Sabtu, 22 Oktober 2016

Ukhuwah Indah Menuju Jannah

Notulensi Kajian Online (KOL)
AIHQ Academy - Dept. Kaderisasi PSDM ODOJ

=========================

Hari, Tanggal : Rabu, 28 Sept 2016
Waktu : 19.30 wib
Tempat : Fasil 50
Muwajjih : Uztadzah Nurjannah
Tema : Membangun Ukhuwah Islamiyah
Judul : ukhuwah Indah Menuju Jannah
Moderator : Mutmainnah
Notulen : Aisyah

🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹

Isi Notulensi :

*Mukaddimah,*
Segala puji bagi Allah swt yang telah menciptakan Surga sebagai tempat terindah bagi orang-orang yang taat kepadaNya dan neraka sebagai tempat terhina bagi orang-orang yang durhaka dan senang bermaksiat kepadaNya..

Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Muhammad Saw , teladan sepanjang zaman yang telah mengantarkan kita kepada cahaya Islam..

Alhamdulillah malam hari ini berkesempatan untuk sharing bersama2 Calon Bidadari Surga , insyaAllah semoga pertemuan kita akan dicatat sebagai salah satu pemberat timbangan amal sholih kelak...aamiin

Hal yang sangat erat dan dekat dengan aktifitas kita sebagai Admin..

*Materi,*
💦💦 *UKHUWAH INDAH MENUJU JANNAH* 💦💦

 _Adminers F50 sholihat yang  senantiasa disayang Allah_...

⚡Setelah kita tahu keutamaan di jalan dakwah maka kita akan bersegera dalam berdakwah dan tentunya kita akan memerlukan Ukhuwah Islamiyah...

🌾Mari sejenak kita mengenang perjalanan hijrah Rasulullah Saw...

🌿"Suatu hari ketika, Abu Bakar ash-Shidiq mendampingi Rasulullah Saw dalam hijrahnya menghindari kejaran Quraisy dan bersembunyi dalam gua Tsur. Ketika beberapa orang Quraisy mengetahui tempat persembunyian mereka, Abu Bakar mulai resah dan gelisah. Tepat di saat itu, menitiklah sebulir air mata Abu Bakar hingga jatuh ke pipi Rasulullah Saw yang sedang berbaring di pangkuan Abu Bakar.
Rasulullah terbangun dan berkata,
_“Janganlah bersedih, Abu Bakar. Allah bersama kita.”_

🌿Sebuah perkataan lembut dari Rasulullah Saw yang mampu menguatkan hati Abu Bakar Ra.
Begitulah *indahnya ukhuwah karena iman*. Saling menguatkan ketika yang lain lemah, saling menasehati ketika yang lain khilaf, saling menjaga agar selalu dalam kebaikan, dan saling berbagi. Begitulah indahnya ukhuwah. Kita belajar untuk saling berlemah lembut, mencintai, mengasihi, menghormati, mengokohkan, memaafkan, dan saling mempercayai....

🌿Begitulah indahnya ukhuwah, ketika ruh-ruh saling diakrabkan oleh iman mereka bagaikan cahaya di atas cahaya.

📸

_Sahabat surga..._


🌿Ada sebuah ikatan berharga dalam aktifitas kita sebagai adminer ini, meskipun satu sama lain tidak pernah bersua. Sebuah ikatan yang saling menautkan hati. *Itulah ukhuwah*. Sebuah anugerah tiada tara yang Allah berikan bagi para mukmin dengan mengikat hati dalam *IKATAN IMAN*

🌿Jika kata Ustadz Salim A.Fillah, *ukhuwah adalah ruh-ruh yang diakrabkan oleh iman.*

🌾Mari kita lihat lebih dalam...

🍁 *Perbedaan Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Jahiliyah*🍁

🌿Ukhuwah Jahiliyah bersifat temporer (terbatas pada waktu dan tempat), yaitu ikatan selain ikatan aqidah (misalnya ikatan keturunan, perkawinan, nasionalisma, kesukuan, kebangsaan, dan kepentingan pribadi.

