu juga ibadahx. Itu gimana?

🍁 *Jawaban :*
 nah...itu harus ditelusuri lebih lanjut, ayat apa yg dibaca? ayat atau bahasa lain? khusyu itu amalan hati, jadi ga ada yang tau kecuali orang itu, dan orang khusyu ga mungkin ngaku ngaku

🌴  YaTi nanya lagi abahπŸ™‹πŸ»

Bagaimana memberi pnjelasan pada org tua yg selalu mnjudge anakx gak dapat jodoh krna gak pandai bergaul dgn laki laki? Bgaimanakh adab bergaul dgn ikhwan secara syar'i??

🍁 *Jawaban :*
ya biasakan bicara dg ortu, kasih hadiah.
kalau gaul dg ikhwan ya biasa aja seperlunya. ada temannya/tidak berdua. Silahkan lihat adab bergaul. Kalau ngomong tidak mendayu dayu. Tegas

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

8⃣ *🌧*
mksdny klo ada orang naksir boleh d istikharahin?

🍁 *Jawaban :*
iya, kalau baik orangnya...terima aja walaupun dia ganteng dan kaya.

🌴 jadi pufisa itu buruk ustadz? πŸ€”

🍁 *Jawaban :*
Iya, kalau sama ortu jangan ngambekan, tapi komunikasi kan baik baik

🌴 jadi buat jd singel yg baik tu gmna ustadz? pngen nikah tp blum nemu jdoh...

🍁 *Jawaban :*
Tetap istiqomah dalam aqidah, ibadah dan akhlaq ul karimah

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

9⃣ *LILIS*
πŸ™‹πŸ»Lilis tanya ustadz...
πŸ™‹πŸ»Gimana cara menjaga hati??
Karena kadang status bener jomblo tapi kdg hati n pikiran memikirkan terus????
Apa itu masih bisa di sebut jofisa / jomblo fisabilillah?????

🍁 *Jawaban :*
tanya Aa Gym...jagalah hati jangan kau kotori

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

1⃣0⃣ *SUARNI*
Tanya juga tadz..πŸ™‹
Sdh istkhrah berkali2 tp hati kecil ttp tdk bisa trma.
Tp pernikahn must go on krn paksaan ortu.
Itulah takdir.
Masalahnya, sdh lahir skian anak tp pnrimaan trhdp pasangn blm jg pull..
Piye tadz?

🍁 *Jawaban :*
Ya ora piye piye...tundukkan hati, nikmati apa yg ada.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

1⃣1⃣ *UVI*
Abah..uvi mau nanya nih....
Jara menjemput jodoh bagi akhwat gmn bah??
Kita kan gx boleh lirik2 ikhwan ya'..
Apa harus nunggu pangeran nemuin ortu?

🍁 *Jawaban :*
lirik lirik boleh aja cuma hati hati kelilipan, nah ini jangan nunggu pangeran, cukup nunggu orang aja, pangeran itu jauh ada di England, atau Cirebon dan Jogja, yg banyak itu orang biasa, nah...mintalah kepada ortu atau teman agar di carikan jodoh.

🌴 Abah kan dah dikenalkan sama temen...
Udah demen nih alias klop di hati...
Namun si ikhwan blm datengin ortu ..
Tp kok hati kaya mantap gitu ya bah..kaya ada firasat..nanti bakal datang...
Itu bisikan syetan...ato gmn bah😰

🍁 *Jawaban :*
Ya itu keyakinan hatimu, maka berdoa lah kepada Allah Yang Maha Menggerakkan agar ia bergerak datang kerumahmu.

🌴 πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…
Opo kui tanda2 jodoh sudah dekat ya bah

🍁 *Jawaban :*
InsyaAllah

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

1⃣1⃣ *YHA YHA*
Bgmn klo ada cwo yg dtg ke ortu niat tuk ta'aruf, cwox msih dlam proses hijrah...
Ortu gak setuju...
Tp hsil istikhoroh mantab...

🍁 *Jawaban :*
Yakinkan ortunya, atau mungkin mereka punya pilihan lain? silahkan bicarakan.
Takada manusia yg sempurna, yg ada manusia yg mau memperbaiki diri

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

1⃣2⃣ *ANNI*
Ustazd izin bertanya πŸ™‹
Bagaimana ustazd kalau misalnya ada sahabat kita dari kecil yg ikhwan, nah dia suka sama kita trus kita menolaknya krn sudah memiliki prinsip tidak mau pacaran krn dilarang agama.  Tapi pada saat ditolak malah ikhwan tersebut tidak lagi mau berbicara dengan kita dalam hal apapun. Yang ini bagaimana ustadz karena kan di agama kita juga disebutkan tidak boleh tidak bercakapan dengan orang yang kita kenal lebih dari 3 hari.

🍁 *Jawaban :*
ya gapapa. beres.
kalau cakap 3 hari itu lain soal.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

1⃣3⃣ *ARIFA*
Arifa πŸ™‹πŸ» tanya ustad..
Kt org2, klu jodoh jlanny d mudahkan y ustad?
4 th yg lalu saya prnah d lamar 2x oleh orng yg sm, tp akhirny nggak jd jg hanya krn mslah nggak sesuai uang hantaranny..lalu saya d suruh mlupkan org itu, tp smpai skrang saya nggak bs melupakan ny, kmi pun msih sling komunikasi n merencanakan pernikahan lg tp si beliau udah nggak berani lg dtg k rmh, apakah saya brdosa krn diam2 melawan ortu n msih mngharapkan orng itu?apkah kmi msh ad jodoh ustad?

🍁 *Jawaban :*
Ya, komunikasi kan yg baik dg ortu, kalau jodoh belum tentu. Tapi ikhtiar kudu. Yakinkan ortunya dulu

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

1⃣4⃣ *RIA*
Assalamuallaikum..abah...gimana cara menghadapi suami yg sedikit agak egois gitu..masa kita hrs ngalah trs..bah klau skali2 agak ngelawan dikit dosa gk bah..?

🍁 *Jawaban :*
ndak boleh melawan tapi mintalah pengertian. Semuanya baik baik saja insya Allah

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

1⃣5⃣ *NETI*
Assalamu'alaikum abah mau tanyaπŸ‘§πŸ»

ada yg niat taaruf...agama.a bagus sdh bertemu ortu...tapi kadang kita masih simpan rasa untuk org lain (krn sdh kenal)...gimana atuh abah bingung takut salah....apakah itu godaan syaitan

🍁 *Jawaban :*
ini masalah hati, kendalikan perasaan, kadang alumni hati memang ngajak reuni, tapi lupakanlah, pengganti nya insya Allah terbaik. Syukuri

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

1⃣6⃣ *ARITA*
πŸ™‹Abah mau tanya
Jodoh itu yg bagaimana.
Kalau jodoh apa harus menikah.
Kalau jodoh harus menikah kenapa ada perceraian.
Afwan

🍁 *Jawaban :*
Iya, menikah itu berjodoh, kalau cerai ya berarti bukan jodoh seumur hidup. Ya cari lagi.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

1⃣7⃣ *ANONIM*
Assalamu'alaikum
Ustadz,sy dl menikah dg ta'aruf,ternyata perantara sy tdk amanah,
Sy tau kl ternyata suami sy gak lancar baca Qur'an setelah akad nikah,sy Udh fasilitasi dg mendaftarkan ke sekolah2 utk baca Qur'an,tp hasilnya gak signifikan
Krn sy kecewa dg perantara tsb,tiap kl sy ketemu perantara sy,knp sy Jd kesel&sebel dg suami sy,

#apa yg harus sy lakukan?
Sy Udh menikah 13,5thn
Alhamdulillah kami Udh di karunia 3 org anak perempuan


Krn hal td,smp Skrg kl sholat jamaah sama beliau hati sy kurang sreg,

#Apakah boleh kl sy lbh memilih sholat sendiri dg anak2?
Kl ngajipun anak2 lbh memilih dg sy,hafalanpun demikian,padahal sy menginginkan peran sy ini dilakukan oleh suami sy

🍁 *Jawaban :*
ya, syukurlah apa adanya demikian, insyaAllah semua baik baik saja toh? Kendalikan rasa ingin dapat yg sempurna, semua ada batas batasnya. Nikmati bacaannya meski terbata bata, kalau ikhlas insyaAllah lebih baik dari pada fasih tapi sombong. Maaf. Merendahlah.

🌴🍁🌴🍁🌴🍁🌴🍁🌴🍁

http://suarniamin.blogspot.co.id/

*Copyright@2016#TA'LIM K327*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar