Senin, 09 Januari 2017

Tahajjud, Membentuk karakter Rabbani

*Notulensi Kajian Group Ta'lim K327*
Selasa, 13 Des '16

๐Ÿ“š *```"Tahajjud, Membentuk Karakter Rabbani"```*
๐Ÿ‘ฐ *Uztadzah Irnawati*

Assalamu'alaikum teman2 Ta'lim.

Tahajjud, membentuk karakter Rabbani.... berat yaaa.

tapi nggak apa2lah, kita saling berbagi ilmu aja yaa... saya yang fakir ini mengharapkan teman2 disini mau berbagi ilmu dengan saya nantinya.

mmmm ngomong2 soal tahajjud.. berhubungan dengan malam... gelap ...

Sahabat pernah dengar lagu ini nggak? ๐Ÿ‘‡๐Ÿป

Jangan takut akan gelap
Kar'na gelap melindungi diri kita dari kelelahan.

teman2....Malam bagi sebagian orang adalah lahan utk beristirahat, ada juga yang bermaksiat,
namun Bagi kita umat muslim malam adalah hal yang sangat menakjubkan, dimana disana kita bisa menemui sang khalik, bercerita dan berkeluh kesah,
malam dengan kesunyiannya yang jauh dari hiruk pikuk dunia menjadi kondisi yang tepat mengisi jiwa jiwa yang kosong, sujud sujud akan lebih khusyuk , muhasabah akan lebih nikmat.

Kehangatan cinta Allah akan semakin terasa dikala kita semakin lama berkhalwat denganNYA.
Ada kenikmatan yang tak mampu kita gambarkan dikala tahajjud kita laksanakan, tahajud adalah Syari’at dari Allah Azza wajalla, “Hai orang yang berselimut (Muhammad). Bangunlah (untuk shalat) di malam hari, kecuali sedikit (darinya). (Yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit. Atau lebih dari seperdua itu dan bacalah Al Qur’an dengan tartil (perlahan-lahan).” (Al Muzzammil:1-4)

Tahajjud sebuah upaya untuk meraih cinta dan rahmatNYA, Tahajud adalah Sunnah utama Rasulullah SAW untuk jalan bagi kita meraih syafa’at Rasulullah, dan penikmat tahajjud akan dicintai, dikagumi dan diaamiinkan do’anya oleh malaikatnya Allah azza wajalla.

Dengan tahajjud ini juga kita bisa mendapatkan wujuuhun nuuri, wajah yang bercahaya, wajah yang menyenangkan, wajah yang membuat nyaman orang-orang yang memandang, wajah penuh keteduhan, betapa indahnya jika mempunyai wajah yang bercahaya, ahli tahajud akan mendapatkan Thibaan Nafsi, nafsu yang hanya bersemangat untuk keta’atan dan kebaikkan serta berakhlak yang mulia dan ahli tahajjud akan dicabut Allah keinginannya untuk bermaksiat,  Salman Al Farisi berkata, Rasulullah Saw bersabda, “Dirikanlah shalat malam, karena sesungguhnya shalat malam itu adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kamu, (shalat malam dapat) mendekatkan kamu kepada tuhanmu, (shalat malam adalah) sebagai penebus perbuatan buruk, mencegah berbuat dosa, dan menghindarkan diri dari penyakit yang menyerang tubuh.” (HR. Ahmad).

Subhanallah … begitu hebatnya tahajjud.

Tahajjud merupakan sekolah bagi keimanan, moment kemesraan dengan Allah azza wajalla, dan menjadi taman yang memancarkan kenyamanan, menanamkan kerinduan kepada Sang Khalik yang Maha Tinggi dan tahajjud begitu memancing emosi dan airmata, airmata yang mampu memadamkan api neraka.

Namun entah kenapa acap kali moment ini dilupakan oleh manusia, kemanakah hamba-hamba Allah zaman sekarang?

