Senin, 09 Januari 2017

Motivasi di Jalan Dakwah

*```Notulensi Kajian OnLine```*
🏡 SahabatODOJ
📆 Selasa, 29 Nov '16

📚 Tema :
*Motivasi Di Jalan Dakwah*                               By : _Uzt. Undang Suherlan_

✍🏻  *Materi :*

Ketika kita berjalan sendiri kita bisa memutuskan langkah apa yang akan kita ambil.

Kita bisa merangkak, kita bisa berjalan, atau kita bisa juga berlari.. Kita bisa memilih langkah apa saja yang akan kita lakukan untuk mencapai tujuan kita, karena yang punya langkah adalah kita, kita punya kekuasaan untuk mengaturnya….

Tetapi, ketika kita bersama di jalan dakwah, pada akhirnya kita harus memutuskan bersama langkah yang seperti apa yang harus kita lakukan.

Dan taukah….Hal apa yang paling sulit dari melangkah bersama kawan… melangkah bersama itu membutuhkan kesabaran.

Kesabaran untuk mengatur ritme bersama, kesabaran untuk meredam keegoisan atau prioritas pribadi, kesabaran untuk tujuan bersama yang lebih besar, kesabaran untuk tidak lari dan tetap memupuk komitment, Kesabaran untuk mengambil porsinya masing-masing, kesabaran untuk menerima dan memberi, serta kesabaran bahwa terkadang di jalan dakwah kita harus berkorban lebih banyak. Dan Semua itu butuh kesabaran… Namun, tahukah ujung dari kesabaran itu ?

Kesabaran pada akhirnya akan menciptakan kepuasan, kepuasan yang berkorelasi kepada kebahagiaan, kebahagiaan akan pencapaian tujuan akhir bersama, dan itu lebih nikmat dari pada kita harus berjalan sendiri….
                                                                  Segala sesuatu yang dimulai dengan keyakinan bisa, Insya ALLAH, ALLAH akan memberikan jalan yang kadang tidak terduga solusinya.

hal penting lain yang dibutuhkan di dalam dakwah adalah keyakinan.
                                                                  Lanjut ya...

Ukhtifillah yang dirahmati allah, insyaallah

mari kita sama-sama berjuang untuk kebaikan dan kebenaran

sepahit, dan sesulit apapun.

Bersatulah dalam jamaah, sebenci dan sekecewa apapun. Karena berjamaah lebih baik daripada sendirian.

Doa bagaikan pedang dan seni berdoa mirip dengan seni menggunakan pedang. Pedang yang tajam tu penting, tapi jauh lebih penting orang yang memegang pedang itu. Maka pedang yang tajam yang tergenggam kuat dalam tangan dingin seorang pemberani yang digunakan pada waktu dan sasaran yang tepat itulah yang akan mematikan musuh.

Namun, jika salah satu dari unsur itu tidak efektif maka selamanya doa itu takkan menghasilkan pengaruh apapun.
                                                     Sekarang sudahkah kita menguasai seni menggunakan pedang yang bernama doa?

Terutama untuk dakwah ini!
                                                     Biarkan lelah mengajarkan pengorbanan dan kesbaran, biarkan kecewa mengajarkan keteguhan dan kekuatan, biarkan sakit mengajarkan keikhlasan.

Akhwatifillah jangan ragu dengan jalan dakwah ini. Hal yang terjadi ada proses pembelajaran bagi orang yang mengabdikan diri pada_Nya, maka jika engkau merasa lelah, kecewa, sakit, larilah pada_Nya ( alquran dan hadis).

Segalanya adalah pelajaran atau pendidikan

Belajarlah untuk melakukan sesuatu dari hati yang terilhami kecerahan al-quran dan hadis, jangan bersedih karena harapan itu masih ada.

Daging-daging unta (kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai keridhaan allah, tapi ketakwaan dari kitalah yang dapat mencapainya demikianlah allah telah menundukkannya supaya kita mengagungkan allah terhadap hidayahnya kepadamu dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik (qs. Al- hajj:37)

Jika mata adalah cahaya maka hati adalah permata saat bahagia merona maka tawa adalah warna apabila senyum adalah ibadah maka kata maaf adalah penghapus segala dosa.
                                                        Allah beri ujian kepada hamba-Nya sebagai training kesabaran.

Tiada kesabaran tanpa pngorbanan. Semoga kita lebih sabar dalam ujian dan ketaatan kepada allah swt seperti kesabaran dan ketaatan ibrahim a.s.

Kembali maknai arti tiap pengorbanan dalam bingkai ketaatan kepadanya.

Tetap semangat dalam proyek dakwah besar ini jaga ukhuwah tingkatkan ruhiyah.

Ya allah, ya rabb... Jadikan saudariku ini muslimah sejati yang menerangi dunia dengan kesolehannya hingga para bidadari cemburu padanya, malaikat berdoa untuknya dan surga merindukan kehadirannya.

*Tanya Jawab*
                                                 1⃣Arita
Tanya ust, gimana menyikapi org2 yg setiap dinasehati malah balik bilang jangan merasa dirimu paling bersih deh....
Jazakallah ust

Jawab 🔑🔑
Berikan senyuman terbaik kita, tetaplah berbuat baik padanya
                                                                                   2⃣Reni
Ana mau tanya ustad .apa bedanya musibah sma azab??
Jazakallah ustad

Jawab 🔑🔑
Musibah atau bencana yang menimpa orang yang beriman yang tidak lalai dari keimanannya, sifatnya adalah ujian dan cobaan. Allah ingin melihat bukti keimanan dan kesabaran kita. Jika kita bisa menyikapi dengan benar, dan mengembalikan semuanya kepada Allah, maka Allah akan memberikan pertolongan dan rahmat sesudah musibah atau bencana tersebut.

Sebaliknya bagi orang-orang yang bergelimang dosa dan kemaksiatan,  bencana atau musibah yang menimpa, itu adalah siksa atau azab dari Allah atas dosa-dosa mereka. Apabila ada orang yang hidupnya bergelimang  kejahatan dan kemaksiatan, tetapi lolos dari bencana/musibah, maka Allah sedang menyiapkan bencana yang lebih dahsyat untuknya, atau bisa jadi ini merupakan siksa atau azab yang ditangguhkan, yang kelak di akhirat-lah balasan atas segala dosa dan kejahatan serta maksiat yang dilakukannya.

Sebenarnya yang terpenting bukan musibahnya, tetapi apa alasan Allah menimpakan musibah itu kepada kita. Untuk di ingat, jika musibah itu terjadi, disebabkan dosa-dosa kita, maka segera-lah bertobat kepada Allah. Kalau musibah yang terjadi karena ujian keimanan kita, maka kuatkan iman dan berpegang teguhlah kepada Allah.

Siapa saja berbuat kebaikan, maka manfaatnya akan kembali kepadanya. Sedangkan siapa saja berbuat kejahatan, maka bencananya juga akan kembali kepada dirinya sendiri. Bisa dibalas didunia atau di akhirat.

Wallahu
                                                                3⃣Riskiyana
Mau tanya ustadz bagaimana caranya menasehati yang belum paham contoh/ sunnah

Jawab 🔑🔑
Jangan memberikan nasihat di depan umum mulailah nasihat dengan pujian sampaikan analogi2 agar orang yang di beri nasihat punya kesempatan untuk membandingkan...
                                                                     4⃣Inama,
Ustadz... Bagaimana cara menasehati teman supaya tidak terkesan menggurui ya? Sukron 😊

Jawab 🔑🔑
                                               Nasihati dengan hikmah dan teladan kita bukan kata2 kita semata.
                                     

http://suarniamin.blogspot.co.id/

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Tidak ada komentar:

Posting Komentar