Jumat, 28 Oktober 2016

Manajemen Waktu Pribadi Muslim

*Notulensi Kajian Online Live IX AIHQ Premium*

πŸ“šTema :
*```"Manajemen Waktu Pribadi Muslim"```*

➖➖➖➰➰➰➖➖➖

🏑 *Kabsyah binti Rafi*
πŸ‘ΈπŸ» Ustadzah dr. Eka
⏰  Selasa, 25 Okt 2016
           
*"Manajemen Waktu Pribadi Muslim"*

*Sahabat AIHQ yang merindukan surga* ...🌿

🌟☄Seorang muslim yang baik dan bijak akan selalu memanfaatkan waktu yang dimilikinya dengan sebaik-baiknya. Bila kita tidak mampu bersahabat dengan waktu maka kita akan menjadi orang yang merugi. Merugi karena waktu yang telah hilang tidak akan datang kembali dan tidak dapat mengubah sesuatu yang telah terjadi di waktu yang lalu.

               ⏩1⃣⏪

☪✨Pentingnya memanfaatkan waktu sebaik-baiknya bagi seorang muslim adalah karena ada dua pertanyaan tentang waktu diantara empat pertanyaan yang akan ditanyakan kepada seorang muslim di akhirat nanti. Hal ini berdasarkan salah satu hadits riwayat Mu’adz bin Jabal bahwasanya Nabi SAW bersabda, “Kedua kaki seorang hamba tidak akan tergelincir ke dalam Neraka sampai ditanya tentang empat hal: tentang umurnya bagaimana dia habiskan,
tentang masa mudanya bagaimana dilewati, tentang hartanya darimana dihasilkan dan kemana ia salurkan, dan tentang ilmunya apakah ia amalkan”(HR. Tabrani dan Bazzar dengan redaksi serupa).

              ⏩2⃣⏪

🍁⛅ Berdasarkan hadits tersebut, dua dari empat pertanyaan yang ditanyakan di akhirat nanti adalah tentang umur dan masa muda yang dialaminya menunjuk ke arah waktu yang selama ini dimilikinya kemana ia habiskan dan pergunakan. Oleh karena itu, penting bagi seorang muslim memanfaatkan dan menggunakan waktu sebaik-baiknya agar di akhirat nanti dia dapat mempertangggung jawabkan waktu yang selama ini dimiliki kemana ia habiskan dan pergunakan, apakah bermanfaat sehingga dia menjadi seorang muslim yang beruntung ataukah waktu yang dimilikinya berlalu dengan sia-sia sehingga dia menjadi seorang yang merugi.

               ⏩3⃣⏪

πŸ‘ΆπŸ»πŸ‘¦πŸ»πŸ‘¨πŸ»πŸ‘΄πŸ»

Lalu, perlukah kita membuat manajemen waktu sebagai seorang muslim? Sangat perlu. Karena adanya manajemen waktu, hidup kita menjadi lebih terarah, manfaat, teratur dan disiplin dalam segala hal sehingga kita tidak akan menjadi orang yang merugi dan waktu yang kita miliki di dunia dapat dipertanggungjawabkan di akhirat nanti dengan baik. Karena tanpa kita sadari, waktu berlalu begitu cepat, hari berganti hari, bulan berganti bulan hingga tahun berganti tahun, sehingga suatu saat kita akan menyadari bahwa umur sudah semakin tua namun amal tidak bertambah, cenderung jauh dari Allah dan dekat dengan kemaksiatan. Disaat itulah kita sadar, selama ini menyia-nyiakan waktu yang dimiliki, dan saat dekat dengan ajal yang ada hanyalah penyesalan, karena selama hidup waktu yang dimiliki tidak digunakan untuk ketaatan dan hal yang bermanfaat tetapi cenderung kepada maksiat dan kesia-siaan yang membuat kerugian dan penyesalan.

                ⏩4⃣⏪

Sahabat AIHQ Rahimahullah....

Alquran dan sunah sangat perhatian terhadap waktu dari berbagai sisi dan dengan gambaran yang bermacam-macam. Allah SWT telah bersumpah dengan waktu-waktu tertentu dalam beberapa surah Alquran, seperti al-Lail (waktu malam), an-Nahar (waktu siang), al-Fajr (waktu fajar), adh-Dhuha (waktu matahari sepenggalahan naik), al-‘Ashr (masa).

Sebagaimana firman Allah (QS al-Lail 92: 1-2; QS al-Fajr 89: 1-2; QS adh-Dhuha 93: 1-2; QS al-‘Ashr 103: 1-2).


             πŸŒΏπŸŒΈπŸŒΏ

*Ketika Allah SWT bersumpah dengan sesuatu dari makhluk-Nya, maka hal itu menunjukkan urgensi dan keagungan hal tersebut*

               πŸ‚πŸΎπŸ‚

Dan agar manusia mengalihkan perhatian mereka kepadanya sekaligus mengingatkan akan manfaatnya yang besar.

              ⏩5⃣⏪
*Sahabat AIHQ Rahimahullah*....πŸ’«☄

                ✨🌺

Manifestasi dari syukur nikmat adalah dengan memanfaatkannya dalam ketaatan dan amal saleh. Rasulullah SAW bersabda, “Ada dua nikmat yang kebanyakan orang merugi padanya: waktu luang dan kesehatan." (HR Bukhari).

Waktu luang adalah salah satu nikmat yang banyak dilalaikan oleh manusia. Maka kita akan melihat mereka menyia-nyiakannya dan tidak mensyukurinya.

Allah memberikan kita setiap hari “modal” waktu kepada semua manusia adalah sama, yaitu 24 jam sehari, 168 jam seminggu, 672 jam sebulan, dan seterusnya.

Ada tujuh poin rahasia manajemen “modal” waktu Nabi Muhammad SAW. Dalam waktu 23 tahun beliau telah membuat perubahan besar di Jazirah Arab. Hal ini terjadi lantaran bagusnya manajemen waktu Rasulullah.

                ⏩6⃣⏪
*Rahasia Rasulullah dalam Manajemen Waktu*

πŸ”…πŸ”†πŸ”…πŸ”†πŸ”…πŸ”†πŸ”…πŸ”†

*Rahasia pertama* adalah shalat fardhu sebagai ajang membentuk watak dan tonggak ritme hidup. Umat Islam telah membuat pemilahan waktu dalam sehari dengan jelas. Umat Islam memiliki trik manajemen waktu sehingga aktivitas kita dapat terprogram dengan baik.

*Rahasia kedua*,  berpola pikir investasi, antimanajemen waktu instan. Maksudnya, jangan mengelola waktu dengan instan karena akan membuat kita malas dalam berproses. Persiapkan segala hal untuk masa depan kita sehingga kita dapat memetik hasilnya di kemudian hari.

*Rahasia ketiga*, terus produktif, jangan biarkan waktu terbuang percuma.

              ⏩7⃣⏪
*Rahasia keempat* adalah gunakan aji mumpung selagi ada peluang dan kesempatan.

*Rahasia kelima*  adalah jauhi sikap menunda-nunda.

*Rahasia keenam*  adalah cepat tetapi jangan tergesa-gesa.

*Rahasia terakhir*  adalah rutin melakukan evaluasi. Ternyata beginilah Rasulullah menggunakan dan mengelola waktu, sungguh menghargai waktu dan tidak pernah menyia-nyiakannya dengan hal yang tak bermanfaat. Semoga.

*πŸ€*⃣πŸ€*⃣πŸ€*⃣πŸ€*⃣πŸ€*⃣

*Wallahu A'lam*

              ⏩8⃣⏪

➡ *Uraian tanya jawab :*
1⃣ Perkenalkan saya septi bunda.
Izin bertanya bunda, gimana cara kita memaksimalkan waktu untuk bertholabul ilmi sedangkan kondisi bekerja setiap hari dr pagi smpe mlm?
Jazakillah khoir bunda..

*Jawab :*
Bismillah....luangkan waktu mb....sesempit apapun wktu kita mb....in syaa Alloh mb bisa....krn ilmu adalah kebutuhan fikriyah kita....
Wallohu'alam bishowwab

2⃣ πŸ™‹πŸ»Tanya bunda
Bagaimana caranya memusnahkan kata "nanti" ?
Yg menyebabkan semua serba ditunda πŸ˜ͺ

Pdhl sedetik pun waktu yg sudah berlalu gak akan bisa kembali
Astaghfirullah 😰

*Jawab :*
Bismillah.... Mb....ayo semangat segera dan jgn lupa baca doa ya mb....doa zikir pagi dan sore nya agar dihindarkan dr kemalasan...
Wallohu'alam bishowwab

➡ *Closing statement :*
Waktu adalah hal berharga yg sering kita lewatkan pdhl kita tdk akan pernah tergantikan....
Apalagi nikmat waktu luang sering kali membuat kita lupa akan hal2 bermanfaat yg bisa kita lakukan bukan hnya utk sekarang namun nanti di yaumil akhir...
Bukan hnya utk kita tp juga buat org lain....
Manfaatkanlah yg 5 sblm dtg yg 5 lg...
Wallohu'alam bishowwab

➖➖➖➰➰➰➰➖➖➖

Tidak ada komentar:

Posting Komentar