Kemanakah para pelaku ibadah malam hari? Kemanakah para pembaca Quran?

 Kemanakah orang-orang  yang memohon ampun disepertiga malam?

Kemanakah orang-orang yang merasakan nikmatnya bermunajat kepada Tuhan yang Lembut?

Kemanakah orang-orang yang mengungkapkan dosa dan maksiatnya dalam kegelapan kepada Rabbnya?

Kemanakah orang-orang yang rela mengurangi tidur demi berdiri untuk beribadah dihadapan Sang Penguasa Alam ini?

Wahai para pencari KeRidhoan Ilahi, RidhoNYA hanya akan didapat dengan penghambaan diri padaNYA, bukan dengan mengejar kesenangan dan kesuksesan duniawi.

Demi Allah... kesenangan Duniawi hanya akan melalaikan kita. Hanya keta’atan lah yang mampu membawa kita pada keRidhoan NYA.

Teman-teman Ta'lim

Para Perindu Surga… Tengah malam adalah waktu yang lebih dicintai oleh Allah Azza Wajall, lebih deket dengan rahmatNYA, lebih mampu menghadirkan hati, jauh dari kesibukan, dengan dengan keikhlasan, lebih mudah mengkristalkan cita-cita dihadapan Allah SAW, namun diluar itu semua ada sesuatu yang jauh lebih penting yang terjadi pada waktu itu yaitu turunnya Allah Azza Wajalla dari langit kedunia.  Rasulullah saw bersabda, “Allah tabaaraka wata’aala turun setiap malam ke langit bumi, ketika malam tersisa sepertiga terakhir. Ia berkata, ‘Adakah yang memohon kepada-Ku agar Aku kabulkan, adakah yang meminta kepada-Ku agar Aku berikan, adakah yang memohon ampun agar Aku ampuni.’” (HR. Bukhari-Muslim)

Di antara ibadah sunah yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW adalah shalat malam (Tahajud). Rasulullah mengerjakannya hingga kedua telapak kaki beliau bengkak-bengkak.

Tahajud merupakan ibadah yang disyariatkan sebagai rahmat, tambahan kebaikan, dan keutamaan .

Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Semoga Allah merahmati laki-laki yang bangun malam, lalu melaksanakan shalat dna membangunkan istrinya. Jika sang istri menolak, ia memercikkan air di wajahnya. Juga, merahmati perempuan yang bangun malam, lalu shalat dan membangunkan suaminya. Jika sang suami menolak, ia memercikkan air di wajahnya.” (HR. Abu Daud)

Sejarah telah mencatat bahwa Rasulullah Saw dan para sahabat selalu melaksanakan shalat tahajud. shalat tahajud adalah shalat yang sangat mulia.

Begitu banyak keutamaan-keutamaan yang didapat oleh Ahli Tahajud , diantaranya sholat tahajud tersebut merupakan :

-. Shalat Tahajud sebagai tiket masuk surga
Abdullah Ibn Muslin berkata “kalimat yang pertama kali ku dengar dari Rasulullah Saw saat itu adalah, “Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, bagikanlah makanan, sambunglah silaturahmi, tegakkan lah shalat malam saat manusia lainnya sedang tidur, niscaya kalian masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).

Begitu hebatnya tahajjud, melalui tahajud para ahli tahajjud mendapatkan mendapatkan tiket menuju surga, Surga adalah tempat Impian muslim/mah didunia ini. Dan salah satu yang bisa mendapatkannya adalah ahli tahajjud.
"Pada hari Kiamat, manusia dihalau di tanah lapang, kemudian malaikat berseru 'Mana orang yang sholat Tahajud', hanya sedikit yang bangkit. Mereka lantas dipersilahkan masuk surga, tanpa dihisab".(HR Baihaqi).

Indahnya Surga bagi ahli tahajud Allah ceritakan dalam Surah Az Zariyat : 15-18 :

Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada di dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka adalah telah berbuat baik sebelumnya (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah).” (QS. Az Zariyat: 15-18)

Ayat di atas menunjukkan bahwa orang yang senantiasa bertahajud Insya Allah akan mendapatkan balasan yang sangat nikmat di akhirat kelak.

Saya bisa pastikan semua yang ada disini inginkan Surga sebagai tempat peristirahatan terakhir nantinya, tak ada yang ingin beristirahat dinerakanya Allah.

Karna itulah teman2 Ta'lim, tetaplah kuatkan azzam untuk bertahajud agar kita mampu meraih surganya Allah kelak, jangan pernah lelah melakukannya,

Tahajud juga merupakan Sarana Pengabulan permohonan ...

Allah SWT berjanji akan mengabulkan doa orang-orang yang menunaikan shalat tahajud dengan ikhlas.

Rasulullah Saw Bersabda,
“Dari Jabir berkata, bahwa nabi Saw bersabda, “Sesungguhnya di malam hari , ada satu saat yang ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah memberinya, Itu berlangsung setiap malam.” (HR. Muslim)

Shalat malam adalah sarana  Penghapus dosa dan kesalahan ...

Dari Abu Umamah al-Bahili berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Lakukanlah Qiyamul Lail, karena itu kebiasaan orang saleh sebelum kalian, bentuk taqarub, penghapus dosa, dan penghalang berbuat salah.” (HR. At-Tirmidzi)

Dan jga Jalan mendapat tempat yang terpuji ...

Allah berfirman,

“Dan pada sebagian malam bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’:79)

Dan  Pelepas ikatan setan ...

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Setan akan mengikat kepala seseorang yang sedang tidur dengan ikatan, menyebabkan kamu tidur dengan cukup lama. Apabila seseorang itu bangkit seraya menyebut nama Allah, maka terlepaslah ikatan pertama, apabila ia berwudhu maka akan terbukalah ikatan kedua, apabila di shalat akan terbukalah ikatan semuanya. Dia juga akan merasa bersemangat dan ketenangan jiwa, jika tidak maka dia akan malas dan kekusutan jiwa.”

Serta merupakan  Waktu utama untuk berdoa ...

Amru Ibn ‘Abasah berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah Saw, “Ya Rasulullah! Malam apakah yang paling di dengar?”, Rasulullah Saw menjawab, “Tengah malam terakhir, maka shalat lah sebanyak yang engkau inginkan, sesungguhnya shalatwaktu tersebut adalah maktubah masyudah (waktu yang apabila bermunajat maka Allah menyaksikannya dan apabila berdoa maka didengar doanya)” (HR. Abu Daud)

Yang menginginkan untuk Meraih kesehatan jasmani maka tahajjudlah

“Hendaklah kalian bangun malam. Sebab hal itu merupakan kebiasaan orang-orang saleh sbelum kalian. Wahana pendekatan diri pada Allah Swt, penghapus dosa, dan pengusir penyakit dari dalam tubuh.” (HR. At-Tarmidzi)

-. Penjaga kesehatan rohani ...

Allah SWT menegaskan bahwa orang yang shalat tahajud akan selalu mempunyai sifat rendah hati dan ramah. Ketenangan yang merupakan refleksi ketenangan jiwa dalam menjalani kehidupan sehari-hari di masyarakat.

Allah Berfirman, “Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS. Al-Furqan: 63-64)

Subhanallah .. Shalat tahajud benar-benar dahsyat dalam meraih kebaikan dunia akhirat ..

Namun seseorang tak kan mampu merasakan nikmatnya sholat, indahnya bermunajat, asyiknya berkhalwat dengan Allah jika sholat belum menempati tempat utama dihatinya.

Sholat bagi mereka ini hanyalah melakukan gerakan berdiri, rukuk dan sujud saja, tanpa merasakan apa2.

Dan karna itulah Shalat begitu berat untuk dilaksanakan, apalagi sholat malam, disaat orang-orang terlena dalam mimpi indah dikasur kasur empuk, jika bukan karna kecintaannya maka dia tak akan mampu bangkit meninggalkan kehangatan selimut mereka.

Alangkah patut kita renungkan ungkapan dari Abu Sulaiman Aldarani “ jika seseorang yang lalai belum pernah menangis sepanjang hidupnya, kecuali nikmatnya sholat malam yang tak pernah ia kerjakan, sepantasnya ia menagisi hal tersebut hingga ia meninggal dunia.”

Wahai saudariku…

bangunlah dan kerjakanlah sholat malam, karna sholat malam adalah pemberi syafa’at. Menangislah ditahajjudmu, karna tangisan itu sahabat yang sholeh, masuklah dalam kumpulan orang-orang yang tahajjud, dan lemparkanlah dirimu dalam kesendirian dengan penuh kerendahan.

Saudariku yang terlalu banyak tidur adakah sesuatu yang membuatmu terganggu? Dibawahmu ada surga yang dipenuhi kemewahan, diatasmu ada neraka yang apinya dinyalakan, dan kuburanmu telah disiapkan.

Ketahuialah saudariku siapa saja yang membiasakan banyak tidur, dia tidak akan melihat apa-apa kecuali mimpi belaka.

Sekarang setelah kita diseru dan ditawari surga, daftar nama nama yang memperolahnya pun telah keluar dan mereka telah mendapat tanda masuk, masih kah kita sekarang akan tidur lelap?

Jika kita menyaksikan rombongan mereka yang beruntung , kita akan lihat para syuhada telah mengorbankan yang termahal dari apa yang mereka punya, sehingga menempati barisan terdepan.

Kita juga akan menjumpai para ahli ibadah yang gigih menyusul, sementara permintaan tolong terdengar dalam hamparan tikar penyesalan dikeheningan malam dalam isak tangis mereka.

Masih saja tenggelam dalam tidur lelap, yang tidak bersedih karna rugi, apa yang yang didapat jika telah kehilangan surga?

Alangkah ruginya para pelaku maksiat. Sungguh tercelanya orang orang yang lalai. Betapa sengsaranya orang orang yang memilih terlelap didalam nyenyaknya tidur.

Wahai para perindu surga bangun disunyinya malam akan membuat surga tertarik memanggilmu. Airmata pendosa dihamparan sajadahnya akan mampu menyiram panasnya api neraka. Hanya orang orang yang punya azzam serta mau mengorbankan nyenyak nya tidur yang mampu menikmatinya.

Sholat malam melatih diri untuk slalu terikat dengan Allah,membiasakan jiwa untuk slalu melakukan hal hal yang penting dan utama.

Sholat Malam adalah madrasah bagi para ahli ibadah untuk menyalakan api semangat, menyebarkan cahaya dalam pengharapan yang ditutupi oleh gelapnya jahiliyah.  Menjadi Madrasah Agar mampu menjadi individu individu yang yang mencerminkan sifat2 kebaikkan, sifat2 Rabbani.

Lihatlah orang2 sholeh telah meraih ketakwaan, mereka telah melihat kebenaran, sementara hati kita masih saja buta, malam telah menjinakkan mereka, cahaya mereka melebihi terangnya bintang, slalu memunajatkan zikir dimalam malam yang mereka lewati, hidup mereka baik, hati mereka tercurah untuk dzikir, airmata mereka bak susunan Mutiara yang indah dan berkilau , ampunan Allah adalah sebaik baik balasan untuk mereka.

Saudariku… kembalilah pada Tuhanmu, bersimpuhlah dihadapanNYA, hadapkanlah hati dan wajahmu padaNYA, bertekadlah, bertawaqallah kepadaNYA…. Lihatlah Allah tersenyum dan memberi kabar gembira untukmu, beruntunglah wahai para pelaku sholat malam dengan limpahan pahala yang akan engkau dapatkan.

Demikian saja dari saya malam ini, semoga bermanfaat.
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

✍๐Ÿป *Tanya jawab :*

1⃣ ๐Ÿ™‹๐ŸผRika

Bagaimana cara nya supaya bisa istiqomah tahajjud. Terkadang rasa males suka terjadi. Syukron

✍๐Ÿป✍๐Ÿป
Na'am Mba Rika... Males ini yang sering melanda kita, apalagi kalo udara lagi dingin... enaknya selimutan, udah kebangun eee tidur lagi... puleees deh
Tapii kita tak boleh menyerah pada kata MALES , karna itu datangnya dari Setan yang sengaja menghembuskannya ke kita, dia kan musuh kita yang nyata, karnanya harus berjuang mengalahkan yang namanya setan, musuh didunia saja kita akan mati2an untuk mengalahkannya, apalagi musuh kita dunia akhirat, harus.. Wajib... Kudu kita kalahkan... jangan malah dibiarin dia makin enak dan makin nyaman karna kita tunduk dibawah perintahnya.

Mba Rika... apapun yang kita ingin lakukan.. ibadah apapun, kenali dulu apa dan bagaimana ibadah tersebut, makin kita kenal, maka akan makin cinta kita terhadapnya, dengan CINTA itulah rasa malas akan kita kalahkan.

Kenali Allah yang telah meciptkan kita, Beliau yang minta kita untuk lakukan ini, semakin kita kenal dengan Allah akan semakin cinta kita pada beliau, jika udah cinta maka apapun yang Allah minta akan kita lakukan dengan senang hati, layaknya dua sejoli yang lagi jatuh cinta, hujan badai tak dirasa.

Sudah sifat manusia jika memberi pasti ingin diberi juga, nah cari tau apa saja yang kita dapat jika kita melakukan ibadah2 tertentu.

Inilah sedikit cara agar kita bisa istiqomah dan mampu melawan rasa males, dan masih banyak cara2 lainnya.

Wallahu a'lam

2⃣nur

Mengapa seseorang terkadang susah sekali untuk tahajjud.. Apakah ada hubungannya dengan amalan yg dilakukan di siang hari

✍๐Ÿป✍๐Ÿป
Baik  Mba Nur....

Rasa berat untuk berbuat baik ( ibadah ) itu cukup banyak faktor yang mempengaruhinya, salah satunya adalah amalan disiang hari, siang hari untuk saat ini, sangat2 banyak dosa bertebaran dimana mana, dikantor.. ajang ghibah... ajang Riya' , ajang tanding2an baju.. tas.. pakaian... dan terkadang mulut suka kurang kontrol dalam bicara, mata juga suka kurang kontrol dalam melihat, becanda juga kadang kelewat batas, ketawa pun kurang terkontrol padahal tertawa bisa mematikan hati, mengeraskan hati, kesibukan keseharian kadang membuat kita lalai dan alpha dari mengingat Allah... Hal Hal ini telah mengotori hati kita, hingga kita berat untuk berbuat kebaikkan. karnanya slalulah beristighfar , jaga hati dari kealphaan mengingat Allah.

Wallahu a'lam

3⃣uti

assalamualaikum.mau bertanya.bagaimana.kita sdh istiqomah tahajud.namun terkadang keistiqomahan itu luntur kala.kita libur sholat.shgg setelah libur sholat sering keblablasan.bunda.mohon tips...nya

atau bolehkah walaupun kita libur sholat.ttp bangun malam.amalan apa.yg boleh dilakukan sebagai pengganti sholat malam.bagi yg libur sholat..biar bisa tetap istiqomah dlm bangun dan sholat tahajud

✍๐Ÿป✍๐Ÿป
'Alaikumussalam mba Uti....
Jawabannya ada pada pertanyaan mba uti... tetap bangun dan lakukan dzikir2 dan amalan2 yang bisa dilakukan disaat haid, jika meyakini boleh tilawah yaa tilawah, kalo tidak baca tafsir, terjemahan , istighfar, sholawatan, baca asmaul husna, Alma'tsurat dll. Insyaa Allah akan menjaga ke istiqomahan kita untuk bangun dimalam hari.

Wallahu a'lam

4⃣ dewi
Tahajud itu krn kita ingin menjadi org yg dicintai AlLah ya Um. Kl setiap kita tahajud krn takut dg dosa2 yg sdh kita lakukan dan jg takut berharap bisa menjadi org yg dicintai AlLah. Itu gimana Um?

✍๐Ÿป✍๐Ÿป
Baik Mba Dewi

Allah itu mencintai orang2 yang takut karna telah berbuat dosa, dengan rasa takut itu dia akan bertaubat, dengan taubat itu dia akan ta'at, makanya jadi lah dia orang yang dicintai Allah azza Wajalla

Kenapa mesti takut berharap dicintai Allah? kita melakukan amalan2 kebaikkan dengan sendirinya telah mengundang cinta Allah yang lebih besar, karna sejatinya Allah mencintai kita melebihi cinta orang tua kita sendiri, bagaimana tidak? apa yang Allah tidak berikan untuk kita dari awal kita tercipta? semua kebutuhan kita diberikan secara PAS takarannya, nggak ada yang kelebihan, nggak ada yang kurang. hanya saja kadang gaya hidup kita yang membuat kebutuhan kita ada yang jadinya lebih dan ada yang jadinya kurang.

wallahu a'lam

5⃣uti

dan waktu yg sangat baik saat tahajud itu kapan.kah...tahajud tidur dulu lalu sholat subuh.atau waktu tahajud yg mendekati sholat subuh...bunda..

Waktu tahajjud itu adalah sepertiga malam, sebelum subuh.

6⃣ Hema bertanya๐Ÿ™‹๐Ÿผ

Surat apa yang paling dianjurkan utk dibaca saat shalat tahajut dan  doa  yang paling baik dipanjatkan ?

✍๐Ÿป✍๐Ÿป
Baik Mba Hema.... Sebenarnya tak ada ayat yang benar benar dianjurkan, jadi ayatnya bebas, boleh baca surat yang panjang atau yang pendek, kalo surat pendek biasa dianjurkan surat Al Ikhlas dan Al Kafirun , namun sekali lagi tak ada surat yang benar2 dianjurkan, silakan baca apa yang kita hafal, atau jika mau baca ayat yang panjang tapi belum hafal boleh sambil melihat mushaf.

Dan untuk do'a , do'a itu adalah permohonan kita kepada Allah azza wajalla , jadi berdo'alah sesuai dengan apa yang kita inginkan, dengan bahasa yang kita mengerti, sesuai dengan tata cara berdo'a.

Wallahu a'lam

๐Ÿ‘ญ Hrs tdr dl atau gk? Krn ad 2 riwayat..ad yg blg boleh ad yg blg gk?
๐Ÿ‘ฐ Kl dikhawatirkan nanti nya ketiduran , mungkin karna lelah yang amat sangat, maka qiyamullailnya boleh sebelum tidur, namun Afdhalnya sesudah tidur.

Wallahu a'lam

7⃣ mod

Tanya bunda๐Ÿ˜Š

Pernah baca riwayat, bhwa klu Rasulullah SAW tdk bangun unt thjjud mka baginda ganti dengn sholat pada waktu dhuha..
Benarkah sprti itu? Dan apakh beda niat dng pelaksanaan sholat dhuha?

✍๐Ÿป✍๐Ÿป
Na'am Mba Su

Bagi orang yang memiliki kebiasaan tahajud, kemudian tidak sempat mengerjakannya karena sebab tertentu, dianjurkan untuk menqadhanya. Waktunya adalah antara subuh sampai menjelang zuhur. Berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

ู…ู† ู†ุงู… ุนู† ุญุฒุจู‡ ุฃูˆ ุนู† ุดูŠุก ู…ู†ู‡ ูู‚ุฑุฃู‡ ููŠู…ุง ุจูŠู† ุตู„ุงุฉ ุงู„ูุฌุฑ ูˆุตู„ุงุฉ ุงู„ุธู‡ุฑ ูƒุชุจ ู„ู‡ ูƒุฃู†ู…ุง ู‚ุฑุฃู‡ ู…ู† ุงู„ู„ูŠู„

“Siapa saja yang ketiduran, sehingga tidak melaksanakan kebiasaan shalat malamnya, kemudian dia baca (mengerjakannya) di antara shalat subuh dan shalat zuhur maka dia dicatat seperti orang yang melaksanakan shalat tahajud di malam hari.” (Hr. Muslim, Nasa’i, Abu Daud, dan Ibnu Majah)

Wallahu a'lam

๐Ÿ‘ญ niatnya tahajud atau dhuha?
๐Ÿ‘ฐ Niatnya tahajjud mba , istilahnya mengqada tahajjud, ini catatannya " Bagi yang sudah terbiasa tahajjud dan ketiduran yaa... bukan karna malas bangun.

8⃣ uti

doa doa yg dihaturkan saat sholat tahajud.itu apakah selalu akan dikabulkan sama Allah...bunda??

✍๐Ÿป✍๐Ÿป
Insyaa Allah mba Uti.. Janji Allah itu PASTI, Allaah tak pernah ingkar janji, Allah telah berjanji untuk mengabulkan Do'a Do'a hambaNYA, hanya saja Allah lebih tau kapan do'a itu dikabulkan, apakah segera atau diundur dulu, Allah yang Maha Thu kapan waktu yang tepatnya. kalo tidak pernah terkabul didunia, maka Allah akan kabulkan doa itu diakhirat nantinya, karana Allah tau diakhiratlah permohonan itu kita butuhkan.

Wallahu a'lam

๐Ÿ‘ญ Kl suami kita gak mau bangun, utk tahajud, gimana Um?
๐Ÿ‘ฐ kalo nggak mau... bujukin.... ajak dengan baik baik, masih nggak mau... biarkan... besok ajak lagi... begitulah seterusnya sambil dikasi ilmu2 tentang indahnya tahajjud.

๐Ÿ‘ญ Paling...afdhol jam brp bunda...buat bangun...
Klo shubuh jam 4?
๐Ÿ‘ฐ kalo subuh jam 4 , bangunnya jam setengah 3 atau jam 3, tapi kalo dah jam 3 dapatnya sedikit.

๐Ÿ‘ญ Klu kebangun dah mendekati sbh gmn..10 mnt pas org ngaji gmn?
๐Ÿ‘ฐ Sblm msuk waktu shubuh masih boleh mb.

9⃣ mod

Pada awal membiasakn unt tahajjud.. yg paling ditakuti adalh ngantuk pd siang hari. Pdhal ngantor.

Mungkin ada tips unt hal tsb,  bunda..

✍๐Ÿป✍๐Ÿป
kalo ngantuk dikantor ... ngopiiii๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

kalo ngantuk... bawa wudhu lah.. menjelang terbiasa.

Rubah mindsetnya..
Justru sy klo g tahajud bawaannya mls dan ngantuk mulu..malah jd kbnykn tdr palagi tdr siang hehe.

ini salah satunya.. jangan perintahkan otak untuk ngantuk disiang hari , sama halnya saat kita puasa, otak dari sahur udah dibisikin kalo tubuh disuruh puasa, maka lapar akan berlalu dengan sendiri, nggak lapar lapar amat pas puasa, begitu juga dengan ngantuk.... instruksikan ke otak bahwa besok siang jangan ngantuk, semangat kerja.
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
http://suarniamin.blogspot.co.id/ ➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Tidak ada komentar:

Posting Komentar