Sabtu, 29 Oktober 2016

Persaudaraan dalam Islam

*```Notulensi Kajian OnLine```*
๐Ÿก *Group Ta'lim_K327*
๐Ÿ“† Sabtu, 29 Okt 2016
⏰ 19.30 wib sd selesai.

 ๐Ÿ“š *Tema :*
 *```PERSAUDARAAN DALAM ISLAM```*
By : Uztadz Hizbullah Ali

Menurut kamus Bahasa Indonesia, Persaudaraan dari kata dasar *saudara* yang artinya adik/kakak seayah dan, seibu. Sedangkan arti *persaudaraan* adalah persahabatan yang sangat karib seperti layaknya saudara atau pertalian persahabatan yang serupa dengan pertalian saudara. Dengan kata lain, persaudaran adalah pertalian persahabatan yang sangat dekat bagaikan antara adik dan kakak seayah dan seibu.

Kata persaudaraan dalam bahasa Arab biasa disebut dengan *Ukhuwwah* dan dalam bahasa Inggris disebut dengan *Brotherhood*.

Dalam ajaran Islam, persaudaraan atau ukhuwwah sangatlah penting dan mendapatkan porsi perhatian cukup signifikan. Oleh karena itu, al-Qur'an dan Sunnah Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… memberikan pesan dan menganjurkan agar sesama muslim harus  senantiasa menjaga persaudaran sesama mereka. Dalam QS. al-Hujurat, Allah ุชุนุงู„ู‰ memberikan statement sebagai berikut, _Sesungguhnya orang-orang mu'min itu bersaudara karena itu damaikanlah diantara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat_ (QS. al-Hujuraat : 10).

Nabi Muhammad ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… juga berpesan kepada umatnya agar selalu menjaga persaudaraan dengan saling bantu membantu serta berbuat baik.

_Orang muslim itu saudara Muslim lainnya_ (HR. Abu Dawud). Dalam riwayat lain, _Orang mukmin dengan mukmin lainnya bagaikan suatu bangungan kokoh yang saling menguatkan antara satu dengan lainnya_ (HR Bukhari, Muslim, Tirmidzi dan Nasai' dari Abu Musa al-Asy'ari). Dan masih banyak lagi hadits-hadits lain yang membicarakan tentang bagaimana seorang muslim bergaul dengan muslim lainnya.

*MACAM-MACAM PERSAUDARAAN*

Ditinjau secara sosiologis, persaudaraan  dibagi menjadi empat macam.

*Pertama*, Persaudaraan Islam atau al-Ukhuwwah Islamiyyah.
*Kedua*, Persaudaraan Keluarga atau al-Ukhuwwah an-Nasaliyyah.
*Ketiga*, Persadaraan Sebangsa atau al-Ukhuwwah al-Wathaniyyah.
*Keempat*, Persaudaraan sesama manusia atau al-Ukhuwwah al-Basyariyyah.

Untuk lebih jelasnya akan kami uraikan berbagai macam jenis persaudaraan sebagai berikut,

▪Persaudaraan Islamiyyah

Dalam Islam telah dikenal adanya Persaudaraan Islamiyyah atau al-Ukhuwwah al-Islamiyyah. Hal ini didasarkan pada ajaran Islam yang bersumber dari al-Qur'an dan Sunnah Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…. Diantara firman Allah yang menjelaskan tentang masalah persaudaraan adalah, _Dan perpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan  hatimu, lalu menjadikan kamu karena nikmat Allah menjadi bersaudara; dan kamu telah berada di  tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya_ (QS. Ali Imran : 103).

Ayat di atas secara tegas menjelaskan bahwa agama Islam telah mempersatukan dan  mempersaudarakan pemeluknya. Dan mereka tidak diperbolehkan bercerai-berai dan saling bermusuh-musuhan. Persaudaraan dalam Islam tidak sebatas pertalian persahabatan yang sangat  dekat bagaikan antara adik dan kakak seayah dan seibu, akan tetapi persaudaraan Islamiyyah menyangkut persaudaraan lahir dan batin. Hal ini telah dijelaskan oleh Nabi Muhammad ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ุจู‡ ูˆุณู„ู… dengan haditsnya, _Seorang muslim itu adalah (seorang yang bisa menjaga) orang muslim lainnya selamat dari lidah dan tangannya_. Dan dalam riwayat lain Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ุฎ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… bersabda, _Perumpamaan orang-orang mukmin dalam saling cintai mencintai dan saling sayang menyayangi bagaikan satu anggota badan. Apabila salah satu anggota badan  merasa sakit, maka seluruh anggota badan tersebut ikut merasa sakit, seperti orang sakit terkena demam dan panas_ (HR. Ahmad dan Muslim dari Nu'man bin Basyir). Dan masih banyak lagi hadits Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ุฎ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… yang membahas tentang masalah persaudaran dalam Islam.        
▪Persaudaraan Keluarga

_Janganlah duduk bersama kami orang yang telah memutus tali silaturrahmi_. Kemudian seorang pemuda berdiri dan meninggalkan halaqah (Majlis Nabi), lalu ia mendatangi bibinya untuk meminta maaf atas kesalahan yang dilakukannya. Setelah meminta maaf kepada bibinya, pemuda tersebut kembali lagi ke Majis Nabi.  Maka Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… bersabda,  _Sesungguhnya rahmat (kasih sayang Allah ุชุนุงู„ู‰) tidak akan turun kepada suatu kaum selama ada diantara mereka, seseorang yang memutuskan tali silaturrahmi (persaudaraan)_ (Irsayadul Ibad, hal 99 dan at-Targhib  3 : 345).

Muhammad al-Baqir menceritakan, Ayahnya, Zainal Abidin mengatakan, _Janganlah engkau berteman dengan orang yang memutuskan tali bersaudaraan. Karena aku mendapatkan di dalam al-Qur'an, pemutus tali persaudaraan akan dilaknat Allah ุชุนุงู„ู‰ dalam tiga hal_

Perhatikanlah keluarga kita, kaum yang paling kecil. Bila di dalamnya ada beberapa orang yang sudah tidak saling tegur, sudah saling menjauhi, apalagi di belakang layar mereka saling menohok dan menfitnah, maka rahmat Allah akan dijauhkan dari seluruh anggota keluarga. Rahmat Allah artinya surga Allah tidak akan diberikan kepada Pemutus persaudaraan.

Dalam sejarah kehidupan umat manusia, perselisihan dan pertengkaran  dalam keluarga sering kali terjadi. Dan kebanyakan pemicunya adalah karena adanya faktor kecemburan dan ketidakadilan, baik dalam masalah harta, seperti warisan maupun masalah lainnya. Mungkin kita masih ingat, pembunuhan yang dilakukan oleh Qabil terhadap habil atau kakak terhadap adiknya.

Untuk menjaga hubungan persaudaraan dalam keluarga, Nabi Muhammad ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… telah mengajarkan kepada kita dengan sabdanya, _Shadaqah terhadap orang miskin hanya mendapat pahala shadaqah, sedangkan terhadap kerabat (keluarga) mempunyai dua pahala yaitu pahala shadaqah dan pahala shilah (persaudaraan)_ (HR. at-Tirmidzi). Dan Allah ุชุนุงู„ู‰ juga menegaskan dalam firmannya bahwa diantara kebajikan itu adalah memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat (saudaranya). (QS. al-Baqarah 177).

Disisi lain Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… juga memberikan penegasan dan sekaligus ancaman  bagi orang yang memutuskan tali persaudaraan dengan sabdanya, _Tidak akan masuk surga seorang pemutus tali silaturrahmi (persaudaraan)_ (HR. Bukhari dan Muslim).        

▪Persaudaraan Sebangsa

Ketika Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… dan para sahabatnya hijrah ke Madinah, maka dibentuklah pemerintahan Islam pertama dan Nabi sebagai pemimpin. Untuku mengatur jalannya roda pemerintahan, dibuatlah atauran atau undang-undang sedemikian rupa, diantaranya undang-undang yang mengatur kehidupan masyarakatnya. *Salah satunya adalah peraturan mengenai hubungan masyarakat minoritas non-muslim dengan masyarakat muslim ataupun sebaliknya. Diantara aturan itu adalah masyarakat mayoritas (muslim) tidak boleh melakukan tindakan sewenang-wenang terhadap kaum minoritas non-muslim*. Bahkan Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… berpesan melalui haditsnya, _Barang siapa yang menyakiti orang (kafir) dzimmi, maka ia telah menyakitiku_ (al-Hadits). Dari kutipan hadits di atas kita bisa memahami bahwa Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… memberikan jaminan keselamatan kaum minoritas. Dan ini merupakan gambaran sekilas bentuk persaudaraan sebangsa dan setanah air.

▪Persaudaraan Sesama Manusia

Ajaran Islam tidak hanya mengatur kehidupan antar sesama muslim, sesama keluarga dan sebangsa. Akan tetapi ia juga mengajarkan bagaimana mengatur kehidupan sesama manusia. Di mata Islam semua bangsa di dunia memiliki kesamaan dan kesetaraan. Tidak ada suatu ajaranpun yang mengatakan bahwa bangsa tertentu lebih mulia atau lebih rendah dari bangsa lain kecuali yang paling bertakwanya kepada Allah.

Allah ุชุนุงู„ู‰ menjelaskan dalam al-Qur'an, _Wahai manusia, sesungguhnya Kami mencipatakan kamu seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal_ (QS. al-Hujuraat : 13).

Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… juga menyampaikan pesan pada saat melakukan Haji Wada' (perpisahan) pada tahun sepuluh hijriah. Beliau menegaskan dengan sabdanya, _Wahai manusia, sesungguhnya Tuhanmu satu, dan Bapakmu juga satu. Kamu sekalian keturunan (Nabi) Adam dan Adam dijadikan dari tanah. Tidak ada yang lebih mulia di sisi Allah kecuali yang lebih bertakwa. Tidak ada keuatamaan bagi Bangsa Arab terhadap Bangsa lain kecuali takwa_ (Nurul Yaqin, halaman 258-259).

Ayat dan hadits di atas telah memberikan informasi dan sekaligus pelajaran berharga bahwa hakekatnya seluruh umat manusia di dunia ini adalah bersaudara. Mereka berasal dari satu keturunan yakni Nabi Adam ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุณู„ุงู…. Untuk itu, tidak selayaknya bagi mereka saling bermusuhan dan saling bunuh membunuh. Akan tetapi, tebarkanlah rasa damai, rasa kasih sayang dan saling menghormati diantara kita.

๐ŸŒธ HIKMAH ๐ŸŒธ

Dari uraian di atas dapat kita simpulkan bahwa
Ajaran Islam yang bersumber dari al-Qur'an dan Sunnah Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… telah memberikan pelajaran yang sangat berharga bagi kehidupan umat manusia di seluruh dunia. Sebab ajaran  tersebut telah memberikan informasi yang utuh tentang asal usul kehidupan manusia di dunia ini dan ia mengajarkannya  kepada mereka untuk saling kenal mengenal, saling hormat menghormati, saling menghargai dan saling tolong menolong dalam kebaikan dan ketakwaan.

Hakekatnya seluruh umat manusia itu adalah bersaudara, baik ditinjau dari segi agama maupun keturunan. Dan tidak selayaknya bagi kita untuk saling bermusuhan, saling membenci dan saling bunuh membunuh. Tapi sebaliknya, hendaknya kita saling menghormati, saling mengasihi dan saling membantu dalam kebaikan.

Umat Islam, khususnya Para Tokoh Agama dan Masyarakat setiap kali menerima berita harus bisa mengklarisikasi dan meneliti secara seksama. Sebab adanya kemungkinan berita itu adalah berita bohong dan mengandung unsur adu domba. Dalam hal ini Allah ุชุนุงู„ู‰ berpesan, _Wahai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa berita suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatan itu_ (QS. al-Hujuraat : 6).

ูˆุงู„ู„ู‡ ุฃุนู„ู…

๐Ÿ‘ณ๐Ÿผ Muhammad Hisyam Asyiqin  

*```Tanya Jawab :```*

1⃣Rose Didi
Mau tanya ni tadz๐Ÿ™‹๐Ÿป

Bagaimana seharusnya sikap kita,jika kita ingin meminta maaf kpd seseorg,kita ingin memperbaiki semuanya.tp org trsbt seolah2 menghindar dgn berbagai alasan.padahal  kita ingin membuvarakan dan memperbaiki salah paham.tp gimana jk dia menghindr trs.
Apa yg hrs kita lakukan tadz,,sikap.apa yg hrs diambil.

Dan dia jg seolah2 memytus silaturahim krn g mau menyapa lg,walau sdh kita coba menyapa.tp malah g di  respon .

Bagaimana sehrsnya kita bersikap dgn seseorg yg sprt it tadz.

๐Ÿ” *Jawab :*

sabar ๐Ÿ˜Š

tetap berbuat baik padanya, dapatkan kata maaf darinya

minta bantuan seseorang yang sekiranya dihormati olehnya ๐Ÿ˜Š

sabar ๐Ÿ˜Š

2⃣ ๐Ÿ™‹๐ŸผDiah KepRi

mau nanya tadz
Shadaqah terhadap orhg miskin hanya memdapat pahala sedekah,sedangkan terhadap keluarga mendapat dua pahala (pahala shadaqah dan pahala Shilah )
๐Ÿ™‹๐Ÿผ Pertanyaan  jadi lebih baik memdahulukan sedekah sma sodara sendiri ya Tadd

๐Ÿ” *Jawab :*

hu um ๐Ÿ˜Š

utamakan saudara sendiri, lalu kerabat dekat, tetangga, baru orang lain ๐Ÿ˜Š
jangan sampai asik membatu orang lain, saudara sendiri yang jelas memerlukan uluran tangan malah diabaikan ๐Ÿ˜Š

3⃣ Gita ๐Ÿ™‹๐Ÿป๐Ÿ™‹๐Ÿป
Assalamu'alaikum wr wb uztad..ana mau bertanya..kadang klo qta menjalin ukhuwah ada kalanya ketidak nyamanan diri ada didalamnya,.kadantdk jarang qta jumpai saling cuek2an..nah gmn caranya agar qta bisa slalu nyaman dalam apapun kondisinya ??

๐Ÿ” *Jawab :*

jangan berlebihan ketika kita merasa cocok berteman dengan seseorang ๐Ÿ˜Š

jika bertemu usahakan kita yang pertama seyum, salam ๐Ÿ˜Š

jika tidak ada hal yang penting untuk dibicarakan tidak perlu berbasa-basi ๐Ÿ˜Š

4⃣ Rinsu ijin tanya tadz:

Ada hadits yg kurang lebih redaksinya tuh begini. "Kamu akan bersama dengan orng2 yg dekat denganmu" nah itu kan mksud bersamanya  diakhirat.  yg jadi pertanyaan,apakah itu akan membatasi pergaulan kita.?? Disekeliling kitakan orng bermacam2. Trmkasih ๐Ÿ˜Š

๐Ÿ” *Jawab:*

๐Ÿ˜Š

aasif ana masih mencari dan mengingat riwayat tentang hal ini, ana agak sedikit lupa/ragu, sabar ya ๐Ÿ˜Š

5⃣ Sri

Kalau kita misalnya mengambil jarak dari pergaulan dengan lingkungan yang kurang baik... atau orang yang berpengaruh tidak baik kepada kita atas nama menjaga diri dan berhati" dalam bergaul apakah itu digolongkan memutuskan tali silaturahim?

๐Ÿ” *Jawab :*

tidak, memang sudah seharusnya seperti itu

boleh berteman jika memang sanggup mengingatkan dan sanggup tidak terperosok ...

contoh ibu-ibu yang suka ghibah, kalau kita sendiri suka ghibah, jangan datang dan berkumpul dengan mereka, tapi kalau mampu menegur dan memberi nasehat hingga mereka sadar, datanglah pada mereka.

6⃣ veni
bagaimana kita harus bersikap pada sodra jika sodara kita meminjam uang untuk hal yg d rasa berlebihan ..tetp dipinjamkan apa engga ush tad?
sementara kondisi kita lgi butuh tapi kadang sodra ga mau tau dulu kondisi kita

๐Ÿ” *Jawab :*

jelaskan saja kondisi kita sebenarnya, dan bantu ia semampu kita, meski tidak menutup semua keperluannya ๐Ÿ˜Š

dengan catatan kita memang dalam kondisi memerlukan dan tidak bisa ditunda.

7⃣๐Ÿ™‹wiNda,
ijin bertanya ustad..
Sy memiliki sahabat,tetapi akhir2 ini sikap,sifatnya sdh tdk sejalan,sy liat byk yg  kurang baik,sy tdk nyaman lg berdekatan dg dia,bagaimana sikap sy menghadapinya,sy ingin menjauhi/membatasi berhubungan dg nya,tp apa sy termasuk memutuskan tali silatutahmi?mohon masukannya ustad,jazakallah

๐Ÿ” *Jawab :*

lihat jawaban pertanyaan sebelumnya

intinya jangan terlalu mencinta jika kita suka seseorang, dan jangan pula membencinya jika tidak suka, biasa-biasa saja ๐Ÿ˜Š

8⃣ Rosa
Bagaimana agr persaudaraan kita itu tidak hnya di dunia saja, tp di akherat pula

๐Ÿ” *Jawab :*

๐Ÿ˜Š

artinya harus selalu saling nasehat menasehati dalam kebaikan, dan mengingatkan ketika ada sahabat yang akan tergelincir dalam maksiat (perbuatan keji dan munkar)

9⃣ mila

Assalamualaikum, ustadz,
izin bertanya,
adakah batasan persaudaraan dengan yang non muslim? mengingat saya punya sepupu yang non muslim

๐Ÿ” *Jawab :*

aurat harus dibatasi, meski ia juga seorang wanita, karena dihadapan non muslim meski ia sepupu ia adalah orang lain

yang kedua, jika ia merayakan hari besar agamanya, atau kegiatan ibadah agamanya jangan dibantu, baik dalam bentuk dana, atau pun tenaga dan pikiran

ketiga jika ia mengkonsumsi makanan yang diharamkan, dan ia memasak makana lain di rumah, maka makanan yang ia masak jangan pernah disentuh, kecuali seluruh alat masak dan alat makan sudah disucikan dengan baik dan benar sesuai aturan syari'at

๐Ÿ˜Š

๐Ÿ”Ÿ Assalamu'alaikum
Izin bertanya..

Laila ๐Ÿ™‹๐Ÿป๐Ÿ˜Š
Bgmn sikap kita terhadap seseorg or teman yg kita percayai bisa menjaga amanah.namun suatu hari.kita mengetahui sendiri bahwa dia tdk bz menjaga kepercayaan yg kita beri. Dr sisi manusiawi pasti ada rasa kecewa.
Bgimn kita harus bersikap ustadz
Syukron ๐Ÿ™๐Ÿป

๐Ÿ” *Jawab :*

jangan pernah percaya 100% kepada orang lain, siapa pun ia

terutama mempercayakan amanah yang sifatnya rahasia kita ๐Ÿ˜Š

ingatkah bahwa seorang sahabat itu bukan tempat untuk menceritakan aib kita, karena satu waktu ia bisa berbalik, dan mematuk kita laksana seekor elang yang menghunjam ke bumi dari langit untuk menangkap mangsa

jadi jika amanah yang dimaksud perihal aib, maka jangan pernah lagi mengulangi menceritakan aib pada orang lain

maafkan ia, dan ikhlaskan apa yang sudah terjadi ๐Ÿ˜Š

1⃣1⃣ ๐Ÿ™‹Yanti
Assalamualaikum ustadz...gmn cara kita menghadapi bila ada sodara sekaligus yg kelihatanya ogah ogahan/cuek abis sama kita padahal kita rasa rasanya udh sangat optimal berbuat baik sama dia....sering saya intropeksi diri...mungkin saya banyak salah sama dia...dan sering kali  saya yg duluan untuk maaf maafan...namun sikapnya gk pernah berubah....apa yg harus saya lakukan??
Sebenarnya saya udh capek dengan suasana seperti itu...

๐Ÿ” *Jawab :*

sabar ๐Ÿ˜Š

1⃣2⃣ Karimah
Ustad, aku mau bertanya lanjutan pertanyaan mba mila ini,
Bagaimana kalau sepupu kita non muslim, dan kita minum secangkir berdua. Toh di bilang kita ini kan saudara satu nenek, masa minum dengan ku saja tidak mau.
Bagaimana ustad kalau seperti ini? Syukron.

๐Ÿ” *Jawab :*

jika sebelumnya ia tidak menyantap makanan yang diharamkan ndak apa

namun dengan alasan hygenis/kebersihan sepertinya lebih baik minuk dengan gelas berbeda ๐Ÿ˜Š
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

http://suarniamin.blogspot.co.id/

๐Ÿ”š

1 komentar:

  1. Assalamualaikum ustad,
    Saya mau bertanya : bolehkah kita menikah dengan cucu dari anak perempuan saudara ayah kita sendiri?

    BalasHapus