NOTULEN KAJIAN ONLINE
بِسْـــــمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْــــــمِ ...
📆 : Rabu, 11 Mei 2016
🏡 : Ta'lim K_327
🕣 : 19.30 - Selesai
👳🏼 : Uztadz Hizbullah Ali
📖 : "Romadhon Terindah"
🎤: Zulfa Mut
📝: Adinda Aan
🕋📿🕋📿🕋📿🕋📿🕋📿
Biodata Assatidz
Nama : Hizbullah Ali
Nama panggilan : Hiz
Tempat : Banjarmasin
Tgl Lahir : 19-01-80
No HP : 08565391113
Status : Menikah
Anak : 3
Domisili : SMANDA VI Lampau Permata Hijau No. 30 Banjarmasin
🕋📿🕋📿🕋📿🕋📿🕋📿
MATERI KAJIAN
🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸
Sahabat yang dirahmati Allah,
Abu Hurairah berkata: Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِيْنُ
"Apabila datang Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu"
Hadits di atas dikeluarkan oleh al-Imam al-Bukhari dalam Shahih-nya kitab ash-Shaum, bab Hal Yuqalu Ramadhan au-Syahru Ramadhan no. 1898, 1899. Dikeluarkan pula dalam kitab Bad'ul Khalqi, bab Shifatu Iblis wa-Junuduhu no. 3277. Adapun al-Imam Muslim dalam Shahih-nya membawakannya dalam kitab ash-Shaum, dan diberikan judul babnya oleh al-Imam an-Nawawi, Fadhlu Syahri Ramadhan no. 2492.
🚪Pintu Kebaikan Terbuka, Pintu Kejelekan Tertutup
Kedatangan Ramadhan akan disambut dengan penuh kegembiraan oleh insan beriman yang selalu merindukan kehadirannya dan menghitung-hitung hari kedatangannya. Banyak keutamaan yang dijanjikan untuk diraih dan didapatkan di bulan mulia ini, di antaranya seperti tersebut dalam hadits yang menjadi pembahasan kita kali ini. Dan keutamaan yang tersebut dalam hadits di atas didapatkan sejak awal malam Ramadhan yang mubarak sebagaimana tersebut dalam sabda Rasulullah صلى الله عليه وسلم berikut ini:
إِذَا كَانَ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِرَمَضَانَ صُفِّدَتِ الشَّيَاطِيْنُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ. وَفُتِحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ، وَيُنَادِي مُنَادٍ: يَا بَاغِيَ الْخَيْرِ أَقْبِلْ، وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ أَقْصِرْ، وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ، وَ ذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ
"Apabila datang awal malam dari bulan Ramadhan, setan-setan dan jin-jin yang sangat jahat dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup tidak ada satu pintupun yang terbuka, sedangkan pintu-pintu surga dibuka tidak ada satu pintupun yang ditutup. Dan seorang penyeru menyerukan: "Wahai orang yang menginginkan kebaikan kemarilah. Wahai orang-orang yang menginginkan kejelekan tahanlah" Dan Allah تعالى memiliki orang-orang yang dibebaskan dari neraka, yang demikian itu terjadi pada setiap malam" (HR. at-Tirmidzi, dan Ibnu Majah)
Pada bulan yang penuh barakah ini, kejahatan di muka bumi lebih sedikit, karena jin-jin yang jahat dibelenggu dan diikat, sehingga mereka tidak bebas untuk menyebarkan kerusakan di tengah manusia sebagaimana hal ini dapat mereka lakukan di luar bulan Ramadhan. Di hari-hari itu kaum muslimin tersibukkan dengan ibadah puasa yang dengannya akan mematahkan syahwat. Juga mereka tersibukkan dengan membaca al-Qur'an dan ibadah-ibadah lainnya. (al-Mirqah, asy-Syaikh Mulla 'Ali al-Qari pada ta'liq al-Misykat 1/783, hadits no. 1961)
Ibadah-ibadah ini akan melatih jiwa, membersihkan dan mensucikannya. Allah تعالى berfirman:
يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ
"Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian, mudah-mudahan kalian bertakwa" (QS. al-Baqarah : 183)
Karena amal shalih banyak dilakukan, demikian pula ucapan-ucapan yang baik berlimpah ruah, ditutuplah pintu-pintu jahannam dan dibuka pintu-pintu surga. (Shifatu Shaumin Nabiyyi صلى الله عليه وسلم fi Ramadhan, hal. 18-19)
Makna ucapan Nabi صلى الله عليه وسلم dalam hadits di atas صُفِّدَتِ الشَّيَاطِيْنُ adalah setan itu dibelenggu. Dan yang dimaksudkan dengan setan di sini adalah مَرَدَةُ الْجِنِّ sebagaimana tersebut dalam hadits riwayat at-Tirmidzi dan Ibnu Majah. Kata مَرَدَةٌ adalah bentuk jamak (lebih dari dua) dari kata الْمَارِدُ yaitu الْعَاتِي الشَّدِيْدُ , maknanya yang sangat angkuh, durhaka, bertindak sewenang-wenang lagi melampaui batas (lihat an-Nihayah fi Gharibil Hadits). Sehingga yang dibelenggu hanyalah setan dari kalangan jin yang sangat jahat, adapun setan dari kalangan manusia tetap berkeliaran.
Kita perlu nyatakan hal ini, kata asy-Syaikh Muqbil bin Hadi Al-Wad'i, agar jangan sampai engkau mengatakan: "Kami mendapatkan beberapa perselisihan dan fitnah di bulan Ramadhan (lalu bagaimana dikatakan setan-setan itu dibelenggu sementara kejahatan tetap ada?) Kita jawab bahwa yang dibelenggu adalah setan dari kalangan jin yang sangat jahat. Sedangkan setan-setan yang kecil dan setan-setan dari kalangan manusia tetap berkeliaran tidak dibelenggu. Demikian pula jiwa yang memerintahkan kepada kejelekan, teman-teman duduk yang jelek dan tabiat yang memang senang dengan fitnah dan pertikaian. Semua ini tetap ada di tengah manusia, tidak terbelenggu kecuali jin-jin yang sangat jahat" (Ijabatus Sa'il :ala Ahammil Masa'il, hal. 163)
al-Imam Ibnu Khuzaimah berkata dalam Shahih-nya (3/188): "Bab penyebutan keterangan bahwa hanyalah yang diinginkan Rasulullah صلى الله عليه وسلم dalam sabdanya وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِيْنُ hanyalah jin-jin yang jahat, bukan semua setan. Karena nama setan terkadang diberikan kepada sebagian mereka (tidak dimaukan seluruhnya)"
Di bulan yang mubarak ini ada malaikat yang menyeru kepada kebaikan dan menyeru untuk mengurangi kejelekan sebagaimana dalam lafadz hadits:
وَيُنَادِي مُنَادٍ: يَا بَاغِيَ الْخَيْرِ أَقْبِلْ، وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ أَقْصِرْ
"Wahai orang yang menginginkan kebaikan kemarilah. Wahai orang-orang yang menginginkan kejelekan tahanlah"
📚Hadits-hadits tentang Keutamaan Ramadhan
Selain hadits di atas, banyak lagi hadits lain yang berbicara tentang keutamaan Ramadhan. Di antaranya akan kita sebutkan berikut ini:
Dari Abu Hurairah ia berkata: Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
"Siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan dalam keadaan iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu" (HR. al-Bukhari dan Muslim)
Dari 'Imran bin Murrah al-Juhani, ia berkata: "Seseorang datang menemui Nabi صلى الله عليه وسلم seraya berkata:
يَا رَسُوْلَ اللهِ، أَرَأَيْتَ إِنْ شَهِدْتُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ الله، وَأَنَّكَ رَسُوْلَ اللهِ، وَصَلَّيْتُ الصَّلَوَاتِ الْخَمْسَ، وَأَدَّيْتُ الزَّكاةَ، وَصُمْتُ رَمَضَانَ، فَمِمَّنْ أَنَا؟ قَالَ: مِنَ الصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَاءِ
"Wahai Rasulullah, apa pendapat anda bila aku bersaksi bahwasanya tidak ada sesembahan yang benar kecuali Allah تعالى saja dan aku bersaksi bahwa engkau adalah Rasulullah, aku mengerjakan shalat lima waktu, menunaikan zakat dan puasa di bulan Ramadhan, maka termasuk dalam golongan manakah aku?" Rasulullah menjawab: "Engkau termasuk golongan shiddiqin dan syuhada" (HR. al-Bazzar, Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban dalam Shahih keduanya, dan lafadz yang disebutkan adalah lafadz Ibnu Hibban)
Dari Abu Hurairah, ia berkata: Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
أَتَاكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌ مُبَارَكٌ، فَرَضَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ، تُفْتَحُ فِيْهِ أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَتُغْلَقُ فِيْهِ أَبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلُّ فِيْهِ مَرَدَةُ الشَّيَاطِيْنِ، لِلَّهِ فِيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ، مَنْ حُرِمَ خَيْرُهَا فَقَدْ حُرِمَ
"Telah datang pada kalian Ramadhan bulan yang diberkahi. Allah تعالى mewajibkan atas kalian untuk puasa di bulan ini. Pada bulan Ramadhan dibuka pintu-pintu langit dan ditutup pintu-pintu neraka serta dibelenggu setan-setan yang sangat jahat. Pada bulan ini Allah تعالى memiliki satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Siapa yang diharamkan untuk mendapatkan kebaikan malam itu maka sungguh ia telah diharamkan" (HR. Ahmad, 2/385, An-Nasa'i no. 2106)
Dari Abu Hurairah, ia berkata: Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
الصَّلَوَاةُ الْخَمْسُ وَالْجُمُعَةَ إِلَى الْجُمُعَةِ وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ، مُكَفِّرَاتٌ مَا بَيْنَهُنَّ، إِذَا اجْتُنِبَتِ الْكَبَائِرُ
"Shalat lima waktu, Jum'at ke Jum'at berikutnya dan Ramadhan ke Ramadhan berikutnya adalah penghapus dosa di antara keduanya, apabila dijauhi dosa-dosa besar" (HR. Muslim no. 549)
Cukuplah kiranya keutamaan bagi Ramadhan dengan تعالى memilihnya di antara bulan-bulan yang ada untuk Allah تعالى turunkan kitab-Nya yang mulia di bulan berkah tersebut, di malam yang penuh kemuliaan. Allah تعالى berfirman:
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتِ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ
"Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara yang haq dengan yang batil" (QS. al-Baqarah : 185)
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ
"Sesungguhnya Kami telah menurunkan al-Qur'an itu pada malam Qadar (malam kemuliaan)" (QS. al-Qadar : 1)
🕋Puasa Semestinya membuahkan Takwa
Hikmah disyariatkannya puasa dinyatakan Allah تعالى dalam firman-Nya:
يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ
"Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian, mudah-mudahan kalian bertakwa" (QS. al-Baqarah : 183)
asy-Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di berkata: "Perkara takwa yang dikandung puasa di antaranya:
Orang yang puasa meninggalkan apa yang تعالى haramkan kepadanya berupa makan, minum, jima' dan semisalnya, sementara jiwa itu condong kepada perkara yang harus ditinggalkan tersebut. Semua itu dilakukan dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah تعالى, mengharapkan pahala-Nya. Ini termasuk takwa.
Orang yang puasa melatih jiwanya untuk merasakan pengawasan Allah تعالى (muraqabatullah), maka ia meninggalkan apa yang diinginkan jiwanya padahal ia mampu melakukannya, karena ia mengetahui pengawasan Allah (SWT) تعالى terhadapnya.
Puasa itu menyempitkan jalan setan, karena setan itu berjalan pada anak Adam seperti peredaran/aliran darah. Dan puasa akan melemahkan jalannya sehingga mengecilkan perbuatan maksiat.
Orang yang puasa umumnya memperbanyak amalan ketaatan sementara amalan ketaatan termasuk perangai takwa.
Orang yang kaya jika merasakan tidak enaknya lapar maka mestinya ia akan memberikan kelapangan/memberi derma kepada orang-orang fakir yang tidak berpunya. Ini pun termasuk perangai takwa. (Taisir al-Karimir Rahman, hal. 86)
Dengan demikian sungguh tidaklah berlebihan bila kita katakan bahwa seharusnya momentum Ramadhan dijadikan langkah awal untuk memperbaiki iman dan takwa kepada Allah تعالى, untuk kemudian iman dan takwa itu terus dipupuk dan dirawat di bulan-bulan selanjutnya. Dan jangan dibiarkan terpisah dari jiwa dan raga hingga datang jemputan dari utusan ar-Rahman (malaikat maut). Khususnya kita –penduduk negeri ini– seharusnya berkaca diri berkaitan dengan segala petaka yang menimpa negeri kita, demikian pula musibah yang datang terus menerus, lagi susul menyusul. Tidaklah semua ini menimpa kita kecuali karena dosa-dosa kita dan jauhnya kita dari iman serta takwa kepada al-Khaliq.
ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيْقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُوْنَ
"Telah tampak kerusakan di daratan dan di lautan disebabkan karena perbuatan tangan/ulah manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari akibat perbuatan mereka, agar mereka kembali ke jalan yang benar" (QS. ar-Rum : 41)
وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيْبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيْكُمْ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيْرٍ
"Dan apa saja musibah yang menimpa kalian maka hal itu disebabkan oleh perbuatan tangan kalian sendiri dan Allah memaafkan sebagian besar dari kesalahan-kesalahan kalian" (QS. asy-Syura : 30)
Musibah yang menimpa negeri ini berupa gempa, tsunami, meletusnya gunung berapi, tanah longsor, semburan lumpur panas, dan sebagainya bukanlah karena kesialan penguasa/pemerintah sebagaimana tuduhan orang-orang dungu atau pura-pura dungu. Namun justru karena dosa-dosa yang ada di negeri ini. Terlepas apakah bencana ini karena rekayasa asing yang ingin menjatuhkan dan menghancurkan negeri ini sebagaimana analisa sebagian orang, atau murni musibah tanpa rekayasa, toh semuanya ditimpakan oleh Allah تعالى sebagai teguran bagi kita agar kembali kepada-Nya. Bangkit dari lumpur hitam dosa dan maksiat, untuk kemudian bertaubat dan mohon ampun kepada-Nya.
Yang sangat disesalkan, di antara penduduk negeri ini banyak yang tidak sadar dari maksiat mereka dengan musibah yang menimpa. Mereka malah melakukan praktik-praktik kesyirikan, membuat sesajen penolak bala yang dipersembahkan kepada roh-roh penguasa laut, penguasa gunung, penguasa darat, dan sebagainya.
Sehubungan dengan momentum Ramadhan sebagai bulan untuk menambah iman dan takwa, serta terkait dengan banyaknya musibah yang menimpa negeri ini, bagus sekali untuk kita nukilkan nasihat dari Samahatusy Syaikh Ibnu Baz berkenaan dengan musibah yang menimpa anak Adam, khususnya gempa bumi. Mudah-mudahan nasehat ini bisa menjadi renungan bagi anak negeri ini.
Beliau rahimahullahu berkata: "Allah تعالى Maha Memiliki hikmah Maha Mengetahui terhadap apa yang Dia putuskan dan tetapkan, sebagaimana Dia Maha Memiliki Hikmah lagi Maha Mengetahui dalam apa yang Dia syari'atkan dan perintahkan. Dia menciptakan apa yang diinginkan-Nya berupa tanda-tanda kekuasaan-Nya. Dia tetapkan hal itu untuk menakut-nakuti hamba-Nya dan mengingatkan mereka tentang hak-Nya dan memperingatkan mereka dari kesyirikan, penyelisihan terhadap perintah-Nya dan melakukan larangan-Nya"
Selanjutnya beliau menyatakan: "Tidaklah diragukan bahwa gempa yang terjadi pada hari-hari ini di banyak tempat/negeri merupakan sejumlah tanda-tanda kekuasaan Allah تعالى, yang dengannya Allah تعالى hendak menakut-nakuti hamba-hamba-Nya. Seluruh musibah gempa yang terjadi dan perkara lainnya yang membuat kemudharatan para hamba dan menyebabkan gangguan bagi mereka, adalah disebabkan kesyirikan dan maksiat"
مَا أَصَابَكَ مِنْ حَسَنَةٍ فَمِنَ اللهِ وَمَا أَصَابَكَ مِنْ سَيِّئَةٍ فَمِنْ نَفْسِكَ
"Tidaklah satu kebaikan menimpamu melainkan itu dari Allah dan tidaklah satu kejelekan menimpamu melainkan karena ulah dirimu sendiri" (QS. an-Nisa' : 79)
asy-Syaikh Ibnu Baz berkata: "Yang wajib dilakukan oleh seluruh muslimin adalah bertaubat kepada Allah تعالى, istiqamah di atas agamanya dan berhati-hati dari seluruh perkara yang dilarang berupa syirik dan maksiat. Sehingga mereka memperoleh pengampunan, kelapangan, keselamatan di dunia dan di akhirat dari seluruh kejelekan, dan Allahتعالى menolak dari mereka seluruh musibah, lalu menganugerahkan kepada mereka setiap kebaikan. Sebagaimana Ia berfirman:
وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آمَنُوا وَاتَّقَوا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَاْلأَرْضِ وَلَكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُوْنَ
"Seandainya penduduk negeri itu beriman dan bertakwa niscaya Kami bukakan bagi mereka berkah dari langit dan bumi, akan tetapi mereka malah mendustakan, maka Kami pun menyiksa mereka disebabkan apa yang dulunya mereka upayakan" QS. al-A'raf : 96)
Kemudian Syaikh menukilkan ucapan al-'Allamah Ibnul Qayyim: "Di sebagian waktu Allah تعالى mengizinkan bumi untuk bernapas panjang. Ketika itu terjadilah gempa/goncangan yang besar, sehingga menimbulkan ketakutan pada hamba-hamba-Nya, lalu mereka kembali kepada Allah تعالى dan mencabut diri dari maksiat, tunduk patuh kepada Allah تعالى dan menyesali diri, sebagaimana ucapan sebagian salaf ketika terjadi gempa bumi: "Sesungguhnya Rabb kalian menegur kalian" Ketika terjadi gempa di kota Madinah, "Umar ibnul Khaththab berkhutbah dan memberi nasehat kepada penduduk Madinah dan beliau berkata: "Kalau gempa ini terjadi lagi, aku tidak akan tinggal bersama kalian di Madinah ini"
asy-Syaikh Abdul 'Aziz bin Abdullah bin Baz menasehatkan: "Ketika terjadi gempa bumi dan tanda-tanda kekuasaan Allah تعالى lainnya, gerhana, angin kencang dan banjir, yang wajib dilakukan adalah bertaubat kepada Allah تعالى, tunduk menghinakan diri kepada-Nya dan memohon maaf/kelapangan-Nya serta memperbanyak mengingat-Nya dan istighfar pada-Nya. Sebagaimana ucapan Nabi صلى الله عليه وسلم ketika terjadi gerhana dalam hadits yang diriwayatkan oleh al-Imam Bukhari dan al-Imam Muslim: "Apabila kalian melihat gerhana maka berlindunglah kalian dengan zikir/mengingat Allah, berdoa kepada-Nya dan istighfar"
Disenangi pula untuk memberikan kasih sayang kepada fakir miskin dan bersedekah kepada mereka dengan dalil sabda Nabi صلى الله عليه وسلم:
اَلرَّاحِمُوْنَ يَرْحَمُهُمُ الرَّحْمنُ، اِرْحَمُوْا مَنْ فِي اْلأَرْضِ يَرْحَمُكُمْ مَنْ فِي السَّمَاءِ
"Orang-orang yang menyayangi (memiliki sifat rahmah) akan dirahmati oleh ar-Rahman. Sayangilah orang yang ada di bumi niscaya Yang di langit akan merahmati kalian"
مَنْ لاَ يَرْحَمُ لاَ يُرْحَمُ
"Siapa yang tidak menyayangi maka ia tidak akan disayangi/dirahmati"
Diriwayatkan dari 'Umar bin Abdil 'Aziz bahwa beliau mengirim surat kepada gubernur-gubernurnya ketika terjadi gempa agar mereka bersedekah.
Termasuk sebab kelapangan dan keselamatan dari semua kejelekan adalah agar pemerintah bersegera mengambil tangan rakyatnya dan mengharuskan mereka untuk berpegang dengan kebenaran dan menjalankan syariat Allah تعالى pada mereka serta amar ma'ruf nahi mungkar. Sebagaimana firman Allah تعالى:
وَالْمُؤْمِنُوْنَ وَالْمُؤْمِنَاتُ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ يَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُقِيْمُوْنَ الصَّلاَةَ وَيُؤْتُوْنَ الزَّكَاةَ وَيُطِيْعُوْنَ اللهَ وَرَسُوْلَهُ أُولَئِكَ سَيَرْحَمُهُمُ اللهُ
"Kaum mukminin dan mukminat sebagian mereka adalah wali/kekasih bagi sebagian yang lain. Mereka memerintahkan kepada yang ma'ruf dan melarang dari yang mungkar, mereka menegakkan shalat, menunaikan zakat dan mentaati Allah dan Rasul-Nya. Mereka itulah yang akan dirahmati Allah" (QS. at-Taubah : 71)
Dan Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda:
مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ. وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى معْسِرٍ يَسَّرَ اللهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ. وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللهُ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ. وَاللهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيْهِ
"Siapa yang melepaskan seorang mukmin dari satu bencana/kesulitan dunia niscaya Allah akan melepaskannya dari satu bencana di hari kiamat. Siapa yang memberi kemudahan bagi orang yang sedang kesulitan niscaya Allah akan memberikan kemudahan baginya di dunia dan di akhirat. Siapa yang menutup kejelekan/cacat seorang muslim, Allah pun akan menutup cacatnya di dunia dan di akhirat. Dan Allah senantiasa menolong seorang hamba selama hamba itu menolong saudaranya"
Demikian nasehat dari asy-Syaikh Ibnu Baz –semoga Allah تعالى merahmati beliau dengan rahmat-Nya yang luas dan melapangkan beliau di kuburnya, أمين–.
Semoga Allah تعالى merahmati penduduk negeri ini dan menghilangkan musibah dari mereka serta memberi taufik kepada mereka agar bertaubat dan kembali kepada agama-Nya yang benar.
Semoga penduduk negeri ini mengambil pelajaran yang berharga, di bulan Ramadhan nan penuh keberkahan, menambah iman dan takwa mereka kepada Allah تعالى hingga mereka menjadi , orang-orang yang dibebaskan dari api neraka.
اللهم أمين
والله أعلم
🌸🌸🌸🌸🌸🌸
🕋📿🕋📿🕋📿🕋📿🕋📿
SESI TANYA JAWAB
Rekap Pertanyaan
0⃣1⃣ Ummi
Disatu sisi bnyk Org yg gembira myambut dg kdatanganx Ramadhan ... tp disisi lain ada org2 yg biasa sj dg kdtngn ramadhan krn bagi mereka yaahh gitu2 aja tiap tahun... bgm hukum diantara keduax ???
▶
gembira karena apa?
jawaban akan berbeda tergantung niat 😊
yang menganggap ramadhan biasa-biasa saja harus instropeksi diri 😊
〰〰〰
0⃣2⃣Hilda
Sya mw tanya ustad, ttg lgsung k malam Lailatul Qadr 😁, utk dptkan mlm Lailatul Qadr dri awal Ramadhan perlu persiapan sprti ap n gimana tanda2 seseorang itu dptkan mlm Lailatul Qadr 😊
▶
sucikan niat, perbanyak ibadah
salah satu ciri yang nampak, seseorang yang menemui malam lailatul qadr, ia akan semakin baik dalam beribadah, ibadahnya ikhlaa karena Allah, ia tak harapkan pujian dari makhluk atas ibadah yang ia lakukan
〰〰〰
0⃣3⃣ Silvia
Ustad saya ivi, saya mau bertanya tentang "pintu2 surga di buka dan pintu2 neraka ditutup" saya masih bingung ustad berarti surga dan neraka itu sudah ada penghuninya sejak dulu, bukannya untuk menuju surga dan neraka itu kita masih melewati masa2 yang lain dulu, spt nnt setelah kiamat akan ada yaumul mahsyar, yaumul hisab dst ,dan setelah melewati semua itu baru kita masuk surga atau neraka ... mohon penjelasannya untuk orang yg awam ini ustad... syukron katsiiron
▶
surga dan neraka sudah tercipta ... perhatikan dalil-dalil berikut,
"Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa" (QS. Ali Imran : 133)
"Berlomba-lombalah kamu kepada (mendapatkan) ampunan dari Tuhanmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang (telah) disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-rasul-Nya. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah mempunyai karunia yang besar" (QS. al-Hadid : 21)
"Dan peliharalah dirimu dari api neraka, yang (telah) disediakan untuk orang-orang yang kafir" (QS. Ali Imran : 131)
"Sesungguhnya neraka jahanam itu (padanya) ada tempat pengintai, lagi menjadi tempat kembali bagi orang-orang yang melampaui batas" (QS. an-Naba : 21-22)
"Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, yaitu di Sidratul Muntaha. Di dekatnya ada surga tempat tinggal" (QS. an-Najm : 13-15)
والله أعلم
〰〰〰
0⃣4⃣
Iya ustad syukron saya paham.. saya mengutip pertanyah dari hadis yg diatas tadi, "dan Allah ta'alaa memiliki orang-orang yang di bebas kan dari neraka, yang demikian itu terjadi pada setiap malam" (HR.at-Tirmidzi,dan ibnu makan)
Yg tadi saya belum paham itu, berarti dari dulu surga dan neraka itu sudah dihuni? Brrt ruh2 orang yg sudah meninggal itu semua sudah berada di surga ataupun di neraka? Nah yg berada d alam barzah itu hanya jasad saja atau bagaimana ustad ? Afwan agak sedikit menyimoang ustad
▶
belum ... saat ini yang hidup menunggu saat kematian, yang udah meninggal di alam kubur menunggu yaumil qiyamah, menunggu akhir masa kehidupan seluruh makhluk di bumi yang fana ini musnah, lalu dibangkitkan, dan kita ada di yaumil mahsar, hari penghitungan untuk masing-masing kita sesuai amal ibadah ... selepas itu baru kita di tempatkan di surga atau neraka
والله أعلم
〰〰〰
0⃣5⃣
Ust izin bertanya...salah satu yang membatalkan puasa itu kan masuknya sesuatu ke dalam tenggorokan...nah bagaimana jika kita buang angin di dalam air ust?
Karena ada yg bilang itu batal...???
▶
ndak batal, ndak ada dalil shahih yang menyatakan buang angin dalam air batal puasa 😊
〰〰〰
0⃣6⃣
Tanya ustadz...ada yg bilang kl setan itu sebenarnya hawa nafsu qt sendiri?
▶
udah ana jelasin di atas, ada setan yang dari bangsa jin, dan ada yang dari bangsa manusia (yang tidak bisa mengendalikan hawa nafsunya)
〰〰〰
0⃣7⃣
Mf ustadz berarti membersihkan telinga di saat puasa pun tidak batal ya
▶
batal kalau kotoran telinganya (maaf) dimakan 😁
〰〰〰
0⃣8⃣
Saya putri k340 Ustad mau tanya..knpa jika puasa sunah kta wajib izin dgn suami??pertanyaan dari tmn saya ustad itu
▶
ya 😊
kalau suami ndak tau, lalu pengen sesuatu, istrinya harus membatalkan puasanya (khusus puasa sunat)
〰〰〰
0⃣9⃣
Syukhron ustad ..
Mau tanya lagi tentang penyakit ain .. Apakah memang penyakit ain itu berasal dr jin dan untuk pengobatannya harus memakai sesuatu barang atau air wudhu si pelempar ain ?
▶
penyakit 'ain memang benar ada ... ia berasal pandangan hasad dan dengki seseorang kepada seseorang yang lain, cara pengobatannya ...
لاَ رُقْيَةَ إِلاَّ مِنْ عَيْنٍ أَوْ حُمَة
"Tidak ada ruqyah (yang lebih bermanfaat) kecuali untuk penyakit 'ain atau penyakit yang diakibatkan sengatan binatang berbisa" (HR. al-Bukhari dan Muslim)
jangan ke dukun, jangan menggunakan jimat untuk penyembuhan.
solusinya mana ya mb ?
▶
bawa ke praktisi ruqyah syari'
〰〰〰
1⃣0⃣
Terimakasih ust..
Afwan sebelumnya tapi bukannya di dalam al-quran tidak ada setan yah ust...di dalam al-quran selalu disebutkan jin dan manusia...lalu setan itu apa ust?afwan ust..🙏
Lalu mengutip pertanyaan dri ukhti silva
Iya ustad syukron saya paham.. saya mengutip pertanyah dari hadis yg diatas tadi, "dan Allah ta'alaa memiliki orang-orang yang di bebas kan dari neraka, yang demikian itu terjadi pada setiap malam" (HR.at-Tirmidzi,dan ibnu makan)
Yg tadi saya belum paham itu, berarti dari dulu surga dan neraka itu sudah dihuni? Brrt ruh2 orang yg sudah meninggal itu semua sudah berada di surga ataupun di neraka? Nah yg berada d alam barzah itu hanya jasad saja atau bagaimana ustad ? Afwan agak sedikit menyimoang ustad
Jawaban ust bahwa:
belum ... saat ini yang hidup menunggu saat kematian, yang udah meninggal di alam kubur menunggu yaumil qiyamah, menunggu akhir masa kehidupan seluruh makhluk di bumi yang fana ini musnah, lalu dibangkitkan, dan kita ada di yaumil mahsar, hari penghitungan untuk masing-masing kita sesuai amal ibadah ... selepas itu baru kita di tempatkan di surga atau neraka والله أعلم
Nah berarti mksd kutipan ini apa ust"dan Allah ta'alaa memiliki orang-orang yang di bebas kan dari neraka, yang demikian itu terjadi pada setiap malam"?? Afwan ust🙏 jadi penasaran😊
▶
setan adalah anak buah iblis atau pengikut iblis, ia terdiri dari bangsa jin dan manusia
"Setan itu memberikan janji-janji kepada mereka dan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka, padahal setan itu tidak menjanjikan kepada mereka selain dari tipuan belaka" (QS. an-Nisa' : 120 )
〰〰〰
ada orang-orang pilihan yang memang mendapatkan syafa'at khusus dari Allah, syafa'at terbebas dari fitnah kubur dan api neraka, namun dimana roh mereka di tempatkan sebelum hari kiamat? ana tak bisa menjawab, karena itu wewenang Allah 😊
〰〰〰
1⃣1⃣
Mau bertanya ustadz
Kaloo nelen air ludah sendiri batal ga puasanya?
▶
ada dua pendapat ulama
🍃pendapat pertama, batal jika sudah sampai dalam mulut lalu ditelan
🍃pendapat kedua, tidak batal
Lalu mana yang diikuti, jika ragu dengan pendapat yang tidak batal, lebih ahsan diludahkan
Afwan, pendapat ulama yg menyatakan tidak batal itu alasannya apa ustadz?
▶
dianggap benda yang tidak mungkin dihindari untuk ditelan.
🕋📿🕋📿🕋📿🕋📿🕋📿
CLOSING STATEMENT
Closing statement
"ramadhan hanya satu bulan, namun semangat ramadhan tidak cukup hanya berheti di satu bulan itu saja, setiap kita pasti ingin sesuatu yang terbaik dalam setiap perjalanan hidupnya ... detik demi detik ... hari demi hari ... hingga ajal menjemput ...
camkan ini ... seorang yang baik adalah jika amal hari ini lebih baik dari hari kemaren ... seorang yang biasa saja jika amalnya hari ini sama dengan hari kemaren ... seorang yang merugi jika amalnya lebih buruk dari yang kemaren ..."
🕋📿🕋📿🕋📿🕋📿🕋📿
Tidak ada komentar:
Posting Komentar