Rabu, 11 Januari 2017

Meluruskan Orientasi Hidup

✍๐Ÿป *Notulensi Kajian Ta'limK327*๐Ÿ“ฟ
Sabtu, 31 Des 2016

๐Ÿ“š *"Meluruskan Orientasi Hidup"*
_With : Ustadz Hizbullah Ali_

ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…

baik kita masuk pada materi untuk hari ini.

ุงู„ุญู…ุฏู„ู„ู‡ ูƒู…ุงูŠู†ุจุนูŠ ู„ูƒุฑู… ูˆุฌุญู‡ ูˆุนุฒ ุฌู„ุงู„ู‡، ูˆุงุดู‡ุฏุฃู† ู„ุงุฅู„ู‡ ุฅู„ุงุงู„ู„ู‡ ูˆุญุฏู‡ ู„ุง ุดุฑูŠูƒ ู„ู‡، ุงู„ูƒุงู…ู„ ููŠ ุฐุงุชู‡ ูˆุฃุณู…ุงู‰ูٕ‡ ูˆุตูุงุชู‡ ูˆุฃูุนุงู„ู‡. ูˆุงุดู‡ุฏุฃุชู…ุญู…ุฏุงุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุนู„ู‰ ุขู„ู‡ ูˆุฃุตุญุงุจู‡ูˆุณู„ู… ุชุณู„ูŠู…ุง ูƒุซูŠุฑุง.

ุฃู…ุงุจุนุฏ:

๐ŸŽ“ Menjadi Muslim Yang Tangguh

๐Ÿ’ป Meluruskan Orientasi Hidup

๐Ÿ“  FQ/el-Qudsy

Ma'asyiral Muslimin yang berbahagia,

Allah menciptakan manusia sebagai makhluk termulia di muka bumi. Hal itu pasti meiliki tujuan yang agung. Di antara tujuan itu adalah untuk mengabdi dan beribadah kepada Allah. Tujuan ubudiah atau penghambaan kepada Allah inilah yang seharusnya menjadi poros bagi seluruh aktivitas manusia. Sebagaimana Allah kalamkan:

ูˆَู…َุง ุฎَู„َู‚ْุชُ ุงู„ْุฌِู†َّ ูˆَุงู„ุฅู†ْุณَ ุฅِู„ุง ู„ِูŠَุนْุจُุฏُูˆู†ِ

"Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melaikan supaya mereka menyembah-Ku" (QS. adz-Dzariyat : 56)

Termasuk dalam makna ubudiah adalah segala aktivitas yang dimaksudkan untuk mencari pahal di sisi Allah. Baik itu berupa amal ritual seperti melaksanakan sholat, puasa, zakat, dan haji. Atau, ibadah non ritual seperti membantu sesama, bekerja, dan berkreasi. Semua ubudiah itu harus memiliki orientasi yang jelas, yaitu dalam rangka mencari ridha Allah. Semua itu tergantung pada niat kita masing-masing. Rasulullah bersabda, yang artinya: "Amalan-amalan itu hanyalah tergantung dengan niatnya. Dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai dengan apa yang diniatkan" (HR. Bukhari, dan Muslim)

Jama'ah yang dimuliakan Allah,

Orientasi hidup seorang mukmin dengan segala bentuk dan aktivitasnya tidak boleh lepas dan melenceng dari apa yang telah ditentukan Allah. Karena bagi orang mukmin, hidup adalah ibadah. Islam tidak hanya mengurusi ritual, melainkan juga ibadah sosial. Ternyata kalau kita teliti, ibadah sosial mendapatkan porsi yang paling banyak dalam praktiknya. Hal ini terlihat ketika Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… berbicara tentang akidah. Beliau menegaskan bahwa iman itu ada tujuh puluh lebih cabangnya. Yang paling tinggi adalah suahadat, sedang yang paling rendah adalah menyingkirkan duri di jalan (HR. Ibnu Majah). Dengan demikian, semua kehidupan seorang mukmin dan segala aktivitasnya harusnlah memiliki orientasi ibadah kepada Allah, bukan yang lainnya. Sebagaimana Allah kalamkan,

ู‚ُู„ْ ุฅِู†َّ ุตَู„ุงุชِูŠ ูˆَู†ُุณُูƒِูŠ ูˆَู…َุญْูŠَุงูŠَ ูˆَู…َู…َุงุชِูŠ ู„ِู„َّู‡ِ ุฑَุจِّ ุงู„ْุนَุงู„َู…ِูŠู†َ

"Katakanlah: Sesunggunya sholatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam" (QS. al-An'am : 162)

Jama'ah yang dimuliakan Allah,

Dalam perjalanan hidupnya, manusia sering lupa terhadap orientasi hidupnya. Gemerlapnya dunia, padatnya aktivitas, serta hiruk pikuk kehidupan, tidak jarang menyeret manusia jauh dari tujuan hidupnya sebagai hamba Allah. Akibatnya, manusia menghalalkan segala cara, tidak lagi membedakan mana yang halal dan mana yang hara. Lupa kalau antara sholat dan teknokrat tidak dapat dipisahkan. Lupa kalau orientasi hidupnya adalah untuk Allah. Maka, celakalah mereka yang membangga-banggakan dengan dunia dan kemewahan, sehingga lupa Allah. Padahal, Allah akan memintai pertangung-jawaban atas segala nikmat yang mereka dapatkan.

Dikisahkan oleh Abu Hurairah, bahwa suatu hari Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… keluar menuju suatu tempat. TIba-tiba, beliau bertemu dengan Abu Bakar dan Umar, lalu beliau bertanya, yang artinya: "Apakah yang menyebabkan kalian keluar rumah pada saat seperti ini?" Mereka berdua menjawab, "Kami keluar karena lapar, wahai Rasulullah" Maka, Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… bersabda, "Demi yang jiwaku berda ditangan-Nya, sesungguhnya aku keluar karena sesuatu yang menyebakan kalian keluar dari rumah kalian berdua. Marilah pergi bersamaku"

Maka, mereka pun pergi bersama Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… lalu mendatangi rumah seorang kaum Anshar. Ketika dia melihat Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… dan kedua sahabat beliau sedang bertamu ke rumahnya dia berkata, "Alhamdulillah, pada hari ini tidak seorang pun yang mendapatkan tamu yang lebih mulia dari tamuku"

Perawi berkata: Dia pun segera membawakan untuk mereka setandan kurma yang di dalamnya terdapat kurma yang matang dan yang muda, "Makanlah ini" kata tuan rumah. Lalu ia mengambil pisau (untuk menyembelih kambing).

Maka Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… bersabda, yang artinya: "Berikanlah kepada kami kambing yang sudah tidak diperah susunya" Maka, dia menyembelih kambing tersebut dan mereka pun makan dagingnya, kemudian mereka minum. Pada saatu mereka sudah kenyang dan dahaga telah hilang, Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… bersabda kepada Abu Bakar dan Umar: "Demi Zat yang jiwanku berada di tangan-Nya, kalian pasti akan ditanya tentang nikmat ini pada hari Kiamat. Kalian keluar dari rumah dalam keadaan lapar, lalu setelahnya kalian pulang telah mendapatkan nikmat ini" (HR. Muslim)

Hadirin yang berbahagia,

Demikianlah Islam memandang kehidupan manusia. Sebuah kehidupan yang harus berorientasi ibadah kepada Allah. Agar semua kehidupan kita bernilai di sisi Allah sebagai investasi akhirat.

ุงู…ูŠู†
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

✍๐Ÿป✍๐Ÿป *Tanya jawab :* ๐Ÿ“š

1⃣ Arini
Sy ingin bertanya ,sy kerja diluar negri tepatnya di hongkong, yg setiap hari bersentuhan dg babi, gimana cara membersihkan dari najis itu?  Karena sy setiap mau sholat mandi๐Ÿ˜Š,mohon penjelasan nya ustadz,,, mf diluar matri

✍๐Ÿป✍๐Ÿป
pertama saran yang bisa ana berikan adalah, berpikirlah untuk melanjutkan kontrak kerja di hongkok, kecuali terhindar dari segala bentuk hal yang diharamkan oleh Allah ๐Ÿ˜Š termasuk dalam hal ini berhubungan dengan najis dari babi ๐Ÿ˜Š

baik kita ke inti pertanyaan ๐Ÿ˜Š

ketika seorang muslim bersentuhan dengan daging babi, baik tidak sengaja, maupun sengaja, maka ia wajib untuk mensucikan bagian tubuhnya dengan air hingga 7x, salah satunya dicampuri dengan tanah yang suci, secara merata di bagian anggota tubuh yang terkena najis tersebut.

sah juga bisa membasuhnya di air mengalir yang keruh, misalnya di sungai kecil, meski pencuciannya tidak dicampur dengan tanah/debu. (silahkan dilihat terjemahan Fathul Qarib halaman 51)

termasuk bagian pakaian yang terkena, dan tidak sah digunakan untuk sholat, sebelum pakain tersebut disucikan secara sempurna.

mandi tidak mensucikannya ๐Ÿ˜Š

satu hal lagi, jangan pernah mengecap rasa dari masakan, yang di dalamnya ada bagian dari babi, anjing dan hewan yang diharamkan lainnya, apapun alasannya ๐Ÿ˜Š

jika terpaksa untuk mebgecapnya, pilihan hanya ada dua ...

▪terjatuh dalam dosa besar
▪hentikan kontrak detik itu juga.

2⃣ zistah
๐Ÿ™‹๐Ÿป ustad..
Apa yg harus dilakukan jika kita diberi makanan dr org non islam...dan drumahnya ada anjing. Rumah tetanggaan satu komplek.

✍๐Ÿป✍๐Ÿป
satu hal yang harus kita tahu dan perhatikan, apakah mereka memasak dan mengkonsumsi hewan yang diharamkan (babi dan anjing), jika ia maka jangan pernah menerima undangan makan dari mereka, jika makanan tersebut di antar ke rumah terima saja, berikan pada hewan peliharaan, dan bersihkan tangan serta piring tersebut dengan 7x basuhan yang salah satunya bercampur dengan tanah suci (seperti yang dijelaskan pada pertanyaan sebelumnya)

jika, mereka tidak memasak dan mengkonsumsi babi atau anjing, silahkan dimakan, dengan syarat bukan bagian dari perayaan ibadah mereka ๐Ÿ˜Š

๐Ÿ™‹๐Ÿป Perayaan ibadah...
Berarti klo pas natal atau imlek...kita dikasi makanan.

Sebaiknya...jgn dimakan ya tad??

๐Ÿ‘ณ๐Ÿป hu um ๐Ÿ˜Š
inilah makna sebenar dari QS. al-Maidah : 51 ๐Ÿ˜Š

di mana kita dilarang menjadikan orang kafir sebagai teman (aulia) ๐Ÿ˜Š
kita cukup hanya dalam hal hubungan mu'amalah saja dengan mereka ๐Ÿ˜Š
terkait ibadah ๐Ÿ“›

3⃣ ๐Ÿ™‹ Ria                                                                                                Ustad gimana hukumnya klau waktu kecil kita suka makan bb and kodok...
                                          ✍๐Ÿป✍๐Ÿป
apakah saat itu sudah mengetahui haramnya bb dan kodok ๐Ÿ˜Š
sekarang karena sudah paham.dan mengetahui akan haramnya bb dan kodok, serta hewan lainnya yang diharamkan, maka jangan sampai diulangi lagi.

๐Ÿ™‹ Kami di keluarga gk terlalu gmn gitu ma agama islam jd ya terserah mau makan apa kek yg penting makanan gitu..
๐Ÿ‘ณ๐Ÿป Ali bin Abi Thalib mengatakan, _Duhai orang-orang yang memiliki ilmu amalkanlah ilmu kalian. Orang yang berilmu secara hakiki hanyalah orang yang mengamalkan ilmu yang dia miliki sehingga amalnya selaras dengan ilmunya. Suatu saat nanti akan muncul banyak orang yang memiliki ilmu namun ilmu tersebut tidaklah melebihi kerongkongannya sampai-sampai ada seorang yang marah terhadap muridnya karena ngaji kepada guru yang lain_ (al-Adab asy-Syar'iyyah, 2/53)

Islam sangat jelas syari'atnya ๐Ÿ˜Š
mana yang halal dan mana yang haram ๐Ÿ˜Š
yang haram sebagai seorang muslim tentu kita harus menghindarinya ๐Ÿ˜Š

lihat QS. al-Isra : 15

_Barangsiapa yang berbuat sesuai dengan hidayah (Allah), maka sesungguhnya dia berbuat itu untuk (keselamatan) dirinya sendiri, dan barangsiapa yang sesat maka sesungguhnya dia tersesat bagi (kerugian) dirinya sendiri. Dan seorang yang berbuat dosa tidak dapat memikul dosa orang lain, dan Kami tidak akan mengazab sebelum Kami mengutus seorang rasul_

๐Ÿ™‹ Ustad klau minuman sampyen itu termasuk haram gk sih soalnya kan bahannya dr anggur....karna di keluarga stiap lebaran suka ada sampyen..
๐Ÿ‘ณ๐Ÿป setiap yang memabukkan, alkohol secara umum hukumnya adalah haram, meski setetes ๐Ÿ˜Š
jangan pernah menjerumuskan diri dalam hal yang diharamkan
tidak ada ketaatan kepada makhluk, jika terkait maksiat lihat QS. Luqman : 14-15 ๐Ÿ˜Š

๐Ÿ™‹ Klau kita ngindar stiap acara kumpul keluarga gk enakkan stad..gmn caranya biar keluarga besar gk tersinggung..
๐Ÿ‘ณ๐Ÿป tidak perlu menghindar, tapi kita wajib membentengi diri kita ๐Ÿ˜Š

4⃣ Zistah.                                               ๐Ÿ™‹๐Ÿป nanya lagi tadz..
Kan skrg mau malem tahun baru, identik dgn tiup terompet...kan kita gak boleh ikut ikutan ya, dgn tradisi seperti itu...

Nah...misal ponakan masih kecil...dikasi tau gak faham juga. Karna dia melihat teman teman sekitar rumah pada pegang terompet...

Nah...itu gmn tad...
                                          ✍๐Ÿป✍๐Ÿป
ponakan itu hobinya apa ๐Ÿ˜Š
sibukan ia dengan hobinya, dan/atau jangan berikan izin untuk keluar rumah (yang pasti harus seizin orang tuanya) ๐Ÿ˜Š

biarkan orang tuanya yang memberikan nasehat untuk anak mereka, serahkan kepada mereka cara apa yang mereka ambil ๐Ÿ˜Š

5⃣๐Ÿ™‹arita                                  Ust tanya bagaimana jika mengelus kepala atau badan anjing. Apa harus cuci tangan 7kali salaj satu campur tanah juga.
Satu lagi, di kampung ada org jualan darah beku yg di goreng untuk dimakan. Ini halal atau haram? Karna liat kok laris yg beli ternasuk org2 muslim pembelinya
                                              ✍๐Ÿป✍๐Ÿป
mengelus anjing, jika keduanya kering, anjingnya kering yang mengelus kering, cukup di cuci saja, namun jika salah satunya basah, atau keduanya basah (baik basah karena keringat atau air), atau saat mengelus mesti keduanya kering namun dijilat oleh anjing tersebut, maka wajib dicuci 7x yang salah satunya menggunakan air tanah ๐Ÿ˜Š

darah termasuk haram untuk dikonsumsi, ana tidak akan menjawab kenapa ada muslim yang mengkonsumsinya, tanyakan pada mereka kenapa, itu adalah tugas ulama setempat untuk ingatkan mereka ๐Ÿ˜Š

6⃣ ๐Ÿ™‹Arita.                                                  
Untuk memandikan jenazah.
Kalau di kampung yg mandikan jenazah ibu2 grup apa namanya lupa gak peduli jenazahnya wanita atau laki2. Bolehkah demikian? karena khan bukan mahrom.
                                          ✍๐Ÿป✍๐Ÿป
yang paling diutamakan memandikan jenazah adalah mahram dari si mayit (suami-istri-anak mereka), jika tidak ada yang paham boleh dibantu oleh orang yang paham ๐Ÿ˜Š

dan *haram* hukumnya, orang lain (bukan mahram) memandikan mayit lawan jenis, apapun alasannya.

7⃣ Ittin
Afwan ust..suami suka potong rambut dgn dtipiskn pinggirnya,apakah hal ini dperbolehkn ust..? Afwan..sy n anak2 tdk setuju n sdh memberi saran..tp ttp sj tdk mempan..dgn alasan *bgmn niat nya*..tolong kasih sy masukn yg mantap ust..klw mmg sy n anak2 salah..dr segi apa..

✍๐Ÿป✍๐Ÿป
sampaikan nasehat, jika ia tidak suka diam dulu, nanti satu masa coba beri nasehat lagi, dia ndak suka diam lagi, sabar ๐Ÿ˜Š

Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… melarang qoza. Kemudian Nafi' ditanya, _Apa yang dimaksud dengan qoza?_ Dia menjawab, _Mencukur sebagian rambut kepala dan membiarkan sebagian yang lain_ (HR. Bukhari No. 5576 dan Muslim No. 2120)

ini bukan pasal niat, qoza' dan mohawk adalah sebuah larangan dari Allah ๐Ÿ˜Š

8⃣ ๐Ÿ™‹Sam.                                
Mengenai *tabbaruj*..apa ini hny berlk dr sisi ibadah sj atau dr segi penampilanpun dilarang..? *afwan..td pagi sy sempt debat dgn suami perihal ini..*
                                          ✍๐Ÿป✍๐Ÿป
berlebihan dalam ibadah itu namanya ghuluw ๐Ÿ˜Š

kalau tabbaruj itu untuk menyatakan hal yang berlebihan terkait dengan penampilan, dalam konotasi negatip ๐Ÿ˜Š

baik ghuluw maupun tabbaruj keduanya adalah hal yang dilarang dalam Islam ๐Ÿ˜Š

dalil tentang ghuluw lihat QS. an-Nisa : 171, QS. al-Maidah : 77

ุฅِูŠَّุงูƒُู…ْ ูˆَุงู„ْุบُู„ُูˆَّ ูِูŠ ุงู„ุฏِّูŠْู†ِ

_Berhati-hatilah kalian dari sifat berlebih-lebihan di dalam agama_ (HR. Ahmad, at-Tirmidzi, an-Nasai, dan lainnya dari sahabat Abdullah bin 'Abbas)

dalil tentang tabbaruj,

ูˆَู‚َุฑْู†َ ูِูŠ ุจُูŠُูˆุชِูƒُู†َّ ูˆَู„َุง ุชَุจَุฑَّุฌْู†َ ุชَุจَุฑُّุฌَ ุงู„ْุฌَุงู‡ِู„ِูŠَّุฉِ ุงู„ْุฃُูˆู„َู‰

_Hendaklah kalian (para wanita) tetap di rumah kalian dan janganlah kalian bertabarruj dan seperti tabarruj orang-orang Jahiliyah yang dahulu_ (QS. al-Ahzab : 33)

seorang istri sebaiknya tidak mendebat suami, meskipun ia benar dan suaminya salah, jika suami salah sampaikan nasehat dengan cara yang santun, jangan pernah membuat ia marah atau tersinggung, coz seorang wanita yang meskipun ia benar secara syari'at, namun membuat suaminya marah, maka ...

ุฃَู„ุงَ ุฃُุฎْุจِุฑُูƒُู…ْ ุจِู†ِุณَุงุฆِูƒُู…ْ ูِูŠ ุงู„ْุฌَู†َّุฉِ؟ู‚ُู„ْู†َุง ุจَู„َู‰ ูŠَุง ุฑَุณُูˆْู„َ ุงู„ู„ู‡ ูƒُู„ُّ ูˆَุฏُูˆْุฏٍ ูˆَู„ُูˆْุฏٍ، ุฅِุฐَุง ุบَุถِุจَุชْ ุฃَูˆْ ุฃُุณِูŠْุกَ ุฅِู„َูŠْู‡َุง ุฃَูˆْ ุบَุถِุจَ ุฒَูˆْุฌُู‡َุง، ู‚َุงู„َุชْ: ู‡َุฐِู‡ِ ูŠَุฏِูŠْ ูِูŠ ูŠَุฏِูƒَ، ู„ุงَ ุฃَูƒْุชَุญِู„ُ ุจِุบَู…ْุถٍ ุญَุชَّู‰ ุชَุฑْุถَู‰

_Maukah kalian aku beritahu tentang istri-istri kalian di dalam surga?_ Mereka menjawab, _Tentu saja wahai Rasulullah!_ Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… menjawab, _Wanita yang penyayang lagi subur. Apabila ia marah, atau diperlakukan buruk atau suaminya marah kepadanya, ia berkata, *Ini tanganku di atas tanganmu, mataku tidak akan bisa terpejam hingga engkau ridha*_ (HR. ath-Thabarani dalam al-Ausath dan ash-Shaghir. Lihat ash-Shahihah hadits no. 3380)

๐Ÿ™‹ maksudnya ustad.. kalau debat gk boleh.. sama aja kita berani dgn suami.
๐Ÿ‘ณ๐Ÿป kalau ingin memberikan nasehat kepada orang tua/suami cari cara yang baik, jangan mendebat mereka, dan jangan membuat mereka marah ... buahaya ... do'a mereka ndak ada hijab ...

jika sanggup memberi nasehat dengab santun, tidak mebuat marah, tersinggung, silahkan ๐Ÿ˜Š
tata kata-kata dengan baik.
karena orang tua/suami adalah pintu surga bagi seorang wanita.

meski seorang wanita ahli ibadah, jika mereka tidak mendapat ridha dari orang tua (yang belum menikah) dan suami (bagi yang menikah), maka pintu surga tertutup.
jadi kalau bentrok, ortu wanita minta *a*, suami minta *b*, maka yang dituruti adalah b, asal bukan terkait perintah wajib dari Allah.

bahkan ibadah sunah, bertemu dengan keinginan suami, ibadah sunahnya wajib ditunda dulu, utamakan suami.

๐Ÿ™‹ termasuk mertua yaa?
๐Ÿ‘ณ๐Ÿป hu um.
wanita yang menikah ketaatannya berpindah pada suami ya.
orang tua setelah suami.

9⃣ ๐Ÿ‘ง๐ŸปNeti.                                                                                                    
uzt tanya...
ada ikhwan baik agama perilaku...tapi blkg ini dy crita pnh k pengobatan alternatif (mendektesi penyakit dg media hewan walau dibaca ayat Alquran) dan dy percaya...akhir.a pihak akhwat memutuskan untuk tdk melanjutkan.... apakah yg dilakukan akhwat bnr tadz?

di luar konteks ga yaa?afwan๐Ÿ™๐Ÿผ๐Ÿ™๐Ÿผ
                                           ✍๐Ÿป✍๐Ÿป
๐Ÿ‘ณ๐Ÿป jika ikhwan tersebut sudah bertaubat, dengan taubatan nasuhah, atas kesyirikan yang ia lakukan, tidak mengapa dilanjutkan

namun, jika ragu keputusan yang diambil sudah benar ๐Ÿ˜Š

๐Ÿ™‹ Alhamdulillah...
tadz...tanya lagi...
yang ada debat tadz... dy ga terima jika dibilang musyrik...malah yg menuduh musyrik itu yg sbnr.a musyrik...dan menantang pula Alquran dan hadist apa yg melarang pengobatan spt itu...

akhir.a si akhwat memutuskan untuk pergi meninggalkan perdebatan tadz.

๐Ÿ‘ณ๐Ÿปsudah benar.
perbuatannya kan jelas, coba di baca di Kitab Tauhid baik versi asli (bahasa Arab) atau pun versi terjemahan tulisan Syaikh Muhammad at-Tamimi ๐Ÿ˜Š

1⃣0⃣ Zistah
Tanya lagi tadz...
Misal seseorang dikasi air kembang buat mandi, pastinya itu air sudah do doain. kemudian sebelum mandi baca bacaan syahadat,tahmid, tahlil, dll.

#nah...apakah itu termasuk syirik??

#apa ibadahnya selama 40 hari ttp gak dterima sm allah

✍๐Ÿป✍๐Ÿป
perbuatan tersebut adalah munkar ๐Ÿ˜Š

ada apa dengan air yang didoakan tadi, ada apa dengan ritual bacaan, ndak ada tuntunan baca syahadat sebelum mandi, tahmid, tahlil, dan lain-lain

sepertinya ini adat kebiasaan yang dicampur aduk dengan ibadah, sehingga menghasilkan hal baru, *jangan pernah diulangi lagi*, apalagi jika dipercaya bisa memberikan keselamatan atau hal lain, selain munkar ini juga *SYIRIK BESAR YANG NYATA*

ana tidak akan menjawab apakah ibadahnya tidak diterima, karena dalil tentang perbuatan tersebut sangat jelas ancamannya,

semua ibadah yang tidal sesuai dengan tuntunan al-Qur'an dan Sunah maka tertolah, dan jika ada terindikasi kesyirikan maka otomatis keluar dari Islam ๐Ÿ˜Š, termasuk masyarakat yang mempercayai ritual tersebut

maafkan jika agak tajam menghunjam.

1⃣1⃣Ria
Aku nanya lg stad td kan aku ikut ke kuburan kk iparku trs aku seneng sm pohon kamboja putihnya trs aku metik batangnya buat aku tanam di rmh tp ama abiku di buang gk boleh karna katanya sesuatu yg ada di kuburan itu ada penunggunya takutnya nanti penunggunya ngikutin ke rmh bener gk sih stad ..smpai debat aku sm abi...

✍๐Ÿป✍๐Ÿป
memang ada yang ikutin, malaikat rakib dan atid, malaikat yang selalu ada di sisi setiap manusia, yang mencatat semua amal perbuatan manusia

kalau percaya gituan, sebenarnya udah syirik ๐Ÿ˜Š

umumnya orang indonesia percaya ama mitos.

1⃣2⃣ Zistah
Tanya lagi tadz...๐Ÿ˜ƒ
Misal nih tadz...kebiasaan drmh tiap malam tahun baru, mama sm abah biasa menyediakan makanan utk tetangga dan anak anak kecil disekitar rumah.
Tak ada maksud merayakan...hanya saja, abah pas milad di bln desember, selalu berkeinginan berbagi dgn tetangga, tp waktunya diundur ke tgl 31 malam nya. Alasannya biar rame saja...(seakan jd tradisi dirumah kami setiap tahunnya)

#gmn pendapat ustad??
#apakah ini motif terselubung ke tahun baru?? ๐Ÿ˜Œ
#harusnya gmn tadz?

๐ŸŒธ

selama tidak dikhususkan untuk merayakan tahun baru dan milad (ulang tahun silahkan), artinya beliau memang sering mengundang orang untuk makan-makan ndak apa

ingat, perayaan milad dan tahun baru itu kebiasaan orang-orang kafir ๐Ÿ˜Š

termasuk dalam bagian, *God-Gospel-Glory* misi kristenisasi ๐Ÿ˜Š

kita Islam, tapi meniru budaya kebiasaan mereka ๐Ÿ˜Š

hati-hati menyampaikan hal ini ke orang tua.

1⃣3⃣ Zistah
Ustad...
Klo milad gak boleh dirayakan...
Koq denger gini yah...
Klo orang tua mau ngrayain miladnya anaknya drmh atau di sekolah, ngundang temen temennya buat makan dan potong kue...tapi gak pake lilin ulang tahun. Itu gmn??

✍๐Ÿป✍๐Ÿป
๐Ÿ‘ณ๐Ÿปartinya kan sama saja, dirayain juga ๐Ÿ˜Š

meski ndak make lilin ๐Ÿ˜Š

namun, jika ingin melaksanakan silahkan saja, *ana berlepas diri*, apa yang ana sampaikan tidak perlu dituruti jika memang tidak sependapat ๐Ÿ˜Š

๐Ÿ™‹ Kebetulan saya guru tadz...
Jd orang tua suka...dadakan ngasi tau klo sudah kirim makan ke sekolah...

Buat acara anaknya...

#saya yg mimpin doa salah juga ya tad...karna ikut di bagiannya??

๐Ÿ‘ณ๐Ÿป berikan sedikit tausiyah, agar mengingatkan mereka, bahwa umur yang mereka miliki saat ini adalah sisa, bukan bertambah, namun berkurang, tanamkan bahwa tidak perlu mengkhususkan hari ulang tahun dengan memberi makan orang lain, ingatkan hanya tidak hanya di hari ulang tahun mereka saja, namun setiap ada kelebihan rezeki, tanamkan mereka untuk berbagi ๐Ÿ˜Š

1⃣4⃣ Halimatussaddiah
Mau tanya ๐Ÿ™‹
Bagaimana cara memberi tau kebenaran ke orang tua sedangkan kita ga boleh berdebat dengan orang tua?
Apa kalo orang tua memberi tau yang salah terus kita diam saja?
Terkadang kita sudah pelan pelan memberi tau tapi ortu masih kekeuh/keras kepala.

✍๐Ÿป✍๐Ÿป
with hobi beliau, atau dengan orang yang bijak yang sering beliau dengarkan nasehatnya.
jika beliau hobi baca, belikan kitab, cukup taroh di sisi gelas kopi beliau, sediakan camilan juga ๐Ÿ˜Š

1⃣5⃣Ria
Uztadz, masa kita hrs ngalah trs sih...tar suaminya malah jd egois gmn....skali2 boleh kali ya stad biar gk terlalu egois...kan bikin hati mangkel jg klau suaminya egois..

✍๐Ÿป✍๐Ÿป
boleh memberi nasehat tapi dengan jalan yang baik.
apa yang ana sampaikan akan berbeda jika yang nanya para suami, namun ana ndak bisa sampaikan di sini.
pada intinya dalam membangun rumah tangga yang sakinah, mawwadah, warahmah harus ada kerjasama yang baik antara suami-istri.
salah satu harus pandai mengalah.
sambil mencari jalan dengan cara yang bijak.

setiap orang kan beda-beda
seorang istri mesti paham ama suaminya.
ingatlah hati seorang lelaki itu ada sisi lemahnya.
carilah ... temukan.

1⃣6⃣ ๐Ÿ™‹Ittin

mengenai QS.Al Mulk ust..klw mo tidur..apakah ini hrs d bc 1 Surat..?

✍๐Ÿป✍๐Ÿป
๐Ÿ‘ณ๐Ÿปhu um ๐Ÿ˜Š

๐Ÿ™‹ Klw d bc nya pas selesai Sholat Isya..boleh g ust..? Tp stlh Sholat msh nungguin suami pulang kerja..
๐Ÿ‘ณ๐Ÿป kalau al-Mulk silahkan saja dibaca mulai selepas isya.
maksud ketika akan tidur itu, bukan dalam artian pas udah ngantuk berat lalu buka mushaf.
jadi, silahkan dibaca selepas sholat isya, sambil nungguin suami.

๐Ÿ™‹ ba'da maghrib boleh tadz?
๐Ÿ‘ณ๐Ÿป sebaiknya lepas isya, karena kita tidur kan selepas sholat isya.

1⃣7⃣Zistah

Ustad...
Mhn penjelasan sedikit ttg makna...
Sakinah...
Mawadah...
Warahmah...tentunya thdp pasangan kelak...๐Ÿ™Š
Biar makin pinter tadz..

✍๐Ÿป✍๐Ÿป
๐Ÿ‘ณ๐Ÿปtadaburi QS. ar-Rum : 21 ๐Ÿ˜Š

๐Ÿ™‹ Pengen dgr lgsg tad...
Klo tadaburi...saya salah tanggap...pie??
๐Ÿ‘ณ๐Ÿป punya kitab tafsir kah
coba baca, kalau ndak,  *next time we discuss about SaMaRa* ๐Ÿ˜Š
๐Ÿ™‹ noted✍๐Ÿป

๐Ÿ—ฃ *Cloosing Statement :*๐ŸŽ™

intinya pelajarilah ilmu agama, sehingga kita bisa memahami mana yang haq dan mana yang bathil

bersabarlah dengan semua ujian yang harus kita jalani, apapun bentuk ujiannya, baik dalm bentuk nikmat, atau pun musibah ...

istighfar ... istighfar ... istighfar ...

〰〰〰
#FQ
#pencintaquran.com
#Oase Kalbu (FQ Secret)

๐Ÿ“ฎmore info: 08565391113
๐Ÿ‘ณ๐ŸผHiz
〰〰〰〰➰
http://suarniamin.blogspot.co.id/
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Tidak ada komentar:

Posting Komentar