Minggu, 23 Oktober 2016

Dahsyatnya Hari Akhir

*```Notulensi Kajian OnLine```*
Group Sahabat ODOJ
08 Sept '16
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

*```"DAHSYATNYA HARI AKHIR"```*
Oleh : Uztadz Wahyuddin

بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحمد لله رب العالمين
والصلاة والسلام على رسول الله صلى الله عليه وسلم وعلى آله وأصحابه أجمعين،  وبعد :

Manusia secara tabiat mengakui bahwa siksa neraka sangat keras. Seorang Muslim tentu memiliki keyakinan seperti ini walaupun terkadang buaian dan manisnya dunia membuat manusia terlena, lupa bahkan pura-pura lupa, masa bodoh dengan ancaman azab neraka. Wal’iyadzu billah.

Allah Ta’ala berfirman,

لَّا يَذُوقُونَ فِيهَا بَرْداً وَلَا شَرَاباً

“Mereka tdk merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman.” ( An Naba’: 24)

Allah Ta’ala berfirman,

عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

“Penjaganya malaikat2 yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yg diperintahkan-Nya kpd mereka & selalu mengerjakan apa yg diperintahkan.” (Qs. At Tahrim : 6)


** Penghuni neraka meminta kematian

Kerasnya adzab neraka membuat penghuninya tidak tahan, sehingga mereka meminta kematian yaitu agar mereka mati saja. Peghuni neraka berkata:

وَنَادَوْا يَا مَالِكُ لِيَقْضِ عَلَيْنَا رَبُّكَ قَالَ إِنَّكُم مَّاكِثُونَ

“Mereka berseru : “Hai Malik biarlah Rabbmu membunuh kami saja”. Dia menjawab: “Kamu akan tetap tinggal (di neraka ini)”. (Az-Zukhruf: 77)

Muhammad Fairuz Abadi rahimahullah membawakan tafsir Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma,

فلما قل صبرهم نادوا يا مالك خازن النار {ليقض علينا ربك} الموت فيجيبهم مالك بعد أربعين سنة {قال إنكم ماكثون} دائمون في العذاب ولا تخرجون

“Tatkala kesabaran mereka menipis, mereka menyeru kepada penjaga neraka “biarlah Rabbmu membunuh kami saja”, maka malaikat Malik menjawab setelah 40 tahun (1 hari akhirat sama dengan 1000 tahun dunia, pent), “kalian tetap tinggal” yaitu tetap berada dalam azab tidak akan dikeluarkan.”[1]


** Tidak ada Kematian di Akhirat karena sudah disembelih

Kematian diwujudkan dalam bentuk kambing (Allah Maha mampu memberikan wujud sesuatu yang tidak berwujud di dunia, sebagaimana Amal kita akan berwujud kelak). Kemudian kambing tersebut disembelih dan dipersaksikan bahwa tidak ada lagi kematian setelah ini. Sehingga percuma penghuni neraka meminta kematian.

عَنْ أَبِيْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ رضي الله عنه قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : يُؤْتَى بِالْمَوْتِ كَهَيْئَةِ كَبْشٍ أَمْلَحٍ فَيُنَادِي بِهِ مُنَادٍ : يَا أَهْلَ الْجَنَّةِ ! فَيَشْرَئِبُوْنَ وَيَنْظُرُوْنَ, فَيَقُوْلُ : هَلْ تَعْرِفُوْنَ هَذَا ؟ فَيَقُوْلُوْنَ : نَعَمْ, هَذَا الْمَوْتُ, وَكُلُّهُمْ قَدْ رَآهُ, ثُمَّ يُنَادِي مُنَادٍ : يَا أَهْلَ النَّارِ فَيَشْرَئِبُوْنَ وَيَنْظُرُوْنَ, فَيَقُوْلُ : هَلْ تَعْرِفُوْنَ هَذَا ؟ فَيَقُوْلُوْنَ : نَعَمْ, هَذَا الْمَوْتُ وَكُلُّهْمْ قَدْ رَآهُ فَيُذْبَحُ بَيْنَ الْجَنَّةِ وَالنَّارِ ثُمَّ يَقُوْلُ : يَا أَهْلَ الْجَنَّةِ خُلُوْدٌ فَلاَ مَوْتَ, وَيَا أَهْلَ النَّارِ خُلُوْدٌ فَلاَ مَوْتَ, ثُمَّ قَرَأَ (وَأَنْذِرْهُمْ يَوْمَ الْحَسْرَةِ إِذْ قُضِيَ الأَمْرُ وَهُمْ فِيْ غَفْلَةٍ وَهُمْ لاَ يُؤْمِنُوْنَ) وَأَشَارَ بِيَدِهِ إِلَى الدُّنْيَا

Dari Abu Sa’id al-Khudri berkata : Rasulullah bersabda : “Kematian didatangkan pada bentuk kambing berkulit hitam putih, lalu seorang penyeru memanggil : Wahai penduduk surga! Mereka menengok dan melihat, penyeru itu berkata: Apakah kalian mengenal ini? Mereka menjawab: Ya, ini adalah kematian, mereka semua telah melihatnya. Kemudian penyeru memanggil: Wahai penduduk neraka! Mereka menengok dan melihat, penyeru itu berkata: Apakah kalian mengenal ini? Mereka menjawab: Ya, ini adalah kematian, mereka semua telah melihatnya, lalu disembelih diantara surga dan neraka, lalu berkata: Wahai penduduk surga, kekekalan tiada kematian setelahnya, dan hai penduduk neraka, kekekalan dan tiada kematian setelahnya, lalu beliau membaca (Dan berilah mereka peringatan tatkala ditetapkan perkara sedangkan mereka dalam kelalaian dan mereka tidak beriman). Dan beliau mengisyaratkan dengan tangannya ke dunia.[2]

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : إِذَا صَارَ أَهْلُ الْجَنَّةِ إِلَى الْجَنَّةِ وَأَهْلُ النَّارِ إِلَى النَّارِ جِيْءَ بِالْمَوْتِ حَتَّى يُجْعَلَ بَيْنَ الْجَنَّةِ وَالنَّارِ ثُمَّ يُذْبَحُ ثُمَّ يُنَادِي مُنَادٍ : يَا أَهْلَ الْجَنَّةِ لاَ مَوْتَ وَيَا أَهْلَ النَّارِ لاَ مَوْتَ فَيَزْدَادُ أَهْلُ الْجَنَّةِ فَرَحًا إِلَى فَرَحِهِمْ وَيَزْدَادُ أَهْلُ النَّارِ حُزْنًا إِلَى حُزْنِهِمْ

Dari Ibnu Umar berkata: Rasulullah bersabda: “Apabila penduduk surga telah memasuki surga dan penduduk neraka memasuki neraka, maka didatangkan kematian lalu diletakkan diantara surga dan neraka kemudian disembelih kemudian diserukan oleh penyeru: Wahai penduduk surga tiada kematian lagi dan wahai penduduk neraka tiada kematian lagi. Penduduk surga semakin bertambah kegembiraan mereka dan penduduk neraka semakin bertambah kesedihan mereka”.[3]

Penyembelihan ini terjadi setelah semua penghuni neraka yang masih memiliki keimanan keluar dari neraka (sementara di neraka), sehingga yang tersisa hanya penghuni neraka yang kekal di dalamnya.

Alhamdulillahilladzi bi ni’matihi tatimmush sholihaat, wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.

=========================
[1] Tanwirul Miqbas hal. 416, Darul Kutub AL-‘Ilmiyyah, Libanon, syamilah
[2] HR.  Bukhari 4730, 6549 dan Muslim 2849
[3] HR. Bukhari 6548 dan  Muslim 2850.


Wallaahu A'lam
Wallaahu Waliyyut Taufiq

Semoga bermanfaat bagi Penulis dan bagi Para Pembaca Yang Budiman. Baarokallaahu Fiikum. Hadanallaahu Wa Iyyaakum Jamii'an. Yassarallaahu Lanal Khairo Haitsuma Kunna...

¤¤ AD-DIINU AN-NASHIIHAH ¤¤

*```Tanya Jawab :```*

1⃣ 🙋 Zistah 995

# kisah pada zaman nabi musa, ada dari kaumnya yang bertanya tentang sifat Allah *tidak tidur*, hingga akhirnya malaikat mendatangi musa dan mencontohkan dengan cara memberi musa dua botol kaca, sampai musa tertidur ketika harus menjaga botol tersebut

# Cerita ini pernah saya ceritakan kepada anak anak SD kelas 6, kemudian mereka bertanya *Berarti jika terjadi hari kiamat, Allah tidur dong bu* (terdengar sepele)

# mohon penjelasan,  bagaimana cara kita menyikapi hal tersebut untuk anak usia SD, (penjelasan yang ahsan tapi bisa diterima oleh logika mereka ustad)

✍🏼✍🏼
Ceritanya sdh bener. Dan sampaikan kepada Siswa bahwa Allah tidak pernah akan tidur hingga terjadinya kiamat. Karena Allah tidak memounyai sifat tidur. Tp hanya punya sifat melihat. Maka dari itu yg utama ajarkanlah asma wa sifat Allah kepada Anak SD. Lengkap dg artinya. Niscaya mereka akan memahaminya. Wallaahu a'lam.

🙋Pa ustadz...

Mohon maaf menambahkan sedikit...

Berarti yang perlu ditekankan bahwa *Allah maha melihat* nya yah??

Apakah sampai hari akhirpun... Semua sifat Allah *Asmaul Husna* masih tetap berlaku, salah satunya *maha melihatnya itu* ??

✍🏼✍🏼
Iya. ALLAH Maha melihat segalanya dan mengatur hari kiamat. Bukan kiamat terjadi dan Allah tidur. Justru Allah yg menjadikan kiamat.

2⃣ 🙋Dinar
=> dosa/kesalahan apa yg mmbuat kekal d neraka

3⃣ 🙋Leni
Siapa saja penghuni neraka yg diberikan kesempatan didatangkan kematian  di antara surga dan neraka? Dan siapa saja yg kekal di neraka??

✍🏼✍🏼
2 & 3. Dosa Syirik atau Musyrik. Menyembah kuburan dan berdoa kld kuburan, menyembah patung, menyembah mata air atau laut dll. Percaya kepada dukun, orang pintar dll. Ini kekal dalam neraka jahannam dan tdk akan pernah keluar. Tp kalo pelakunya masih hidup maka wajib taubat nasuhah.

4⃣ Innama 🙋
Apakah manusia yang selalu berbuat baik pasti masuk surga? Dan sebaliknya apakah manusia yang selalu berbuat buruk pasti masuk neraka?
Terimakasih

✍🏼✍🏼
Dalam islam ada 3 kelompok manusia yaitu Kelompok yg menganiaya diri sendiri, yaitu byk melakukan kemaksiatan maka jelas masuk neraka.  kelompok pertengahan yaitu perbuatan baik dan. Uruknya Sama-sama  banyak. Maka dia masuk neraka lalu akan dimasukan ke surga. Dan kelompok yg lebih byk berbuat baik maka dia dijamin masu surga Allah.

5⃣ Kiki 🙋
Untuk orng yg pernah berbuat zina itu akan dimasukkan kedlm neraka apa ? Lalu bagaimana dg tidak berbuat zina lagi  sholat nya apa diterima?

✍🏼✍🏼
Orang yg berbuat zina bila bertaubat maka diterima taubatnya. Maka dia harus byk beristighfar kepada Allah. Membayar kafarat dan rutin bersedekah krn itu dapat menghapuskan dosanya. Wallaahu a'lam

6⃣ Uci 🙋
Ustadz apa itu yajuj dan majuj, dajjal, binatang melata yg dapat berbicara. apakah mereka akan datang bersamaan saat hari akhir?
Apakah Nabi Isa yg datang terlebih dahulu?
Bagaimana kondisi orang beriman saat itu?

✍🏼✍🏼
Ya'juz dan ma'juz adalah budaknya Dajjal. Salah satu terjadinya kiamat besar adala munculnya mereka terutama dajjal. Dan Nabi Isa adala satu2 nya Nabi yg masih hidup hingga sekarang dan dia akan diturunkan pd hari kiamat kelak dan yg akan menjadi imam sekaligus yg membunuh dajjal.

7⃣veni 🙋
tanya penjelasan yg nomer 2&3 bedoa'a kl d kubur apa sama dengan ziarah kubur tad???

✍🏼✍🏼
Maksudnya berdoa meminta kepada kubur atau orang yg sdh mati adalah syirik. Berdoa kepada Nabi saja adalah harom apalg berdoa kepada Wali2..

8⃣🙋 pa ustad... ✅

# terkait pertanyaan no 5

# kafarat itu apa?? Hitungannya bagaimana utk dibayar??  Dan kemana??

# konsep bersedekah,  apakah ini bisa dikatakan *sedekah/hadiah* jika tiap pagi saya menyiapkan *10* buah makanan utk siswa saya yang hadir lebih pagi di kelas, karna ada jam belajar di jam ke *nol* (seperti sedekah bagi anak yang sedang menuntut ilmu)

# atau sebaiknya sedekahnya ke mana??

✍🏼✍🏼
Kaffarat itu beda dg sedekah.

Kafarat yaitu membebaskan budak. Puasa dua bulan berturut2 atau memberi makan anak yatim sebanyak2nya. Atau semampunya.

Sedekah yaitu memberi makan anak yatim atau fakir miskin atau membiyai sekolah  anak yatim dimana saja.

9⃣isna 🙋
Apkh org yg pacaran trus menikah, dia nnti kehilangan keberkahan dlm pernikahannya?

✍🏼✍🏼
Iya. Sebagian besar kasih sayangnya hilang. Dan Pasti akan terjadi keretakan rumah tangga. Tdk ada oacaran sblm menikah dalam islam. Adanya setelah menikah.

🔟Septi 🙋🏼
Ustadz , bagaimana dengan seseorang yg taat beribadah, namun  masih merasa jauh dari Allah ?

✍🏼✍🏼
Itu krn Was-was. Allah Maha Tahu segalanya. Kewajiban kita adalah utk beribadah kepada Allah. Terima ataupun tidak ibadah kita itu urusan Allah dan kita istiqomah dan jgn Putus asa dari rahmat Allah

1⃣1⃣ veni

pernah baca kalo nanti fitnah dajjal sebagian besar pada wanita ..wanita yg seprti apa yg bakal kena fitnah dajjal tad?
bukanya pas dajjal turun umat islam udh ga ad apa mash ada?

✍🏼✍🏼
Fitnah dajjal tdk harus kePada wanita tp semuanya. Yg imannya lemah akan menjadi budaknya dajjak dan akan kembali kafir. Maka dari itu kita di anjurkan utk berdoa dan melindungi diri dari 4 fitnah diantaranya fitnah dajjal. Doa tsb di baca sblm salam tiap sholat.

1⃣2⃣isna 🙋
Pak ustadz, bgmn jk sdh terlnjur pacaran stlh itu memutuskan putus dan Allah mempertemukan lgi dlm pernikahan?

✍🏼✍🏼
12. Iya. Mereka ttp berdosa saat pacaran. Kalo Allah mempertemukan mereka lg dalam oernikahan tn Pacaran lg maka itulah jodih yg Allah tentukan. Agar mereka tdk berbuat maksiat lg.
〰〰〰

*```Closing Statement :```*

Baarokallaahu fiikunna. Yassarollaahu lana khai haitsuma kunna. Hadanallaah wa iyyaakunna jamii'an.

Jangan ada kata PUAS DAN CUKUP Dalam menuntut ilmu. Krn bila kedu kata tsb keluar dari lisan kita maka kita termasuk orang yg SOMBONG.
🔚🔚🔚🔚🔚🔚🔚🔚🔚🔚

Kota Bima. Sabtu, 08 Oktober 2016
=======================
Salurkan Zakat Mal (Harta), Infaq, Shodaqoh Serta Wakaf Anda Untuk Pembangunan Ruang Kelas, Tanah Urukan, Pondok Pesantren Tahfidz Al-Wafa' Al-Islamy Bima-NTB

Rekening/Account :

* BNI Cab. Bima : 0362730751
* BSM Cab. Bima : 7081444123
* BCA Cab. Mataram : 0561276501

An. Wahyudin Al-Bimawi

Atas Bantuan dan Partisipasinya, Kami khaturkan Jazaakumullaahu khairul Jazaa' Wa Baarokallaahu fiikum.

Konfirmasi :
HP/WA : 085253777143
BBM : 5FCB6D17
LINE : أبو حاصف ألبيماوى

Tidak ada komentar:

Posting Komentar