Minggu, 23 Oktober 2016

Menjaga fitrah ditengah fitnah

✍๐Ÿป *NOTULENSI KAJIAN ONLINE*
_SAHABAT ODOJ_
_JUM'AT, 14 OKTOBER 2016_

*~~~~~~~~~~~~~~~~~~~*

*"Menjaga fitrah ditengah fitnah"*
Oleh: *ustadz Erwan Wahyu Wibowo (R-One)*

‎ุฅِู†َّ ุงู„ْุญَู…ْุฏَ ู„ِู„َّู‡ِ ู†َุญْู…َุฏُู‡ُ ูˆَู†َุณْุชَุนِูŠْู†ُู‡ُ ูˆَู†َุณْุชَุบْูِุฑُู‡ُ، ูˆَู†َุนُูˆุฐُ ุจِุงู„ู„ู‡ِ ู…ِู†ْ ุดُุฑُูˆْุฑِ ุฃَู†ْูُุณِู†َุง ูˆَู…ِู†ْ ุณَูŠِّุฆَุงุชِ ุฃَุนْู…َุงู„ِู†َุง، ู…َู†ْ ูŠَู‡ْุฏِู‡ِ ุงู„ู„ู‡ُ ูَู„ุงَ ู…ُุถِู„َّ ู„َู‡ُ ูˆَู…َู†ْ ูŠُุถْู„ِู„ْ ูَู„ุงَ ู‡َุงุฏِูŠَ ู„َู‡ُ ،َุฃَุดْู‡َุฏُ ุฃَู†ْ ู„ุงَ ุฅِู„َู‡َ ุฅِู„ุงَّ ุงู„ู„ู‡ُ ูˆَุญْุฏَู‡ُ ู„ุงَุดَุฑِูŠْูƒَ ู„َู‡ُ، ูˆَุฃَุดْู‡َุฏُ ุฃَู†َّ ู…ُุญَู…َّุฏًุง ุนَุจْุฏُู‡ُ ูˆَุฑَุณُูˆْู„ُู‡ُ.، ุฃَู…َّุง ุจَุนْุฏُ؛


‎ ุฑٓ ุจِّ ุงุดْุฑَุญْ ู„ِู‰ْ ุตَุฏْุฑِู‰ْ ูˆَูŠَุณِّุฑْู„ِู‰ْ ุงَู…ْุฑِู‰ْ ูˆَุงุญْู„ُู„ْ ุนُู‚ْุฏَุฉً ู…ِู†ْ ู„ِุณَุงู†ِู‰ْ ูŠَูْู‚َู‡ُูˆْุงู‚َูˆْู„ِู‰
‎ูˆَุงุชَّู‚ُูˆุง ูِุชْู†َุฉً ู„ุง ุชُุตِูŠุจَู†َّ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุธَู„َู…ُูˆุง ู…ِู†ْูƒُู…ْ ุฎَุงุตَّุฉً ูˆَุงุนْู„َู…ُูˆุง ุฃَู†َّ ุงู„ู„َّู‡َ ุดَุฏِูŠุฏُ ุงู„ْุนِู‚َุงุจِ

”Dan peliharalah dirimu dari pada fitnah ( siksaan) yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zhalim saja di antara kamu. dan ketahuilah bahwa Allah Amat keras siksaan-Nya.” (Al-Anfaal 25)
Segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya dan meminta pertolongan, pengampunan,dan petunjuk-Nya. Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kita dan keburukan amal  kita. Barang siapa mendapat dari petunjuk Allah maka tidak akan ada yang menyesatkannya, dan barang siapa yang sesat maka tidak ada pemberi petunjuknya baginya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Ya Allah, semoga doa dan keselamatan tercurah pada Muhammad dan keluarganya, dan sahabat dan siapa saja yang mendapat petunjuk hingga hari kiamat.
Good Peoples Sahabat ODOJ yg dirahmati Allah

Fitnah tidak hanya menimpa pelaku perbuatan haram dan zhalim saja, tetapi juga menimpa orang lain.

Menurut Ibnu Abbas ra. terkait dengan tafsir ayat ini, Allah memerintahkan orang beriman untuk tidak mengakui kemungkaran yang terjadi di tengah mereka, kalau mereka mengakui, maka Allah akan meratakan adzab-Nya.
Rasulullah saw. bersabda:

‎ุฅِู†َّ ุงู„ู„َّู‡َ ู„ุง ูŠُุนَุฐِّุจُ ุงู„ْุนَุงู…َّุฉَ ุจِุนَู…َู„ِ ุงู„ْุฎَุงุตَّุฉِ، ุญَุชَّู‰ ูŠَุฑَูˆُุง ุงู„ْู…ُู†ْูƒَุฑَ ุจَูŠْู†َ ุธَู‡ْุฑَุงู†َูŠْู‡ِู…ْ ูˆَู‡ُู…ْ ู‚َุงุฏِุฑُูˆู†َ ุนَู„َู‰ ุฃَู†ْ ูŠُู†ْูƒِุฑُูˆู‡ُ ูَุฅِุฐَุง ูَุนَู„ُูˆุง ุฐَู„ِูƒَ ุนَุฐَّุจَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุงู„ْุนَุงู…َّุฉَ ูˆَุงู„ْุฎَุงุตَّุฉَ

“Sesungguhnya Allah tidak mengadzab masyarakat umum dengan amal keburukan yang dilakukan orang tertentu (khusus), sehingga ketika mereka melihat kemungkaran di antara mereka, dan mereka tidak mengingkari kemungkaran tersebut padahal mampu. Jika mereka melakukan itu, maka Allah menyiksa masyarakat umum dan khusus” (Al-Musnad Ahmad 4/192)

~malam2 baru prolog kok sdh bahas azab n siksa ya๐Ÿ˜‚ ~

Maksud saya begini Good Peoples

gimana spy qta bs menyelamatkan diri qta  dari fitnah dan tidak menjadi bagian dari fitnah?

fitnah itu bs berupa: harta, kekuasaan n wanita
Nah krn good Peoples yg disini para wanita berarti hrs aware ttg fitnah ini 2 sisi; spy terhindar dr fitnah n tdk menjadi sumber fitnah
Bagaimana spy good Peoples wanita2 sholihah dpt terhindar dr fitnah n tdk menjadi sumber fitnah?
Ini yg qta bhs malam ini

1. Senantiasa berdzikir/mengingat Allah
๐Ÿ“ฟdzikir ini g hanya saat sholat or setelahnya

Tp saat beraktifitas jg senantiasa berdzikir/ingat pd Allah

keluar rumah ingat Allah

Berinteraksi / bergaul dg org lain ingat Allah

Bekerja n ditempat kerja ingat Allah

Di kampus/di sekolah ingat Allah
Di rmh bersama keluarga ingat Allah

Dg mengingat Allah qta akan merasakan pengawasan dr Allah
Kl Mo melakukan perilaku menyimpang akan ingat Allah

2. Menjaga diri
๐Ÿ‘ง๐ŸปAkhlaq/perilaku/attitude qta hrs dijaga
Menjaga Izzah/kehormatan/harga diri sbg wanita

~saya kasih tau sebuah rahasia ya
Laki2 itu suka sm wanita yg menjaga diri n perilakunya
krn prinsip Laki2 itu adalah: membangun keluarga itu dimulai sejak memilih isteri

Krn isteri yg kelak menjadi ibu merupakan Madrasah/sekolah pertama bagi ank2
Termasuk menjaga diri ini adalah dlm memilih pakaian
pakaian yg menutup aurat secara syar'i
longgar dan tdk menonjolkan bentuk tubuhnya
Skrg banyak qta jumpai

pakaian tdk menutup aurat, hanya sekedar membungkus

yg msh membuat mata lelaki memandang dg minat

Please jgn 'shodaqoh' pd lelaki

Shodaqoh ke masjid or panti asuhan saja

Termasuk dlm menjaga diri adalah menjaga lisan

Berapa banyak negeri2 yg runtuh krn perkataan wanita

Berapa banyak Laki2 n keluarga hancur gegara perkataan wanita

๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡Ada sebuah kisah
May b pernah dishare ke sini. Sebagai pengingat saja bagi saya n good Peoples  wanita sholih di sini

Lelaki gagah itu mengayunkan pedangnya menebas satu demi satu tubuh pasukan Romawi. Dahulunya dia termasuk dari Tabi’in (270 H) yang hafal Al-Qur’an. Namanya adalah sebaik-baik nama, ‘Abdah bin ‘Abdurrahiim.[1] Keimanannya tak diragukan. Adakah bandingannya di dunia ini seorang mujahid yang hafal Al-Qur’an, terkenal akan keilmuannya, kezuhudannya, ibadahnya, puasa Daudnya serta ketaqwaan dan keimanannya?
Namun tak dinyana terjadi musibah di akhir hayatnya. Dia mati dengan tidak membawa iman Islamnya. Murtad sebagai Nasrani. Padahal dahulunya ia hafal semua isi Al-Qur’an, namun semua hilang tak tersisa kecuali dua ayat saja. Ayat apakah itu? Apa yang melatarbelakangi dia keluar dari Diinullah. Inilah kisahnya:
Pedangnya masih berkilat-kilat memantul cahaya mentari yang panas di tengah padang pasir yang gersang. Masih segar berlumur merahnya darah orang Romawi. Ia hantarkan orang Romawi itu ke neraka dengan pedangnya.
Tak disangka pula, nantinya dirinyapun dihantar ke neraka oleh seorang wanita Romawi, tidak dengan pedang melainkan dengan asmara.
Kaum muslimin sedang mengepung kampung Romawi. Tiba-tiba mata ‘Abdah tertuju kepada seorang wanita Romawi di dalam benteng. Kecantikan dan pesona wanita pirang itu begitu dahsyat mengobrak-abrik hatinya. Dia lupa bahwa tak seorang pun dijamin lolos su’ul khatimah.
Tak tahan, ia pun mengirimkan surat cinta kepada wanita itu. Isinya kurang lebih:
“Adinda, bagaimana caranya agar aku bisa sampai ke pangkuanmu?”
Perempuan itu menjawab: “Kakanda, masuklah agama Nashrani maka aku jadi milikmu.”
Syahwat telah memenuhi relung hati ‘Abdah sampai-sampai ia menjadi lupa akan imannya, tuli peringatan dan buta Al-Qur’an. Hatinya terbangun tembok anti hidayah.
‎ุฎَุชَู…َ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َู‰ ู‚ُู„ُูˆุจِู‡ِู…ْ ูˆَุนَู„َู‰ ุณَู…ْุนِู‡ِู…ْ ูˆَุนَู„َู‰ ุฃَุจْุตَุงุฑِู‡ِู…ْ ุบِุดَุงูˆَุฉٌ ูˆَู„َู‡ُู…ْ ุนَุฐَุงุจٌ ุนَุธِูŠู…ٌ
Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka ditutup. Dan bagi mereka siksa yang amat berat. (QS. Al-Baqarah: 7). Astaghfirullah, ma’adzallah.
Pesona wanita itu telah mampu mengubur imannya di dasar samudra. Demi tubuh cantik nan fana itu ia rela tinggalkan Islam.
Menikahlah dia di dalam benteng. Kaum muslimin yang menyaksikan ini sangat terguncang. Bagaimana mungkin? Bagaimana bisa seorang hafidz yang hatinya dipenuhi Al-Qur’an meninggalkan Allah.
Ketika dibujuk untuk taubat ia tak bisa. Ketika ditanyakan kepadanya, “Dimana Al Quran mu yang dulu???”
Ia menjawab, “Aku telah lupa semua isi Al Quran kecuali dua ayat saja yaitu :
‎ุฑُุจَู…َุง ูŠَูˆَุฏُّ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ูƒَูَุฑُูˆุง ู„َูˆْ ูƒَุงู†ُูˆุง ู…ُุณْู„ِู…ِูŠู†َ
“Orang-orang yang kafir itu seringkali (nanti di akhirat) menginginkan, kiranya mereka dahulu (di dunia) menjadi orang-orang muslim.”
‎ุฐَุฑْู‡ُู…ْ ูŠَุฃْูƒُู„ُูˆุง ูˆَูŠَุชَู…َุชَّุนُูˆุง ูˆَูŠُู„ْู‡ِู‡ِู…ُ ุงู„ْุฃَู…َู„ُ ูۖَุณَูˆْูَ ูŠَุนْู„َู…ُูˆู†َ
“Biarkanlah mereka (di dunia ini) makan dan bersenang-senang dan dilalaikan oleh angan-angan (kosong), maka kelak mereka akan mengetahui (akibat perbuatan mereka). (QS. Al Hijr: 2-3).
Seolah ayat ini adalah hujjah untuk dirinya, kutukan sekaligus peringatan Allah yang terakhir namun tak digubrisnya. Dan ia bahagia hidup berlimpah harta dan keturunan bersama kaum Nashrani. Dalam keadaan seperti itulah hingga ajal menjemputnya. Mati dalam keadaan di luar agama Islam.
Ya Allah, seorang hafidz nan mujahid saja bisa Kau angkat nikmat imannya berbalik murtad jika sudah ditetapkan murtad, apatah lagi hamba yang banyak cacat ini. Tak punya amal andalan.
‎ู…َุง ุชَุฑَูƒْุชُ ุจَุนْุฏِูŠ ูِุชْู†َุฉً ุฃَุถَุฑَّ ุนَู„َู‰ ุงู„ุฑِّุฌَุงู„ِ ู…ِู†َ ุงู„ู†ِّุณَุงุกِ
“Tidak pernah kutinggalkan setelahku fitnah yang lebih dahsyat bahayanya bagi kaum pria daripada fitnah wanita.” (Muttafaqun Alaih)
Saudara-saudariku, doakan aku dan aku doakan pula kalian agar Allah lindungi kita dari fitnah wanita/fitnah manusia dan fitnah dunia serta dihindarkan dari ketetapan yang buruk di akhir hayat.
Semoga para suami, para anak-anak laki, saudara-saudara laki kita. keluarga kita semua,teman-teman lelaki sesama muslim, selalu dalam lindungan Allah,dijauhkan dari syahwat dan maksiat,selamat dunia akhirat. Amin.
‎ู…َุง ุชَุฑَูƒْุชُ ุจَุนْุฏِูŠ ูِุชْู†َุฉً ุฃَุถَุฑَّ ุนَู„َู‰ ุงู„ุฑِّุฌَุงู„ِ ู…ِู†َ ุงู„ู†ِّุณَุงุกِ
“Tidak pernah kutinggalkan setelahku fitnah yang lebih dahsyat bahayanya bagi kaum pria daripada fitnah wanita.” (Muttafaqun Alaih)

Sumber:  DR. Hamid Ath-Thahir dalam buku “Di bawah Kilatan Pedang”

wanita mampu menjerumuskan lelaki sholih ke neraka

Good Peoples Sahabat ODOJ yg dirahmati Allah

3. Pandailah memilih teman
๐Ÿ‘ญteman ini bs saling nasihat menasihati dlm kebenaran n kesabaran

Bs juga mengajak kpd kemungkaran n kemaksiatan
Wanita sesuai karakternya lbh suka berkoloni, berkelompok, guyub, ngumpul
arisan, baguyuban, ngumpul2 mesti heboh kl isinya emak2 ๐Ÿ˜

Nah demi selamatnya diri wanita n selamatnya org2 terkasih disekitarnya, maka pilihlah teman yg mengingatkan pd akhirat, mengingatkan pd Allah, pd surga n mengingatkan utk senantiasa beramal sholih

dlm beberapa kondisi teman bagi wanita lbh didengar dr keluarga sendiri
Maka penting utk memiliki teman yg bs mengingatkan saat qta lupa/khilaf

4. Menikahlah
๐Ÿ‘ฐ๐Ÿป bagi wanita, dg menikah itu selain jalan atau sarana menyempurnakan agama

Jg sbg sarana menjaga diri

Ada yg menjaga n ada yg dijaga
Yg menjaga adalah suami

Yg dijaga adalah amanah sbg isteri, menjaga diri, harta n keturunan suami saat suami pergi

Menjadi single or jomblo itu emang g mengenakkan
Apalagi kl lagi pas musimnya org menikah
Undangan banyak
Yg ngundang g peka pula

Tau blm punya partner buat dtg kondangan
*lhah kok malah nyalahin yg ngundang ๐Ÿ˜…

Saat menghadiri kondangan tanpa bawa partner, seolah terasing di keramaian

Ibarat nun mati bertemu huruf lam dan ra' idgam bilagunnah.

ada tapi dianggap gak ada.
Single jg hampir gak ada benernya.

Jaga image dibilang sombong.

Jaga jarak dibilang sok cool.

Jaga komplek malah dibilang satpam.

Tp dont worry
Sebahagia bahagianya pasangan

Dulu mrk pernah jomblo jg


Good Peoples Sahabat ODOJ yg dirahmati Allah

5. Berpuasa
✖๐Ÿ›๐Ÿน jd kl blm menikah ya berpuasa
Keinginan, hasrat kpd lawan jenis itu fitrah
Semakin kuat manakala sdh memasuki usia matang/kedewasaan
kl g dikendalikan bs bahaya n membawa pd kerusakan
Islam memberikan suatu solusi yaitu institusi pernikahan
Bl blm menikah maka pengendalian diri harus ekstra dilakukan
Yaitu dg berpuasa, menjaga hawa nafsu qta

Nah pilih mana
Puasa apa menikah?

๐Ÿ‘‰๐ŸปIya menikah bs berpuasa bersama pasangan qta

Jd maksud saya begini ya Good Peoples

Bhw dg menikah itu tak serta merta sempurna agama qta

krn tantangan/fitnahnya jg berbeda, jenis n kadarnya
setelah menikah nambah lagi jenis fitnahnya

Suami/isteri, anak2
Ibu2 kompleks ๐Ÿ˜…
so poin 1, 2, 3, 5 tetap hr dilakukan

Khusus yg ke 4, tambahan hanya utk bapak2

*TANYA JAWAB*

๐Ÿ™‹๐ŸปAssalamualaikum ust,..
Saya ingin brtanya

Jika wanita sudah di khitbah dan rencana jarak antara khitbah ke pernikahan 3 bulan.. jadi selama 3 bulan it apakah boleh akhwat tsb berkomunikasian sama lkhwan yg sdh mengkhitbahnya mslnya melalui wa,..
Dan niat nya hanya ingin mengenal sblm pernikahan
Prtnyaan ny agk lari dari materi, afwan y ust hehe

✍๐Ÿปูˆَุนَู„َูŠْูƒُู…ْ ุงู„ุณَّู„ุงَู…ُ ูˆَุฑَุญْู…َุฉُ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุจَุฑَูƒَุงุชُู‡ُ

niat utk saling mengenal itu sehrsnya sdh dilakukan saat proses taaruf, sebelm khitbah

Sebaiknya jgn dilakukan komunikasi dlm rangka itu, krn rawan fitnah

Kl komunikasi dlm rangka persiapan pernikahan n walimatul ursy silahkan. Tp syarat n ketentuan berlaku

Misalnya ttg intensitas n bahasanya

Pernah baca tulisannya Ust Salim A Fillah yg berjudul mencintai penanda dosa?
itu berdsrkan kisah nyata n bs dijadikan pengingat thd hal yg mba' Ris sampekan

jd singkatnya;

Ada seorg akhwat, sdh di khitbah olh seorg Ikhwan

Suatu ketika mrk hendak meninjau calon rmh yg akn mrk tempati

somehow ibu or adik si Ikhwan yg hendak menyertai berhalangan

Ketika di wisma akhwatnya jg temen2nya pd g bs menyertai

Akhirnya jalanlah mrk berdua ke calon rmh itu

Singkat cerita terjadilah hal yg 'diinginkan' olh Laki2 n perempuan

hamil akhwatnya, pdhl blm menikah. Jd ada jarak beberapa waktu antara khitbah n akad

Untung g dpt diraih musibah g dpt dihindari

Si Ikhwan meninggal tanpa sempat menikahi akhwatnya

Akhwatnya melahirkan bayi tanpa ada ayah

Tragisnya keluarga ikhwannya g mengakui bayi tsb

๐Ÿ™‹๐ŸปUst, sya boleh tnya lgi ya hehe


Proses taaruf sebelum khitbah,. Jadi kalau sudah si khitbah namanya ap y ust??

✍๐Ÿปsetelah khitbah ya tinggal akad

Maka dr itu sebaiknya jarak antara khitbah ke akad ini jgn terlalu lama

Krn godaan n cobaan serta fitnahnya sangat wuarbiasyah

Ibaratnya qta Mo ibadah, menyempurnakan setengah agama. Maka syaithon g akan tinggal diam

Secara gt qta Mo sholat or tilawah ja godaan setan yg terkutuk itu jg banyak. Yg males, yg ngantuk, dll

๐Ÿ™‹๐Ÿป tanya jg ustadz, apa kaitan kajian malam ini dgn Kaitan menjaga diri dengan Qs.30:30??

✍๐Ÿป‏﴿ูฃู ﴾ ูَุฃَู‚ِู…ْ ูˆَุฌْู‡َูƒَ ู„ِู„ุฏِّูŠู†ِ ุญَู†ِูŠูًุง ۚ ูِุทْุฑَุชَ ูฑู„ู„َّู‡ِ ูฑู„َّุชِู‰ ูَุทَุฑَ ูฑู„ู†َّุงุณَ ุนَู„َูŠْู‡َุง ۚ ู„َุง ุชَุจْุฏِูŠู„َ ู„ِุฎَู„ْู‚ِ ูฑู„ู„َّู‡ِ ۚ ุฐٰู„ِูƒَ ูฑู„ุฏِّูŠู†ُ ูฑู„ْู‚َูŠِّู…ُ ูˆَู„ٰูƒِู†َّ ุฃَูƒْุซَุฑَ ูฑู„ู†َّุงุณِ ู„َุง ูŠَุนْู„َู…ُูˆู†َ

(30) Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada peubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui,

(Ar Ruum 30:30)

Menurut para ulama tafsir yg dimaksud fitrah dlm ayat ini adalah fitrah mengEsakan Allah. Mentauhidkan Allah

Mencakup jg syariat2Nya. Ketentuan2Nya

So apa yg qta bahas mlm ini adalah dlm rangka fitrah manusia yg mengakui Allah sbg satu2nya Ilah. Selain pengakuan atas Allah jg pengajuan bahwa Allah Yg mengatur hidup qta berdasarkan aturan2 yg telah ditetapkanNya

๐Ÿ™‹๐ŸปAssalamu'alaikum ustad mau bertanya
Karimah G1678
Kalau laki2 dan perempuan yg sudah bertunangan, dan ingin melakukan pernikahan, apakah hukumnya apabila mau proses poto praweding (padahal belum suami istri) tetapi potonya berjauhan ustad?
Syukron ustad๐Ÿ˜Š

✍๐Ÿปdlm syariat Islam photo prewedding g ada tuntunannya

Nah kl g ada tuntunannya buat apa qta bela2in lakukan hal yg bahkan mudharatnya lbh besar

Jd gn, bagaimana qta memulai kehidupan pernikahan itu menentukan keberkahan pernikahan qta dlm perjalannya di kemudian hari

Jgn sampe lah qta melakukan hal2 sebelum pernikahan yg dpt mengurangi keberkahan pernikahan qta

๐Ÿ™‹๐Ÿปijin bertanya
Ust, bagaimana tips bagi akhwat yg ms jofisha dan aktif agar terhindar dari fitnah serta tetap terjaga fitrah. Jazakallahu khoir, ust

✍๐Ÿปpoin 1-5 diatas mba' Chie

๐Ÿ™‹๐ŸปUstadz...ana mau bertanya...
Apakah dibolehkan tuk memutuskan proses pernikahan yg disebabkan perbedaan budaya?? Krna orangtua tidak menginginkan daerah dr pihak calon pengantin..yg in syaa Allaah telah memenuhi karakter calon istri sholehah.

Dan..
Setelh selang beberapa waktu...sang calon pengantin wanita yg pertama mdpt kabar kalau sang calon pengntin pria tlah memutuskn memilih permpuan lain yg trnyata lebih cantik,namun dr segi agama masih perlu bimbingan. Namun,mreka tlah berinteraksi udah di luar batas...chatting sampai larut malam..telfon2an๐Ÿ˜ข..
Namun,si calon prmpuan ingin menundanya krna faktor belum siap dalm waktu dekat...

Apakh ini trmsuk kriteria"lelaki memilih wanita yg terjaga" ustdz??๐Ÿ˜ญ

✍๐Ÿปjd kriteria Laki2 memilih pasangan itu ada 4

pertimbangan2 selain yg 4:

Agamanya, fisiknya, keturunannya, hartanya

Itu tdk dikenal dlm Islam

Bahkan Agama lbh utama dibanding yg 3 lainnya

Jd pertimbangan wilayah, suku, tingkat pendidikan. G ada dlm Islam

kl wanita baik dr sisi agama td yg diputuskan pernikahannya olh Laki2 td

Berarti wanita sholih td berhak mendapat/akan mendapatkan Laki2 yg lbh baik dr pada Laki2 yg memutuskan pernikahan tsb
 ุงِ ู†ْ ุดَุข ุกَ ุงู„ู„ّู‡ُ

๐Ÿ‘‰๐ŸปYg membuat ana sedih...yg ikhwannya udah di luar batas dlm berkomunikasi..
Gak tau lagi kemna ilmu yg telah dipeljari

✍๐Ÿปkisah Abdah bin ‘Abdurrahiim

Bs menjadi pelajaran. Yg Hafidz Quran, panglima Islam dr golongan tabiin saja bs tergelincir

ikhtiar menghindari fitnah itu dilakukan olh setiap lali2 n perempuan disetiap momen kehidupan

๐Ÿ’๐ŸŒธ๐Ÿ’๐ŸŒธ๐Ÿ’๐ŸŒธ๐Ÿ’๐ŸŒธ๐Ÿ’๐ŸŒธ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar