Minggu, 23 Oktober 2016

Penyalahgunaan Narkoba

*```Notulensi Kajian Online```*
*Sahabat ODOJ*
Rabu, 19 Okt 2016
๐ŸŽ™ : Rima
✍๐Ÿผ : Aina
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

 *```"Bahaya Penyalahgunaan NARKOBA"```*
By : dr. Ratih

 *Definisi Narkoba*

Narkoba sebelumnya dikenal dengan istilah:

NAZA: Narkotika dan Zat Adiktif

NAPZA: Narkotika, Alkohol, Psikotropika dan Zat Adiktif

            NARKOBA di Indonesia merupakan singkatan dari Narkotika dan Obat Berbahaya. Narkoba adalah zat kimia yang dapat mengubah keadaan psikologi seperti perasaan, pikiran, suasana hati serta perilaku jika masuk ke dalam tubuh manusia baik dengan cara dimakan, diminum, dihirup, suntik, intravena, dan lain sebagainya. Narkoba Adalah obat atau bahan yang berbahaya bagi tubuh, nah zat adiktif yang terkandung dalam narkoba, dapat mempengaruhi perasaan, mood dan emosi bagi yang mengkonsumsinya. Obat-obatan yang ada dipasaran atau menurut saran dokter itu baik untuk kita gunakan dan bisa dibeli oleh masyarakat umum, merupakan obat yang legal atau sah. Namun ada kalanya tidak legal jika menggunakan obat-obat tersebut dengan cara yang tidak sesuai atau membelinya dari orang yang menjualnya secara illegal.

            Narkoba dapat digolongkan menjadi 3 (tiga) golongan, yaitu :

1. Narkotika - untuk menurunkan kesadaran atau rasa.

2. Psikotropika - mempengaruhi psikis dari pengaruh selektif susunan syaraf pusat otak.

3. Obat atau zat berbahaya.

            WHO sendiri memberikan definisi tentang narkotika sebagai berikut: "Narkotika merupakan suatu zat yang apabila dimasukkan ke dalam tubuh akan memengaruhi fungsi fisik dan/atau psikologi (kecuali makanan, air, atau oksigen)."

Jenis & Macam Narkoba / Narkotika

Dari segi efek dan dampak yang ditimbulkan pada para pemakai narkoba dapat dibedakan menjadi 3 (tiga) golongan / jenis ::

1. Depressants

Obat-obatan ini memperlambat sistem saraf pusat. Obat ini bisa membuat orang merasa santai, kurang tegang, dan kurang menyadari peristiwa sekelilingnya. Contohnya adalah:

     * Alkohol
U
     * Heroin

     * Inhalants

     * Sleeping Pills

     * Ketamine

     * Pain killers ( obat penghilang rasa sakit).

2. Stimulant

Obat ini dapat mempercepat sistem saraf pusat, dapat membantu orang merasa lebih waspada dan meningkatkan kinerja fisik. Stimulant diambil untuk membuat orang merasa senang dan penurunan nafsu makan. contoh adalah:

     * Tembakau

     * Kokain dan kokain jenis bubuk (Crack)

     * Amphetamine

     * Methamphetamine

3. Halusinogen

Obat ini kadang-kadang disebut "mengubah pikiran" atau halusinasi. Obat ini dapat meningkatkan kesadaran seseorang dari pandangan, sentuhan, rasa dan pendengaran. Dapat mendengar suara lembut. Hallucinogens juga dapat merubah suasana hati seseorang. Contohnya adalah:

     * Marijuana  

     * Ecstasy            

     * LSD (Lysergic  Acid Diethylamide)

Macam narkotika :

1. Opioid

Bahan opioid adalah saripati bunga opium. Zat yang termasuk kelompok opioid antara lain: Heroin, disebut juga diamorfin (INN) bisa ditemukan dalam bentuk pil, serbuk, dan cairan.

2. Codein, biasanya dijual dalam bentuk pil atau cairan bening

3. Comerol, sama dengan codein biasanya dijual dalam bentuk pil atau cairan bening

4. Putaw

5. Kokain

Kokain merupakan alkaloid yang berasal dari tanaman Erythroxylon coca. Jenis tanamannya berbentuk belukar. Zat ini berasal dari Peru dan Bolivia.

6. Ganja (Cannabis /Cimeng)

Ganja merupakan tumbuhan penghasil serat. Akan tetapi, tumbuhan ini lebih dikenal karena kandungan narkotikanya, yaitu tetrahidrokanabinol (THC). Semua bagian tanaman ganja mengandung kanaboid psikoaktif.

Cara menggunakan ganja biasanya dipotong, dikeringkan, dipotong kecil-kecil, lalu digulung menjadi rokok. Asap ganja mengandung tiga kali lebih banyak karbonmonoksida daripada rokok biasa.


Adapun zat lain yang memiliki dampak yang sama bahayanya dengan narkotika jika disalahgunakan, yaitu psikotropika. Jenis-jenis yang termasuk zat ini antara lain ectasy (ineks), shabu-shabu (methamphetamine), dan benzodiazepin (Pil Nipam, BK, dan Magadon).


Dampak Penyalahgunaan Narkoba / Narkotika

a.       Dampak narkoba terhadap fisik.

Pemakai narkoba akan mengalami gangguan-gangguan fisik sebagai berikut:

BB turun drastis, matanya akan terlihat cekung dan merah, mukanya pucat., bibirnya menjadi kehitam-hitaman, tangannya dipenuhi bintik-bintik merah, buang air besar dan kecil kurang lancar, sembelit atau sakit perut tanpa alasan yang jelas.

b.      Dampak narkoba terhadap emosi

Pemakai narkoba akan mengalami perubahan emosi sebagai berikut:

·         Sangat sensitif dan mudah bosan.

·  Jika ditegur atau dimarahi, pemakai akan menunjukkan sikap membangkang.

·         Emosinya tidak stabil.

·         Kehilangan nafsu makan.

c.       Dampak narkoba terhadap perilaku

Pemakai narkoba akan menunjukkan perilaku negatif sebagai berikut:

·         malas

·         sering melupakan tanggung jawab

·         jarang mengerjakan tugas-tugas rutinnya

·         menunjukan sikap tidak peduli

·         menjauh dari keluarga

·         mencuri uang di rumah, sekolah, ataupun tempat pekerjaan

·         menggadaikan barang-barang berharga di rumah

·         sering menyendiri

·         menghabiskan waktu ditempat-tempat sepi dan gelap, seperti di kamar tidur,kloset, gudang, atau kamar mandi

·         takut akan air

·         batuk dan pilek berkepanjangan

·         bersikap manipulatif

·         sering berbohong dan ingkar janji dengan berbagai macam alasan

·         sering menguap

·         mengaluarkan keringat berlebihan

·         sering mengalami mimpi buruk

*Dalil Pengharaman Narkoba*

Para ulama sepakat haramnya mengkonsumsi narkoba ketika bukan dalam keadaan darurat. Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, “Narkoba sama halnya dengan zat yang memabukkan diharamkan berdasarkan kesepakatan para ulama. Bahkan setiap zat yang dapat menghilangkan akal, haram untuk dikonsumsi walau tidak memabukkan” (Majmu’ Al Fatawa, 34: 204).

Dalil-dalil yang mendukung haramnya narkoba:

Pertama: Allah Ta’ala berfirman,

ูˆَูŠُุญِู„ُّ ู„َู‡ُู…ُ ุงู„ุทَّูŠِّุจَุงุชِ ูˆَูŠُุญَุฑِّู…ُ ุนَู„َูŠْู‡ِู…ُ ุงู„ْุฎَุจَุงุฆِุซَ

“Dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk” (QS. Al A’rof: 157). Setiap yang khobits terlarang dengan ayat ini. Di antara maknakhobits adalah yang memberikan efek negatif.

Kedua: Allah Ta’ala berfirman,

ูˆَู„َุง ุชُู„ْู‚ُูˆุง ุจِุฃَูŠْุฏِูŠูƒُู…ْ ุฅِู„َู‰ ุงู„ุชَّู‡ْู„ُูƒَุฉِ

“Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan” (QS. Al Baqarah: 195).

ูˆَู„َุง ุชَู‚ْุชُู„ُูˆุง ุฃَู†ْูُุณَูƒُู…ْ ุฅِู†َّ ุงู„ู„َّู‡َ ูƒَุงู†َ ุจِูƒُู…ْ ุฑَุญِูŠู…ًุง

“Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu” (QS. An Nisa’: 29).

Dua ayat di atas menunjukkan akan haramnya merusak diri sendiri atau membinasakan diri sendiri. Yang namanya narkoba sudah pasti merusak badan dan akal seseorang. Sehingga dari ayat inilah kita dapat menyatakan bahwa narkoba itu haram.

Ketiga: Dari Ummu Salamah, ia berkata,

ู†َู‡َู‰ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ุนَู†ْ ูƒُู„ِّ ู…ُุณْูƒِุฑٍ ูˆَู…ُูَุชِّุฑٍ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang dari segala yang memabukkan dan mufattir (yang membuat lemah)” (HR. Abu Daud no. 3686 dan Ahmad 6: 309. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini dho’if). Jika khomr itu haram, maka demikian pula denganmufattir atau narkoba.

Keempat: Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ู…َู†ْ ุชَุฑَุฏَّู‰ ู…ِู†ْ ุฌَุจَู„ٍ ูَู‚َุชَู„َ ู†َูْุณَู‡ُ ูَู‡ُูˆَ ููŠ ู†َุงุฑِ ุฌَู‡َู†َّู…َ ูŠَุชَุฑَุฏَّู‰ ูِูŠู‡َุง ุฎَุงู„ِุฏًุง ู…ُุฎَู„َّุฏًุง ููŠู‡َุง ุงَุจَุฏًุง, ูˆَ ู…َู†ْ ุชَุญَุณَّู‰ ุณُู…َّุง ูَู‚َุชَู„َ ู†َูْุณَู‡ُ ูَุณُู…َّู‡ُ ููŠ ูŠَุฏِู‡ِ ูŠَุชَุญَุณَّุงู‡ُ ููŠ ู†َุงุฑِ ุฌَู‡َู†َّู…َ ุฎَุงู„ِุฏًุง ู…ُุฎَู„َّุฏًุง ููŠู‡َุง ุฃَุจَุฏًุง, ูˆ ู…َู†ْ ู‚َุชَู„َ ู†َูْุณَู‡ُ ุจِุญَุฏِูŠْุฏَุฉٍ ูَุญَุฏِูŠْุฏَุชُู‡ُ ูِูŠ ูŠَุฏِู‡ِ ูŠَุชَูˆَุฌَّุฃُ ููŠ ุจَุทْู†ِู‡ِ ูِูŠْ ู†َุงุฑِ ุฌَู‡َู†َّู…َ ุฎَุงู„ِุฏًุง ู…ُุฎَู„َّุฏًุง ูِูŠْู‡َุง ุฃَุจَุฏًุง

“Barangsiapa yang sengaja menjatuhkan dirinya dari gunung hingga mati, maka dia di neraka Jahannam dalam keadaan menjatuhkan diri di (gunung dalam) neraka itu, kekal selama lamanya. Barangsiapa yang sengaja menenggak racun hingga mati maka racun itu tetap ditangannya dan dia menenggaknya di dalam neraka Jahannam dalam keadaan kekal selama lamanya. Dan barangsiapa yang membunuh dirinya dengan besi, maka besi itu akan ada ditangannya dan dia tusukkan ke perutnya di neraka Jahannam dalam keadaan kekal selama lamanya” (HR Bukhari no. 5778 dan Muslim no. 109).

Hadits ini menunjukkan akan ancaman yang amat keras bagi orang yang menyebabkan dirinya sendiri binasa. Mengkonsumsi narkoba tentu menjadi sebab yang bisa mengantarkan pada kebinasaan karena narkoba hampir sama halnya dengan racun. Sehingga hadits ini pun bisa menjadi dalil haramnya narkoba.

Kelima: Dari Ibnu ‘Abbas, Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ู„ุง ุถَุฑَุฑَ ูˆู„ุง ุถِุฑุงุฑَ

“Tidak boleh memberikan dampak bahaya, tidak boleh memberikan dampak bahaya” (HR. Ibnu Majah no. 2340, Ad Daruquthni 3: 77, Al Baihaqi 6: 69, Al Hakim 2: 66. Kata Syaikh Al Albani hadits ini shahih). Dalam hadits ini dengan jelas terlarang memberi mudhorot pada orang lain dan narkoba termasuk dalam larangan ini.

*Sesi Tanya Jawab*

1⃣ Mak' Nur
Bu dok tanya..

1.Tampilkan gambar dr nama" tsb ya.. Seperti daun ganja kayak gmna

2. Saat ni marak narkoba yg di campurkan ke dlm jajanan anak"(permen jari dll)..gimana cara kita mengetahui jajanan anak tsb mengandung narkoba ato tidak

Jawab :
1. Di bawah saya sertakan ya mbak

2. Kalau dari bentuk fisik mungkin sulit ya, karena bisa saja zat-zat tsb diolah sedemikian rupa menyerupai jajanan anak. Tapi mungkin yg bisa diwaspadai adalah reaksi anak setelah mengkonsumsi obat trsebut, apa jadi euforia (trlalu gembira) atau hiperaktif, dan apakah ada efek adiktif (timbul perasaan utk trs mengkonsumsi makanan/minuman tsb).

2⃣ Mba'susi
Bu dokter, saya dari oku timur
Mau bertanya, murid saya kls 7, dini namanya, anaknya ceria, pintar, aktif. Tb2 seminggu ini pemurung, saya tanya kenapa, ternyata skrng dia suka ngirup aibon, untuk ngilangin stress dimarah mamaknya, krn bangun kesiangan. Skrng jd gadis pemurung, gmn cara mengingatkannya, mumpung belum terlanjur.
Jazakillah dokter

Jawab :
Innalillahi ๐Ÿ˜ข mungkin perlu pendekatan yg intensif mbak. Misal, kita menawarkan diri utk mendengar curhatan dri anak ybs kalau dia sedang stress, karena 80 persen remaja yg terjerumus ke narkoba disebabkan lemahnya support system. Merasa sendiri, tidak ada yg bisa mendengarkan. Kita bs membantu dgn menjadi pendengar yg baik, tanpa menghakimi trlebih dahulu, nnti setelah tumbuh kepercayaan anak tsb kpd kita, kita bs mengarahkan pelan-pelan. Ortu anak jg perlu diberi tahu ttg kondisi anak agar penanganan bs secara komprehensif ๐Ÿ˜Š

3⃣ Arita๐Ÿ™‹๐Ÿป
Tanya : maaf Out Of Topic
Bagaimana kah hukumnya dalam Islam jika kita ingin punya momongan dgn jalan bayi tabung ataupun inseminasi buatan. Jika memang diperbolehkan bagaimana resiko nya. Dan jika boleh tau RS sekitar riau sini adakah yg bisa direkomendasikan ke kami. Sudah rindu sangat pengen punya baby ๐Ÿ˜
Jazakillah ๐Ÿ˜

Jawab :
Dgn bayi tabung/inseminasi buatan atw yg sring disebut ivf, mayoritas jumhur ulama memperbolehkan.

Metode yg diharamkan adalah apabila kloning dan menggunakan sperma/rahim org lain.

Efek samping secara medis dari prosedur ivf umumnya minim. Tapi yg perlu dipersiapkan justru dari aspek finansial dan psikologis. Karena dari sbgian besar pengalaman ivf yg saya ketahui, memang perlu kesabaran dan ketekunan yg banyak.

Kalau di sekitar Riau saya krg tau mbak, yg saya tau ivf nya bagus di daerah penang malaka atau di morula jkt.

 4⃣ Karimah
Assalamu'alaikum ustadzah
Karimah ๐Ÿ™‹๐Ÿป
Ustadzah, saya mau bertanya kenapa ya kalau setiap bangun tidur ummi saya, mulai dari pinggang sampai punggungnya sering merasa kesakitan. Apa obatnya ya ustadzah?

Sama satu lagi,
Tangan kanan kiri ummi saya juga sering kesemutan?
Mohon di jawab ya ustadzah, syukron๐Ÿ˜Š

Jawab :
 Wa'alaykumussalam warohmatullah, usia brp mbak? Kalau sdh tua kemungkinan besar disebabkan kelompok penyakit arthritis bisa osteoarthritis (sring disebut reumatik), atau gout arthritis (sring disebut asam urat). Perlu pemeriksaan fisik dan penunjang lain utk diagnosis tepatnya, coba dibawa ke dokter dulu saja mbak kalau memang sdh sangat mengganggu ๐Ÿ˜Š

 5⃣Aisyah
Kalau sperti obat2an yg bikin memabukkan itu haram juga ya bu dokter?
Dan
Bagaimana cara menghentikan orang yang sudah kecanduan dgn narkoba,shabu2 ya dokter ?
Jazakillah bu dokter๐Ÿ˜Š

Jawab :
Obat2an yg memabukkan maksudnya mbak? Intinya kalau substansi itu memabukkan, sepengetahuan saya hukumnya haram. Wallahu a'lam.

Untuk berhenti ketergantungan yg pertama perlu tekad dan niat yg kuat, sebaik-baik niat tentu krn Allah. Selanjutnya bisa memgikuti program rehabilitasi dengan dukungan keluarga dan org sekitar agr ybs tdk terjerumus kembali karena butuh usaha yg besar dan kesabaran ekstra menangani org yg sdh kecanduan. Luar biasa sulitnya. ๐Ÿ˜Š

 6⃣ ๐Ÿค—Diah
Assalamualaikum Ustadzah..
Gimana dg Obat2 batuk yg beredar mengandung Alkohol, codein..Apakah dosisnya ga Haram klo cuma sepersekian Mg ???

Jazakillah ustadzah Dokter๐Ÿ˜˜

Jawab :
Wa'alaykumussalam warohmatullah wabarokaatuh, trdapat ikhtilaf masalah ini. Tapi kalau sy pribadi memilih konsumsi obat-obatan yg seminim mungkin syubhatnya. Kalau obat batuk menghindari yg ada kodeinnya kalau ga darurat banget. Hehe.

7⃣ Laila
Assalamu'alaikum wr. wb.
Maaf keluar dr tema ๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ˜ฌ
Laila ingin brtnya ustzh. Ada akhwat wktu SMA nya dia menjalankan oprasi usus buntu.
Adakah efeknya nnti ketika dia hamil atau melahirakan?
Jazakillah ustdzh dokter ๐Ÿ˜˜๐Ÿ™๐Ÿป

Jawab :
 Wa'alaykumussalam warohmatullah, setiap prosedur medis pasti ada kemungkinan efek samping, walaupun kecil. Prosedur operasi usus buntu juga ada efek sampingnya, seperti perlekatan bekas jahitan di usus tsb ke tuba falopii (saluran sel telur), yg membuat pengeluaran sel telur (ovum) terhambat. Tapi ini persentasinya kecil. Mudah-mudahan prosedur yg dijalani akhwat ybs tuntas tanpa ada efek samping ya..

8⃣ Arifa odoj 1689
 izin tanya..
Apakah rokok jg trmasuk zat adiktif?lalu, bgaimana hkum ny merokok dlm islam?

Jawab:
Merokok trmasuk zat adiktif, hukumnya haram setau saya. Wallahu a'lam.

9⃣ Dessy
Waduh ustadzah..ana pernah nyimak kajian ustadz gaboleh pakai narkoba sbg obat..

Jawab :
Memang ga boleh mbak. Jadi ada obat-obatan yg kalo dipakenya salah dosis (berlebihan) bisa menimbulkan efek kayak narkoba. Contohnya alprazolam, pada dosis tertentu, efek yg ditimbulkan bisa mengobati, tapi kalau dosis yg digunakan berkali-kali lipat, bisa menimbulkan efek seperti narkoba. BUKAN menggunakan narkoba sebagai obat, tapi penyalahgunaan obat me jadi narkoba. Mudah-mudahan dipahami yah.. ๐Ÿ˜Š

1⃣0⃣ Refia
bahaya rokok itu kayak yg diiklan2 tp knp masih ada dan terus ada ya ustadzah??

trs di tempat saya tu rokok kayak udh jd bawaan setiap org yg ada hajat untuk diberikan

knp mereka kyk membudayakan merokok gt ya ust??

Jawab :
Karena efek adiktifnya itu yah, jadi setelah bbrp kali nyoba, ketagihan, susah deh berhenti ๐Ÿ˜ฅ. Sedih ya, mungkin karena udah membudaya, dan dianggap lumrah. Padahal efeknya bukan cuma ke yg ngerokok aja, perokok pasif risikonya ga kalah besar. Sedih ๐Ÿ˜“

1⃣1⃣ Isna
Bu dokter
1.bagaimana penanganan penderita lemak darah,apa penyebabnya.tetangga sya kmren tiba2 jatuh ga bisa ngpa2in dokter,ktnya trigliseridanya tinggi.apakah efekya sperti itu?
2.cara menghilngkan efek narkoba pda anak jika tidak sengaja memakannya.ponakan sya kmren tidur lama,trus lemes,ternyata hbis mkan permen jari.
Mohon penjelasannya bu dokter☺๐Ÿ™‡๐Ÿป๐Ÿ™‡๐Ÿป

Jawab :
 1. Kalau lemak di darah tinggi (disebut dislipidemia), tahap awal bisa dengan perubahan pola makan dan olahraga teratur. Kalau dgn itu msh ga turun, perlu konsumsi obat penurun kadar lemak. Jika tdj ditanggulangi, kadar lemak bs trs meningkat, dan menyumbat pembuluh darah di tubuh, paling bahaya kalau menyumbat pembuluh darah otak, lalu stroke, bisa saja terjadi sprti yg dialami tetangga mbak. Jadi perlu dikontrol kadar lemak darahnya, biar ga sampai sprti itu efeknya.

2. Iya nih, saya jg udah denger kabar ttg permen itu baru-baru ini. Perlu pemeriksaan lebih lanjut buat memastikannya, tapi utk sementara waktu mgkin permennya distop dulu kali ya. Kalau memang lemesnya berkelanjutan cb hubungi dokter trdekat mbak.. Mdh2an ponakannya segera fit lagi aamiin..

1⃣2⃣Bagaimana kalau punya penyakit paruparu tapi masih merokok? Tmbah parah kan yah ustdzah?

Jawab :
 Pasti mbak ๐Ÿ˜ญ sering banget ketemu pasien yg dirawat di bangsal paru gini. Udh sakit parah msh aja kekeuh ngerokoknya, jangankan sembuh, yg ada malah tambah parah ๐Ÿ˜“
➖➖➖
Baiklah saudara² syurgaku marilah kita tutup kajian kita mlm ini dg bacaan hamdalah,

ุงู„ْุญู…ุฏ ู„ّู„ู‡ ุฑุจ ุงู„ْุนุงู„ู…ูŠْู†

ุฃุณْุชุบْูุฑ ุงู„ّู„ู‡ ุงู„ْุนุธูŠْู…

ุณُุจุญุขู†ูƒَ ุงู„ู„ู‡ُู…ّ ูˆุจุญู…ุฏูƒْ , ุฃุดู‡َุฏُ ุฃู†ْ ู„ุข ุฅู„ู‡ ุฅู„ุง ุฃู†ุชْ , ุฃุณุชุบูِุฑูƒَ ูˆุฃุชُูˆุจُ ุฅู„ูŠูƒ

Billahitaufik wal hidayah
ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡

๐ŸŒธ๐Ÿ๐ŸŒธ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar