Sabtu, 22 Oktober 2016

Be Better Muslimah

*Notulensi Kajian OnLine*
*Sahabat ODOJ*
28 Sept '16
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

*```"BE BETTER MUSLIMAH"```*
By : Uztadzah Puji

🍈🍉🍈🍉🍈🍉🍈🍉
Dilahirkan menjadi manusia, khususnya menjadi perempuan adalah sebuah qodho dari Allah, yang karenanya tidak akan ditanya kenapa kita jadi wanita. Namun yg ditanya adalah, dengan menjadi wanita. Kamu sudah berbuat apa? Sudah beramal apa?

🍉🍈🍉🍈🍉🍈🍉🍈

Berbicara tentang wanita. Sungguh ia adalah makhluk unik yang Allah ciptakan di muka bumi ini, contohnya seperti ini 😊

🌸WANITA ITU ANEH TAPI NYATA🌸

Jangan protes ya yg merasa wanita. Murni ini suara hati laki-laki...😁

Wanita : bajunya bagus yah?
Pria : beli
Wanita : tapi mahal
Pria : demi istri
Wanita : lagi banyak keperluan bulan ini
Pria : ya udah ga usah
Wanita : Ok, mau deh
Pria : .....*nyinggg..
 --
Wanita : aku bagus ga pake ini?
Pria : Bagus
Wanita : tapi kayaknya aku keliatan
gemuk kalo pake ini
Pria : ya udah pake yang lain
Wanita : tuh kaan...AKU GEMUK!
Pria : ' *tepok jidat
 --
Pria : baju barunya bikin kamu makin
cantik
Wanita : ooo...jadi kalo pake baju lain
aku jelek?
Pria : *kejang2*
 --
Pria : Aku anter ya
Wanita : Ga usah, aku bisa sendiri
Pria : Yaa deh
Wanita : kamu tega aku pulang
sendirian?
Pria : *gigit sepatu*
 --
Pria : maafin aku ya...kamu gpp kan?
Wanita : Aku gpp
Pria : Oke, good
Wanita : KAMU GAK SENSITIF!
Pria : *mimisan*
 --
Wanita : Aku dong, beli sepatu ini
150rb, murah ya?
Pria : Di toko sana 145rb
Wanita : APAAA...!?!?!
Pria : *selisih goceng doang*
 --

Wanita : jangan hub aku lagi!
Pria : kenapa?
Wanita : males sama kamu
Pria : Iya
*esoknya*
Wanita : Kamu kebangetan ya,
bukanya baikin aku, malah ngilang!!!
 --
Wanita : cantik mana aku sama dia?
Pria : kamu
Wanita : bohong!
Pria : ya udah, cantik dia
Wanita : kamu jahat! kita putus!
 --
Pria : Tasnya 500 ribu
Wanita : Mahal, ga usah
Pria : kalo yang ini 1,2jt disc 50%
Wanita : wow! harus dibeli ni, jarang"
ada diskon 50%
Pria : *sama aja boong*
 --
Wanita : baju merah/hitam?
Pria : yang merah OK
Wanita : hitam juga bagus kan?
Pria : iya sih
*ujung2nya pake yang krem*
 --
Wanita : BBM-an yuk
Pria : lagi kerja
Wanita : Kamu jahat!
Pria : Oke Oke, ada apa?
Wanita : bentar-bentar... ada PING!
Pria : *Ngelus-ngelus dada
 --
Pria : Mau makan apa?
Wanita : terserah
Pria : ayam?
Wanita : berminyak
Pria : ikan?
Wanita : nggak ah, amis
Pria : trus makan apa?
Wanita : terserah!
Pria : *stroke*
--
Wanita : Eh dia cantik yah?
Pria : iya, cantik
Wanita : cantik mana sama aku?
Pria : ...(trauma)
Wanita : CANTIK MANAAA...!!
Pria : Cantikan kamu-lah
Wanita : bohong!!!
:D :D :D
Sumber: Kasih tau gak yaa..😜

# buat yg lagi sibuk biar relax ga tegang.......

 Hehehe gimana? Apakah merasa demikian? 😬😬😬
Pada senyum senyum yah 😬😬😬

Masyaa Allah betapa menjadi wanita itu harus sangat kita syukuri sekali. Pertanyaan selanjutnya, setelah bersyukur atas nikmat menjadi wanita apa lagi? Harus kita syukuri pula nikmat beragama islam yg dimana dalam islam, wanita itu disebut dengan muslimah.

🍞🧀🍞🧀🍞🧀🍞🧀
Muslim (bahasa Arab: مسلم Muslim) adalah secara harfiah berarti "seseorang yang berserah diri kepada Allah", termasuk segala makhluk yang ada di langit dan bumi.[1] Kata muslim kini merujuk kepada penganut agamaIslam saja, kemudian pemeluk pria disebut dengan Muslimin (مسلمون) dan pemeluk wanita disebut Muslimah (مسلمة‎) adalah sebutan untuk wanita Islam.

🧀🍞🧀🍞🧀🍞🧀🍞

Berangkat dari kata muslim yang artinya seseorang yang berserah diri kepada Allah, sudahkah kita menjadi sebenar-benarnya muslimah? Sebenar-benarnya orang yg berserah diri kepada Allah?

👭 In syaa Allah semuaa yg disni lgi belajar menjadi sebenar2ny muslimah.. ustazah...😘😍

👰 Iya kita semua sama sama belajar😘😘

Wanita atau muslimah merupakan makhluk yang sangat dimuliakan oleh islam. Betapa tidak? Wanita muslimah diwajibkan untuk menutup auratnya, menjaga pergaulannya, menjaga diri dsb. Betapa banyak sekali aturan islam yang sangat memuliakan wanita.

🍍🍋🍍🍋🍍🍋🍍🍋🍍

 Ingatkah tentang KISAH wanita yg diceritakan dalam ar-Rahiq al-Makhtum karya Syaikh Shafiyurrahman Mubarakfury, bahwasanya ada seorang wanita Arab yang datang ke pasarnya orang Yahudi Bani Qainuqa.

Dia duduk di dekat pengrajin perhiasan. Tiba-tiba beberapa orang di antara mereka hendak menyingkap kerudung yang menutupi wajahnya. Diam-diam tanpa diketahui Muslimah tersebut, pengrajin perhiasan ini mengikat ujung jilbabnya, dan ketika ia bangkit, auratnya seketika itu juga tersingkap.

Muslimah ini spontan berteriak dan seorang laki-laki Muslim yang berada di dekatnya melompat ke pengrajin perhiasan itu dan membunuhnya. Orang-orang Yahudi kemudian membalas dengan mengikat laki-laki Muslim tersebut lalu membunuhnya.

Kejadian ini membuat kesabaran Rasulullaah Shallahu’alaihi Wassallam habis ketika sebelumnya mereka berupaya mengadu domba Aus dan Khazraj sehingga hampir saja di antara kedua suku ini terjadi peperangan, mengganggu kaum Muslimin dan mengabaikan nasihat Rasulullaah Shallahu’alaihi Wassallam. Rasulullaah Shallahu’alaihi Wassallam bersama pasukan kaum Muslim berangkat menuju tempat Bani Qainuqa dan mengepung mereka dengan ketat.

Bani Qainuqa yang pongah dan sombong ini akhirnya bertekuk lutut dan menyerah setelah dikepung selama 15 hari. Allah Subhanahu Wata’ala memasukkan rasa gentar dan takut ke dalam hati orang Yahudi ini.

Hampir saja semua kaum laki-laki Bani Qainuqa ini dihukum mati oleh Rasulullaah Shallahu’alaihi Wassallam. Namun keputusan itu berubah ketika dedengkot kemunafikan, Abdullah bin Ubay mendesak Rasulullaah Shallahu’alaihi Wassallam untuk memaafkan mereka. Dan akhirnya Rasulullaah Shallahu’alaihi Wassallam bermurah hati dan memerintahkan Bani Qainuqa ini untuk pergi sejauh-jauhnya dan tak boleh lagi tinggal di Madinah.

Next yah

Luar biasa bukan? 😊😊

🍝🍕🍝🍕🍝🍕🍝🍕

Setelah membaca betapa luar biasanya islam dalam melindungi wanita khususnya muslimah. Selanjutnya gimana sih biar kita jadi "be better muslimah?"

🍝🍕🍝🍕🍝🍕🍝🍕

Check this out 😊😊

1. Mengkaji ilmu agama

Menuntut ilmu merupakan hal pertama yg harus dilakukan agar kita jadi be better muslimah. Bagaimana kita bisa menjadi lebih baik kalau ilmunya aja kita gak tahu? 😊😊

🍧🍰🍧🍰🍧🍰🍧🍰

2. Berteman dengan orang-orang sholeh

Setelah mengkaji, tentu kita butuh teman yang berperan untuk menjaga kita dalam keataatan. Berteman dgn orang2 sholeh amatlah penting untuk menjaga diri kita, agar semakin kuat kita bertahan dalam keistiqomahan, karena dengan bersama sama. Semua akan lebih mudah.

And finally, kunci terakhirnya 🔑🔑🔑🔑🔑🔑

3. *ISTIQOMAH*

Dalam menjalankan syari’at, sebagai seorang hamba kita diperintahkan untuk istiqamah. Istiqamah adalah menempuh jalan yang lurus, yaitu agama yang lurus tanpa membengkok ke kanan maupun ke kiri. Dan hal ini mencakup ketaatan secara kesuluruhan, baik lahir maupun batin serta meninggalkan segala bentuk larangan.

Allah Ta’ala  berfirman:

فَاسْتَقِيمُوا إِلَيْهِ وَاسْتَغْفِرُوهُ

…” Maka tetaplah pada jalan yang lurus menuju kepadaNya dan mohonlah ampun kepadaNya,,” (QS Fushshilat: 6)

Allah Ta’ala juga berfirman:

فَاسْتَقِمْ كَمَا أُمِرْتَ

“Maka tetaplah kamu pada jalan yang lurus (benar), sebagaimana diperintahkan kepadamu.” (QS Hud:112)

Allah Yang Maha Suci lagi Maha Tinggi memerintahkan Rasul-Nya agar tetap teguh dan senantiasa beristiqamah, sebagaimana yang telah diperintahkan dan dijelaskan oleh Allah.

Dari Abu ‘Amr – ada yang mengatakan Abu ‘Amrah Sufyan bin ‘Abdillah, dia berkata:

قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، قُلْ لِي فِي الْإِسْلَامِ قَوْلًا لَا أَسْأَلُ عَنْهُ أَحَدًا غَيْرَكَ. قَالَ: قُلْ آمَنْتُ بِاللهِ ثُمَّ اسْتَقِمْ

Aku berkata: “Ya Rasulullah, katakanlah kepadaku satu perkataan dalam islam, yang aku tidak akan bertanya lagi kepada seorangpun selain anda.” Beliau bersabda : “Katakanlah: Aku beriman kepada Allah kemudian Istiqamahlah. (HR. Muslim)

Pelajaran dari hadits ini antara lain:

Semangat dan antusias para sahabat terhadap ilmu. Hal ini ditunjukkan dengan adanya berbagai pertanyaan kepada Rasulullah.Seseorang hendaknya menanyakan pertanyaan yang mencakup dan mencukupi sehingga dia tidak tersamarkan dari banyak ilmu yang akhirnya akan bercampur.Orang yang melalaikan kewajiban berarti tidak istiqamah. Bahkan telah terjadi penyimpangan darinya.Sebaiknya bagi seorang hamba untuk senantiasa mengawasi diri dan jiwanya. Dia seharusnya memeriksa diri apakah dia istiqamah atau tidak. Jika dia mendapati dirinya istiqamah maka hendaknya dia memuji Allah kemudian memohon ketetapan dan kekokohan kepadaNya. Namun, jika dia belum istiqomah maka wajib baginya untuk menempuh jalan istiqomah.

Kiat-kiat agar seorang hamba bisa istiqamah

Memperkuat imannya.Membekali dengan ilmu yang bermanfaat yaitu Al Qur’an dan As Sunnah.Mempelajari tentang kisah para Rasul dan ulama karena mereka diuji dengan ujian berat tetapi  tetap bisa istiqamah.Kesabaran dan keyakinan. Sabar menjalani konsekuensi kehidupan ini. Salah satu kegagalan yang dialami manusia adalah karena ketidak sabarannya.Mengisi kehidupan dengan amal yang salih.Senantiasa berdoa kepada Allah agar diberi ketetapan hatinya.

Yaa muqallibal quluub, tsabbit qalbi ‘alaa diinik

Wallahu a’lam



Sumber: https://muslimah.or.id/4262-menjadi-muslimah-yang-istiqamah.html
➖➖➖

*Tanya Jawab :*

1⃣ Tanya ustadzah🙋
Knp wanita muslimah lbh cantik dgn memakai hijab?

*Jawab :*
Itu sih emang point plus dari Allah, kaya permen yang masih dibungkus yg jatuh ke tanah dan permen yg gak dibungkus yg jatuh ke tanah. Cantikan yang mana? Tentu yg masih dibungkus, kalau yg udah ga dibungkus kan jadi kotor 😬😬😬

2⃣ Tanya ustadzah..
 Jaman sekarang ini byk yg mengaku muslimah sejati tp blm mau berhijab.. Katanya belum ada hidayah..
Gimana tanggapan ustadzah?
Maturnuwun

*jawab*
Iman itu diucapkan dengan lisan, diyakini dengan hati dan dilakukan dengan perbuatan. Kemungkinan seseorang masih 'malas' berhijab atau melakukan hukum syara' itu ada 2 kemungkinan :
1. Sudah tahu tapi malas melakukan
2. Tidak tahu dan malas mencari tahu

Untuk kasus yang pertama biasanya, hawa nafsu belum bisa dikendalikan, jadi tadi, hanya sebatas mengaku muslimah, namun belum dilakukan dengan action, jadi iman hanya sebatas rangkaian kata belaka. Kasus ini biasanya, selalu mengeluarkan jurus andalan yaitu 'dalih'. Misal : kenapa belum berhijab? Nanti saja kalau sudah baik. Kenapa belum berhijab? Mau hijabin hati dulu dsb.

Kondisi kedua, emang sengaja gak nyari tahu karena kalau tahu nanti malah jadi gak boleh segalanya. Kalau udah tahu kewajiban berhijab nanti harus berhijab, mendingan gak usah tahu 😅😅

Dan yang terpenting, lingkungan juga yg membuat seseorang tetap pada kondisi ' gelap'. Maka penting buat cari lingkungan yg baik agar kita semakin baik 😊😊 bukankah Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum jika bukan kaum itu sendiri yg merubahnya?😊😊

3⃣Mau tanya ustadzah 🙋
Apa tanggapan ustadzah tentang seorang wanita yang berhijab tetapi masih terlihat lekuk tubuhnya. Zaman sekrang lag marak maraknya mereka para muslimah berkerudung tetapi baju meraka ketat

*jawab*
Kalau yg ini mungkin karena beliau belum paham sepenuhnya tentang bagaimana caranya berhijab yg disyari'atkan oleh agama. Jadi cuman ikutan ngetrend, krn alhamdulillah skrg hijab syar'i lagi ngetrend yah😬😬   berarti tugas kita nih yg udah paham untuk bahu membahu mengingatkan muslimah lain bagaimana seharusnya berhijab 😘😘😘

4⃣Saya prnh di marahi sama pengendarai lain krn pake hijab lebar..katanya kain sepray yg di pake apa gak ada lg yg lbh lebar😭😭😭

*jawab*
Yang punya surga Allah kok, bukan dia. Jadi biarkanlah omongan yg kaya gitu mah 😘😘 keep istiqomah tysay😘😘

5⃣Bagaimana mengantisipasi bagi muslimah yg notabene sbg agen dakwah terhindar dr virus baper. Agar tdk kontradiktif dg syiar yg dilakukan

Jazkllh khoir

*jawab*
Hehe kalau itu siiiihh.🤔🤔🤔
Gimana yah? Hmmm 🤔🤔
Yang jelas, karena wanita itu terbuat dari tulang rusuk, maka ia adalah makhluk yg paling peka dengan perasaan. Jadi, whe baper is coming, close to Allah 😊 jauhi hal hal yg bikin baper, karena baper berkaitan dengan salah satu naluri, dimana naluri bisa bangkit kalau ada rangsangan, jd biar gak baper jauhin hal yg bikin bapernya dan terus mendekat sama Allah. Alihkan kebaperannya 😘😘

6⃣ Bagaimana kita menanggapi bila melihat tmn yg pake hijabnya buka tutup...Di nasehati gak mau malah kita di suruh urus sendiri diri kita😞

*Jawab :*
Yang jelas kita hanya bisa mengingatkan, urusan dia nurut atau enggak, itu urusan dia dengan Allah 😘😘 tetap semangat 😘

7⃣ Dan bagaimana kita sebagai wanita muslimah yg trtutup dgn hijab syar'i trhindar dari fitnah dunia?

*Jawab :*
Mencari ilmu agama sebanyak banyak nya, mencari teman yg sholihah sebanyak-banyaknya dan istiqomah dalam kebaikan 😘😘

Tebarkan kebaikan, kita yang harus mempengaruhi, bukan lingkungan yg buruk yg mempengaruhi kita 😘😘 bisa pilih kosakata yg cantik, pake buku misal, pake gambar gambar atau status bisa 😘😘 tentu ada, islam mengatur ttg pergaulan perempuan dan laki-laki, kita dikhususkan buat berdakwah ke sesama muslimah 😘😘

8⃣Aktivis yang sering kali bertemu dengan ikhwan, padahal sudah jelas ada larangan untuk ikhtilat, lantas apa yang harus dilakukan, mencoba untuk tidak ikut dengan organisasi tsb tapi agak susah yaa.. hheheh ✌🏻

Pernah hapusin kontak semua ikhwan tapi ko yo malah memutus silaturahim, jadi piye ustadzah? 😂

*Jawab :*
Hehehe kalau skrg emg pasti bertemu sm ikhwan, asal alasannya syar'i tapi bukan disyar'i syar'i kan, insyaa Allah masih dibolehkan mba 😊😊

Coba silaturahim itu apa yah?🤔🤔🤔
Saling mengingatkan dan introspeksi diri 😘😘

*Closing Statement :*

Jadilah muslimah yang kaya akan ilmu dan beramar ma'ruf nahi munkar 😊😊

👭

Tidak ada komentar:

Posting Komentar