🌿Ukhuwah Islamiyah bersifat abadi dan universal karena berdasarkan aqidah dan syariat Islam.
Karena ikatan ukhuwah inilah, Islam mengajarkan kita mendoakan seluruh kaum muslimin (yang sudah tiada, yang masih hidup maupun yang akan datang).

📝 _Mintalah ampun untuk dosamu sendiri dan untuk kaum muminin lelaki dan perempuan._
(QS. Muhammad:19)

🌾 *Peringkat-peringkat Ukhuwah dalam Islam* 🌾

🌿Jalan menuju ukhuwah memiliki sejumlah tahapan, yang seorang muslim tidak bisa menggapai ukhuwah dengan saudaranya kecuali apabila melaluinya. Tiap *tahapan* ini memiliki rambu-rambu dan etika-etikanya, yang akhirnya akan berujung pada ukhuwah Islamiah yang kokoh.

1⃣ *Ta'aruf (saling mengenal)*

📝 _"Hai sekalian manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kalian dari laki-laki dan perempuan dan Kami jadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kalian saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kalian di sisi Allah adalah yang paling taqwa di antara kalian. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal."_ (QS. Al Hujurat 49:13)

🌿Yang demikian itu mengharuskan seorang muslim mengenal saudaranya seiman. Bahkan ia harus mengetahui hal-hal yang disukai dan hal-hal yang tidak disukainya hingga dapat membantunya jika ia berbuat baik, memohonkan ampun untuknya jika ia berdosa, mendoakan untuknya dengan kebaikan jika tidak berada di tempat dan mencintainya jika ia bertaubat.

2⃣ *Ta'aluf (saling bersatu)*

🌿 Taaluf berarti bersatunya seorang muslim dengan muslim lainnya.

📝 _"Dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang-orang yang bersaudara."_ (Ali Imran : 103)

📝 _"Walaupun kalian membelanjakan semua (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kalian tidak akan dapat mempersatukan hati mereka, tetapi Allah telah mempersatukan hati mereka."_ (Al-Anfal:63)

🌿Rasulullah Saw. bersabda : *Ruh-ruh itu ibarat tentara-tentara yang terkoordinasi; yang saling mengenal niscaya bersatu, sedangkan yang tidak saling mengenal niscaya berpisah.* (HR. Muslim)

🌿Maka salah satu kewajiban ukhuwah adalah, hendaknya seorang muslim menyatu dengan saudaranya sesama muslim. Seiring dengan itu, hendaklah ia melakukan hal-hal yang bisa menyatukan dirinya dengan saudaranya.

🌿Suatu faktor global yang bisa mewujudkan taaluf adalah: Hendaklah seorang muslim konsisten melaksanakan apa yang diperintahkan oleh Allah dan meninggalkan apa yang dilarang-Nya.

3⃣ *Tafahum (saling memahami)*

🌿Hendaklah terjalin sikap tafahum (saling memahami) antara seorang muslim dengan saudaranya, yang diawali dengan kesepahaman dalam prinsip-prinsip pokok ajaran Islam, lalu dalam masalah-masalah cabang yang juga perlu dipahami secara bersama.
*Bersikap husnudzan jangan suudzan.*
Seorang muslim yang berusaha mencapai tingkat tafahum dituntut agar mampu mengendalikan diri, menguasai perasaan dan emosi serta mengarahkan tingkah lakunya dan pergaulan ke arah kemanusiaan yang bermartabat, bersopan santun dan bertenggang rasa, tidak melukai perasaan atau menyakiti hati orang lain tanpa alasan.
Akhlak yang baik dapat merubah lawan yang dibenci menjadi kawan yang disenangi. Itu lebih baik daripada menambah musuh.

🌿Tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, sehingga orang yang diantaramu dan dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang setia. Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan kecuali kepada orang-orang yang mempunyai keberuntungan yang besar.

📝 _"..Maka disebabkan Rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkan-lah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya."_ (QS. Ali Imran 3:159)

🌹🌹🌹

_Sahabat Adminer yang dimuliakan Allah_

❓Apakah tahapan ukhuwah selanjutnya?

4⃣ *Riayah (perhatian)*

🌿Hendaknya seorang muslim memperhatikan keadaan saudaranya agar ia bisa bersegera memberikan pertolongan sebelum saudaranya tersebut memintanya karena pertolongan merupakan salah satu hak saudaranya yang harus ia tunaikan.

📝 *Tidaklah beriman seseorang dari kalian sehingga ia mencintai untuk saudaranya sesuatu yang ia cintai untuk dirinya.* (HR. Bukhari dan Muslim)

🌿Salah satu bentuk perhatian adalah hendaknya seorang muslim menutupi aib saudaranya.

📝 *Tidaklah seorang hamba menutupi aib hamba yang lain kecuali Allah akan menutupi aibnya pada hari kiamat*. (HR. Muslim)

🌿Bentuk perhatian lainnya adalah hendaknya ia berusaha sekuat tenaga untuk menghilangkan kecemasannya apabila sedang tertimpa kecemasan, meringankan kesulitan yang dihadapinya, menutupi aibnya dan membantunya dalam memenuhi kebutuhan.

🌿Bentuk perhatiannya lainnya adalah hendaknya ia menjalankan kewajiban-kewajiban yang dalam atasnya untuk saudaranya.
Hak seorang muslim atas muslim lainnya ada enam. Ditanyakan, Apakah keenam hak itu wahai Rasulullah? Beliau saw. bersabda,
📝 *Jika engkau berjumpa dengannya maka ucapkanlah salam, jika ia mengundang maka penuhilah undangannya, jika ia meminta nasihat kepadamu maka nasihatilah, jika ia bersin lalu memuji Allah maka ucapkanlah: yarhamukallah, jika ia sakit maka kunjungilah, dan jika ia meninggal maka antarkanlah jenazahnya*. (HR. Muslim)

5⃣ *Taawun (saling membantu)*

🌿 Allah swt. telah memerintahkan hamba-hambanya yang beriman untuk bantu-membantu dalam melaksanakan kebaikan *(al-birr)* dan dalam meninggalkan kemungkaran yang disebut dengan *(at-taqwa)*.

🌿Indikasi-indikasi taawun yang dilaksanakan oleh orang-orang yang berukhuwah dalam Islam diantaranya :
Taawun dalam memerintahkan yang maruf, mengamalkan kebaikan, dan melaksanakan ketaatan sesuai dengan petunjuk Islam. Sebaik-baik sahabat adalah yang mengingatkanmu apabila lupa dan membantumu apabila ingat.

🌿Taawun dalam meninggalkan  kemungkaran, hal yang diharamkan dan bahkan hal yang makruh
Taawun dalam upaya terus-menerus mengubah manusia dari satu keadaan kepada keadaan lain yang lebih diridhai Allah swt.

6⃣ *Tanashur (saling menolong)*

🌿Ia masih sejenis dengan taawun, tetapi memiliki pengertian yang lebih dalam dan lebih menggambarkan makna cinta dan loyalitas.
Tanashur diantara dua orang yang berukhuwah dalam Islam memiliki banyak makna, di antaranya :
Seseorang tidak menjerumuskan saudaranya kepada sesuatu yang buruk atau dibenci
Mencegah saudaranya dan menolongnya dari setan yang membisikkan kejahatan kepadanya dan dari pikiran-pikiran yang buruk yang terlintas pada dirinya untuk menunda pelaksanaan amal kebaikan
Menolong menghadapi setiap orang yang menghalanginya dari jalan kebenaran
Menolongnya, baik saat menzhalimi (dengan cara mencegahnya dari perbuatan zhalim) maupun saat dizhalimi (dengan berusaha menghindarkannya dari kezhaliman yang menimpanya)
Tidak akan terjadi tanashur diantara orang-orang yang bersaudara dalam Islam kecuali masing-masing bersedia memberikan pengorbanan untuk saudaranya, baik pengorbanan waktu, tenaga, maupun harta.

7⃣ *Itsar (mendahulukan kepentingan saudaranya daripada kepentingan dirinya sendiri)*

🌿Suatu episode lain dari sekian puluh kejadian-kejadian sirah Rasulullah dan para shahabat, adalah Abdurrahman bin Auf yang Muhajirin dan Saad bin Rabi yang Anshar. Selayaknya kaum Muhajirin yang meninggalkan kampung halaman tanpa banyak perbekalan, Ibnu Auf mulanya jelas terbilang miskin. Sebaliknya Saad bin Rabi adalah aghniya, hartawan dengan kekayaan melimpah. Keduanya dipersaudarakan oleh Rasulullah saw.

