Jumat, 21 Oktober 2016

Menjadi Pendamping Belajar Anak Yang Mempesona

πŸ“ΏπŸŽ€πŸ“ΏπŸŽ€πŸ“ΏπŸŽ€πŸ“ΏπŸŽ€πŸ“ΏπŸŽ€
 *```Notulensi Kajian OnLine```*

πŸ“† : Sabtu, 03 Sept 2016
🏑 : *Room Sabahat ODOJ*
πŸ•£ : 19.30 - Selesai
πŸ‘Έ :  *Uztadzah Heni*
πŸ“– : *"Menjadi Pendamping Belajar anak yang Mempesona"*
🎀:  Mak Nur
πŸ“:  Veni
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
*```Materi :```*

  Ψ¨Ψ³Ω… Ψ§Ω„Ω„Ω‡ Ψ§Ω„Ψ±Ψ­Ω…Ω† Ψ§Ω„Ψ±Ψ­ΩŠΩ…..

Ψ§Ω„Ψ³َّΩ„Ψ§َΩ…ُ ΨΉَΩ„َيْΩƒُΩ…ْ وَΨ±َΨ­ْΩ…َΨ©ُ Ψ§Ω„Ω„Ω‡ِ وَΨ¨َΨ±َΩƒَΨ§ΨͺُΩ‡ُ..


 Alhamdulillah, pada malam ini sy diberi kesempatan oleh Allah utk bersilaturahiim dgn teman2 sahabat odoj di WA ini.
Pd kesempatan ini kita akan ngobrol ttg *menjd pendamping anak yg mempesona.*

Anak, memiliki kelihaian sendiri dalam menilai

Mereka memiliki selera yang tinggi untuk memilih pendamping. Apa itu pendamping bermain, pendamping di kelas ataupun pendamping belajar.

Kenapa? Karena anak yg masih egois, sehingga sangat peka terhadap kebutuhan dirinya, dia juga seorang yang kaku terhadap terhadap pendapatnya, ...misalnya kalau kita menjanjikan sesuatu, ..pasti akan terus ditagihnya.Sulit bagi mereka utk memahmi orang lain.

Ditambah lg saat ini, ...banyak media masa yg lebih menarik dan lebih banyak memberi pelajaran ...terlepas dr nilai positif dan negatif nya, mereka adalah org penikmat yang mudah tergiur krn daya tarik yg luar biasa.

Orang tua  seolah bersaing dgn media tersebut dan bersaing dengan karakter lain di luar rumah. Mereka akan lbh senang dgn gurunya saat belajar.  Sementara guru meminta orang tua utk mendampingi anak belajar, krn tidak ckp apabila mengandalkan pelajaran yg diberikan di kelas.

Untuk itu orang tua hrs mampu memiliki daya tarik atau daya pikat yg besar agar anak  senang dan paham saat orang tua mengajari anak.

Jadi orang tua harus mampu tampil menarik sehingga membuat anak bergairah . Secara garis besar adalah :

Kiat menjadi pendamping yang memikat

1. Sabar

2. Kreatif

3. Paham tentang materi

4. Mengajak anak anak beraktifitas secara aktif.

1.Sabar
Biasanya orang tua lebih tidak sabar saat mengajar anaknya sendiri dibanding anak orang lain. Mungkin orang tua sering dilanda perasaan khawatir atau cemas tatkala anaknya sulit memahami. Pedahal anak sulit memahami krn melihat ekspresi ortu yg gregetan, terburu-buru, nada suara yang tinggi.

Orang tua hrs sabar, artinya orang tua perlu memahami situasi dulu ...mungkin anak blm siap utk belajar, ...saat sore, ...lbh cocok pada malam atau siang.

Sabar, ...org tua perlu nyiapin dulu alat tulis2 yg diperlukan ...

Biasanya penghapus dicari saat mau menghapus, ...

Kertas coretan dicari saat mau membuat oretan, ...spidol warna dicari saat mau menggambar dsb.

Sabar dgn menyiapkan apa yg diperlukan.
Kesabaran, menumbuhkan konsentrasi belajar anak.
Ada baiknya ritme bicara dan tarikan nafas, bahkan disamakan dgn anak ...hehehe.
Klu kita biasanya anak bingung orang tua kalut ...πŸ˜”

2. Kreatif
Kreatif artinya kita hrs mampu melakukan sesuatu yang lain ..yang berbeda pendekatannya yang membuat anak menjadi lbh paham.

Kreatif itu mudah ...dimulai dr yg kita bisa. Misalnya bunda hobi memasak, maka terangkan sj materi pelajaran yg dihubungkan dgn memasak ...misalnya, ada 7 keranjang diisi 5 wortel ...gambar keranjang, gambar wortel ...

Terus kalau anaknya senengnya lari2 (aktif) belajar yooo sambil loncat...misalnya menulis / menerangkan di lantai dgn spidol white board yg bs dihapus ..

Biar anaknya ..lari sana ..lari sini.

Semuanya bisa dilakukan dgn kreatif shg anak akan bahagia, bangga dgn ortunya dan teringat terus sampai tua kpd kita, ...

Mungkin anak akan menjadi penurut seperti halnya kpd gurunya.

3. Paham materi
Apabila kita memahami materi, atau tujuan dr materi itu ...
Kita bs menghayatinya ...dan bisa mengajarkan anak dengan hati.
Anakpun akan menangkapnya dengan hati.

Misalnya utk belajar volume kubus ...anak tdk hanya tahu tapi bener2 ngerti kubus itu mana,? Bisa dilihat, diraba ...dan istilah volume itu ...adalah ...isi...kita tunjukan ..jadi klu kita ingin tahu berapa besar isinya ...kita mesti tahu dulu berapa besar bendanya ...
Ada panjang, lebar, tinggi ...semua diresapi dulu.

Kalau namanya keliling ...yo anaknya ...menghayati dulu bagaimana dia berkeliling mengelilingi ruangan ...

Artinya kan panjang ini ..+ panjang ini + ditambah panjang ini .....jd keliling itu pinggirannya ...

Kalau luas, itu artinya alasnya ....bisa diraba ....

Waaah pokoknya seru klu kita paham materinya.

Byk orang tua yg baru belajar saat mendampingi anak
Bahkan akhirnya nyalahin kurikulum, terlalu tinggi dsb
Hal itu akan membuat anak anti pati dgn pelajaran
Bukannya membangun ☺😬 Atau memotivasi.

4. Mengajak anak beraktifitas

Maksudnya, ...jgn sampai yg ngerjain itu orang tua ...saking susah ngajarinnya, pedahal hari sdh larut.
Jadi pd dsarnya anak hrs lbh aktif, ...dan bs diawali oleh org tua yg meluangkan waktu.
Misalnya mulai dengan pertanyaan, dek belajar yuk ...mari kita siapin dulu alat2 nya .. siapa tahu kita perlu. Dsb ...
Dengan mendampingi anak belajar, anak secara tidak langsung anak akan menganggap bahwa belajar itu perlu ..
Tanpa perlu diceramahi anak menyadari ttg perlunya belajar, dari sikap org tua yg ramah, serius dan antusias saat kita mendampinginya belajar.

😊 baik ..

Agar ada waktu utk diskusi, ...saya persilahkan utk mengambangkan materi melalui pertanyaan dan masukan dr para bunda di sini..
Monggo....

*Tanya Jawab.. :*

1⃣
Mau tanya bunda, kalau seandainya anak nya agak lemot (maaf) salah satu murid saya begitu . . .
Sebaiknya guru itu bagaimana ?
Memperlakukan mereka special atau disamakan dg yg lain agar mereka tidak down??

Maksudnya kisaran usia
Apakah mempengaruhi?

jwb :
dalam kelas, anak pasti beragam daya pikirnya. seorang guru harus mampu mencari metoda, bahasa dan contoh2 yang tepat sehingga semua anak, secara konsep memahaminya.
misalnya metoda cerita utk IPS, metoda praktek utk matematika, dsb
bahasa juga harus sederhana, jelas, pelan mengacu kepada tahapan anak seusia murid kita.
konsep ...itu adalah hal yg harus dipahami oleh semua murid. jadi konsep jumlah hrs dipahami oleh semua murid. tetpi dlm pengerjaannya ada yg lambat dan cepat tergantung dy pikir. ada yg bs benar semua dan hanya sebagian yang benar itu daya pikir.
utk yg kurang hrs diberi remidi ...itu yg membedakannya.

√ Itu untuk anak yang berapa thn bun heni?
✍🏼pada dasarnya semua anak bahkan anak SMA pun pendekatan kita harus jelas dan sebaiknya didekati kepada kenyataan . misalnya utk anak SMP, disuruh stabilo kata yg susah, terus diskusikan, utk pelajaran Fisika apa itu gaya gesek ...kenapa gaya gesek memperlambat kecepatan, .itu hubungkan dengan sepeda yg tiap hari dipakainy.


√ Apakah sm perlakuan dgn anak yang lain
 Maksudnya kisaran usia

✍🏼kisaran usia membatasi hanya dari segi tahapan berfikir dan daya tahan. utk yg lbh besar bisa belajar lebih lama, bisa diarahkan utk buka you tube tp kita ada di situ ..( biasanya pelajaran fisika anak smp dan sma ) bs bareng belajar, dan yg ngajar bpknya. ..misalnya.
krn yg diajarin konsep ...latihannya ada di buku masing2 yg berbeda kerumitannya.


√ Apakah mempengaruhi? maksudnya usia?

✍🏼yaa usia mempengaruhi ...
pendampingan belajar smp usia 8 tahun ...utk selanjutnya hrs mandiri, tetapi kita ksih fasilitas ...misalnya, mereka tdk boleh disuruh yg lain saat mereka belajar, ...atau mereka disuru belajar dulu seblm mengerjkan yg kurang penting ( mis nonton).

mereka hrs, selalu belajar, ada wkt utk belajar yg disepakati dan diketahui ortu.

2⃣
Ngeh bun,
Bahasan lain ya bun, Kalau seandainya ngajar ngaji yg masih dasar, Ψ§ Ψ¨ Ψͺ Ψ«
Yg kreatif sehingga mereka tidak bosan tapi tetap efektif bagaimana ya bun ?

✍🏼
cara kreatif ngajar ngaji yg msh
، Ψ¨،Ψͺ
bisa di tulis di kartu ...yg ukuran folio dibagi 4. atau agar lebih besar folio dibagi 2.
bisa hurufnya di warnai dan ditempel ditempat dia sering berada.
atau pada saat belajar huruf itu, tanyakan huruf ini silahkan tempel dimana terserah anak. nanti saat kita mengulang huruf itu kita sebutkan tempatnya. misalnya yg ditempel di pintu kamar huruf apa? ......
atau diasosiasikan ...misalnya "ba" ditemenin balon dsb ...

3⃣
Bun..diantara ketiga mdl anak kinestetik, auditif, n visual bagaimana kah caranya mengajar kan mereka dlm waktu yang bersamaan?

Didlm kls kan berbeda tuh
Jd bagaimana cara menyiasati nya agar mereka tetap semangat

Karena perbedaan itu.
Si A mau ini.si B mau itu

Terkadang suka bingung bun.

✍🏼
Semuanya ada dlm kelas dgn gaya belajar yg berbeda?
Utk *kinestetik*, dia senang dengan *sentuhan*  jd saat belajar, dia duduk berdekatan dgn kita dan kita kadang pegang bahunya ...jadika dia model.

Utk si *auditory* dia senang dengan kata2 *bayangkanlah* ...jadi saar mengajar meminta dia sambil disebut namanya ..bayangkanlah saat kamu ....( sebutkan) biar dia memahami dgn cara membayangkan

Semuanya ada dlm kelas dgn gaya belajar yg berbeda?
Utk *kinestetik*, dia senang dengan *sentuhan*  jd saat belajar, dia duduk berdekatan dgn kita dan kita kadang pegang bahunya ...jadika dia model.

Utk si *auditory* dia senang dengan kata2 *bayangkanlah* ...jadi saar mengajar meminta dia sambil disebut namanya ..bayangkanlah saat kamu ....( sebutkan) biar dia memahami dgn cara membayangkan.

Sedangkan untuk.... oooh afwan πŸ™
Yang membayangkan itu utk visual

*visual* ... instruksinyq *bayangkan*
Kalau utk *Auditory* instruksi yang disukainya ... *dengarkan*.

Jadi saat menerangkan kita bisa diawali dgn istruksi seperti tadi ...
Utk kinestetik sampaikan *rasakan* artinya terasa panas, dingin, kasar, halus ...itu mudah dipahami oleh org yg kinestetik.

Alhamdulillah, nampaknya .sdh cukup, pembahasannya
Mohon maaf apabila byk yg kurang berkenan.

*Closing statement* 😊

Alhamdulillah, dengan telah mengetahui bahwa anak akan senang belajar dan menjadi pembelajar yang benar itu sangat tergantung kepada proses pembelajaran saat anak mendapat pendampingan dari orang tua, maka sewajarnyalah nanti kelak Allah akan menanyakan kpd kita tentang pendidikan kita yg diberikan kpd anak. Krn anak adalah amanah dariNya ...

Semoga bermanfaat
Wassalamu'alaikum wr wb.

πŸ“ΏπŸŽ€πŸ“ΏπŸŽ€πŸ“ΏπŸŽ€πŸ“ΏπŸŽ€πŸ“ΏπŸŽ€

Tidak ada komentar:

Posting Komentar