🌿Terjadilah dialog dengan muatan ruh ukhuwwah Islamiyah sejati antara keduanya.
"Berkata Saad, Akhi, aku adalah penduduk Madinah yang kaya. Pilih separuh hartaku dan ambillah! Dan aku punya dua istri, pilih yang menarik hatimu, biar nanti kucerai salah satunya hingga engkau bisa memperistrikannya.

🌿Dengan penuh kasih Abdurrahman bin Auf menjawab, Semoga Allah merahmatimu, harta dan istri-istrimu. Sekarang, tolong tunjukkan di mana letak pasar, biar aku bisa berdagang."

🌿 Penggalan kisah diatas merupakan kisah sejati yang menggambarkan *ruh itsar* kepada kita.

🍁🍁🍁💫
_Sahabat surga yang disayang Allah_

❓ *Hal Apasaja yang yang menguatkan Ukhuwah Islamiyah...?*

🌺 _Memberitahukan kecintaan pada yang kita cintai_

🌿Bersabda Nabi saw.: *Jika seorang cinta kepada saudaranya harus memberitahu kepadanya bahwa ia kasih sayang kepadanya karena Allah*. (HR. Abu Dawud)

🌿"Anas r.a. berkata: Ada seorang duduk di sisi Nabi saw. mendadak ada seorang berjalan, maka orang itu berkata: Ya Rasulullah saya sungguh cinta pada orang itu. Nabi bertanya: Apakah sudah kauberitahu padanya, bahwa kau cinta padanya? Jawabnya: Belum. Bersabda Nabi saw.: Beri-tahukanlah ia. Maka dikejarnya dan dikatakan kepadanya: Sesungguhnya saya cinta padamu karena Allah. Jawabnya: Semoga Allah cinta kepadamu, sebagaimana kau cinta kepadaku karena Allah." (HR. Abu Dawud)

🌺 _Memohon didoakan bila berpisah_

🌿Menunjukkan kegembiran & senyuman bila berjumpa
Berjabat tangan bila berjumpa (kecuali non-muhrim)
Bersabda Rasulullah saw.: _"Demi Allah yang jiwaku ada di tangan-Nya, kamu tiada dapat masuk surga sehingga percaya (beriman) dan tidak percaya (beriman) sehingga kasih sayang pada semua manusia. Sukakah saya tunjukkan perbuatan, kalau kamu kerjakan timbul rasa kasih saying? Sebarkanlah salam di antara kamu."_(HR. Muslim)

🌺 _Mengucapkan selamat berkenaan dengan saat-saat keberhasilan_

🌺 _Memberikan hadiah pada waktu-waktu tertentu_

🌺 _Sering bersilaturahmi (mengunjungi saudara)_

🌺 _Memperhatikan saudaranya & membantu keperluannya_

🌺 _Memenuhi hak ukhuwah saudaranya_

Sahabat Adminer yang dimuliakan Allah..

*Indahnya Ukhuwah itu lahir dari Dakwah yang Indah...*
*Pun Dakwah itu memerlukan Ukhuwah Islamiyah*

Waallahu a'lam bishawab
---------

🔐 Tanya Jawab 🔐

1⃣ 🙋dian, tanya ustadzah...
Bahasan ukhwah selalu menarik u disimak apalagi tulisan ustdz salim...membayangin nya bikin bahagia...tp diterapin nya berat... apalagi up down iman qt ngadepin saudara2 y beragam...🙃...gmn obat p3k nya kalo ngerasa ukhuwah spt tinggal kuahnya 😂

✍🏼
Up down iman itu suatu keniscayaan sholiha...
Barangkali kedewasaan kita dalam memahami karakter saudari2 kita diperlukan disini..

Jugakegiatan2 yang sifatnya refreshing... barangkali kejenuhan rutinitas menyebabkan renggangnya ukhuwah..



✍🏼


---------

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
© Nama Notulen : SuaRni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar